Home » » Pembelajaran 1 Subtema 4 Menyayangi Hewan

Pembelajaran 1 Subtema 4 Menyayangi Hewan

Indonesia kaya akan ragam hewan dan tumbuhan. Berbagai hewan langka pun ada di Indonesia, di antaranya adalah burung cendrawasih dan komodo.

Berbagai hewan dapat ditemui di sekitar kita dengan mudah. Ada hewan yang bisa dipelihara dan ada yang tidak bisa dipelihara. Kita patut bersyukur berada di negara yang indah dan kaya. Menjaga dan melestarikannya adalah bentuk syukur kita kepada-Nya.

Mari kita pelajari lebih lanjut cara-cara memelihara dan merawat hewan dengan baik, agar dapat ikut serta melestarikannya.

Ayo Mengamati
Kelinci Kesayangan Dayu

Dayu senang memelihara kelinci. Tingkahnya lucu dan memiliki bulu yang halus. Kelinci peliharaan Dayu ada lima ekor, terdiri dari satu ekor induk dan empat anaknya. Induk kelinci berwarna putih, dua anak kelinci berwana putih, dan dua lainnya berwarna abu-abu.

Dayu menyiapkan kandang yang nyaman untuk kelinci kesayangannya. Dayu selalu membersihkan kandang kelinci dengan rutin.

Setiap hari Dayu memberi makan dan minum. Kelinci suka makan sayur-sayuran seperti wortel, kangkung, dan biskuit khusus kelinci. Dayu juga membersihkan badan kelinci dan memotong kukunya dengan rutin. Kelinci-kelinci Dayu tumbuh sehat dan bersih. Dayu senang menggendong dan membelai kelinci-kelinci itu. Sungguh menyenangkan bermain bersama kelinci peliharaan.

Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai teks yang kamu baca!
  1. Apa yang dilakukan Dayu? Dayu memelihara kelinci
  2. Siapa yang senang memelihara kelinci? Dayu
  3. Berapa banyak kelinci yang dipelihara Dayu? Kelinci yang dipelihara Dayu ada lima ekor.
  4. Apa saja makanan yang disukai kelinci? Makanan yang disukai kelinci diantaranya adalah wortel, kangkung, dan biskuit khusus kelinci.
  5. Bagaimana cara membuat tubuh kelinci tetap bersih? Cara membuat tubuh kelinci tetap bersih dengan cara dibersihkan badannya dan memotong kukunya secara rutin.

Ayo Menulis
Perhatikan kembali teks bacaan sebelumnya! Tuliskan kembali cara merawat kelinci!
Dayu senang memelihara kelinci. Dayu selalu membersihkan kandang kelinci dengan rutin. Setiap hari Dayu memberi makan dan minum. Dayu juga membersihkan badan kelinci dan memotong kukunya dengan rutin.

Kelinci peliharaan Dayu sangat suka makan wortel. Setiap kali makan, induk kelinci bisa menghabiskan setengah bagian wortel.

Selain wortel, Dayu juga suka memberi makan biskuit khusus untuk kelinci. Induk kelinci bisa menghabiskan setengah bagian dari biskuit tersebut.

Setengah dalam matematika dapat ditulis ½, dan penulisan tersebut dinamakan bilangan pecahan.

Perhatikan penjelasan berikut ini!
Pecahan
  1. Satu biskuit dinyatakan dalam lambang pecahan biasa 1/1 dibaca satu persatu.
  2. Satu biskuit dipotong menjadi dua bagian sama besar, dinyatakan dalam lambang pecahan biasa ½, dibaca satu per dua.
  3. Satu biskuit dipotong menjadi tiga bagian sama besar dinyatakan dalam lambang pecahan biasa 1/3, dibaca satu per tiga
  4. Satu biskuit dipotong menjadi empat bagian sama besar dinyatakan dalam lambang pecahan biasa  1/4, dibaca satu per empat
Jadi, ½ adalah 1 bagian dari 2 bagian yang sama besar.
Setengah
Tuliskan pecahan biasa pada gambar berikut ini!
Pecahan
  1. 1/4 yaitu 1 bagian dari 4 bagian yang sama
  2. 1/2 yaitu 1 bagian dari 2 bagian yang sama
  3. 1/3 yaitu 1 bagian dari 3 bagian yang sama

Cobalah menuliskan pecahan biasa pada gambar berikut ini!
Pecahan
a. Bagian yang berwarna biru =2
5
b. Bagian yang berwarna putih =3
5
Pecahan Merah
a. Bagian yang berwarna merah =3
5
b. Bagian yang berwarna putih =2
5
Pecahan Biru
a. Bagian yang berwarna putih =2
6
b. Bagian yang berwarna biru =4
6
Ayo Berkreasi
Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang disukai kelinci. Wortel merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang berwarna jingga.

Warnai gambar wortel berikut ini dengan potongan kertas yang berwarna hijau dan jingga! Potonglah terlebih dahulu kertas berwarna jingga dan hijau menjadi potongan-potongan kecil. Memotong kertas bisa dilakukan dengan cara menggunting atau merobek. Tempelkan potongan kertas tersebut sampai memenuhi gambar wortel berikut ini.
Wortel
Wortel juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mata. Tuhan sangat mencintai orang yang menyayangi diri dan makhluk di lingkungan sekitarnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.