Home » » Pembelajaran 6 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan

Pembelajaran 6 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan

Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini!
Beni tinggal bersama ayah dan ibunya. Setiap hari Beni melakukan tugas-tugas yang menjadi kewajibannya. Salah satu tugas Beni yaitu menyiram tanaman setiap sore. Beni senang memelihara tanaman. Ia menyukai mangga. Karenanya ia menanam mangga di belakang rumahnya. Beni mulai menanam dari biji. Sekarang pohon itu sudah tumbuh besar. Tinggi pohon itu sekitar 3 m.

Setiap hari ayah, ibu, dan Beni bangun pagi. Ibu akan menyiapkan sarapan untuk semua anggota keluarga. Ayah mempersiapkan diri untuk pergi bekerja. Beni juga bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah. Beni sudah menyiapkan semua keperluan sekolahnya di malam hari. Buku-buku dan alat tulis yang akan digunakan sudah dimasukkan ke dalam tas.

Ayah berangkat ke tempat kerja dengan sepeda motor. Kadang-kadang ayah mengantar Beni ke sekolah. Ayah Beni rajin bekerja. Ia melakukan itu semua untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Setelah Beni dan ayahnya berangkat, ibu Beni mulai melakukan aktivitas lainnya. Kegiatan mencuci pakaian, membersihkan rumah, dan memasak dilakukan ibu Beni setiap hari. Pada siang hari akan ada seorang tetangga yang membantu ibu Beni untuk menyetrika pakaian.

Tuliskanlah tugas anggota Keluarga Beni berdasarkan perannya di keluarga!
No.Anggota KeluargaTugas
1.Ayah
  1. Bekerja mencari nafkah
  2. Mengantar Beni ke sekolah
2.Ibu
  1. Menyiapkan sarapan
  2. Mencuci pakaialn
  3. Membersihkan rumah
  4. Memasak
3.Beni
  1. Menyiram tanaman setiap sore.
  2. Menyiapkan peralatan sekolah ke dalam tas.

Ayo Bercerita
Ceritakanlah pengalamanmu melakukan satu tugas di rumah yang dilakukan bersama-sama!

A yo Berlatih
Beni anak yang rajin. Ia selalu menyelesaikan tugas-tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Setelah menyiram tanaman, Beni mengulang pelajaran di sekolah. Kita belajar bersama Beni, yuk! Buatlah garis bilangan untuk menyelesaikan penjumlahan di bawah ini!
Garis Bilangan
  1. Panjang sehelai daun rambutan 8 cm. Panjang daun rambutan lainnya adalah 8 cm. Berapakah panjang kedua daun rambutan tersebut?
  2. Beni mempunyai daun jeruk yang panjangnya 4 cm. Beni memegang daun jeruk yang panjangnya 3 cm. Berapakah panjang kedua daun jeruk tersebut?
  3. Edo mempunyai daun nangka dengan panjang 10 cm. Lani menemukan daun nangka dengan panjang 5 cm. Berapakah panjang kedua daun nangka tersebut?
  4. Lani mengukur 2 batang ranting panjangnya 9 cm dan 10 cm. Berapakah panjang kedua ranting tersebut?
  5. Panjang daun sirih 7 cm. Panjang daun sirih berikutnya adalah 9 cm. Berapakah panjang kedua daun sirih tersebut?

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut ini!

Perawatan Tanaman Mangga
Mangga adalah buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Bentuk buah mangga bermacam-macam, ada yang berbentuk agak bulat, oval, lonjong, dan lain-lain. Buah mangga memiliki kulit yang berwarna hijau jika masih mentah. Warna kulit buah mangga ada yang berubah menjadi hijau kekuningan hingga oranye jika sudah masak.
Tanaman Mangga
Pohon mangga sering ditanam di pekarangan rumah atau kebun. Pemeliharaannya cukup mudah sehingga banyak orang suka menanam pohon mangga. Pemeliharaan pohon mangga meliputi penyiangan, pembumbunan, pemupukan, pemangkasan, dan pengendalian hama.

Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput atau tumbuhan liar di sekitar pohon mangga. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan pohon mangga tidak terganggu.

Saat penyiraman tanaman, tanah di bawah pohon mangga akan merosot terbawa air. Pembumbunan dilakukan untuk menimbun kembali tanah yang merosot karena terbawa air.

Pemupukan dilakukan untuk membantu meningkatkan kesuburan tanaman. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik dan pupuk anorganik.

Pemangkasan juga perlu dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan agar produksi buah mangga jauh lebih baik.

Pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan menyemprotkan pestisida dan insektisida pada tanaman. Penyemprotan pestisida dan insektisida hanya dilakukan saat hama dan serangga menyerang. Hama yang sering menyerang antara lain kepik buah, lalat buah, codot, dan tungau.

Lengkapilah teka-teki silang berikut berdasarkan teks bacaan!
tts
Mendatar
1. Warna mangga yang masih muda.
3. Hama yang sering menyerang pohon mangga.
4. Hewan yang makan buah mangga di pohon.
8. Salah satu bentuk buah mangga.
10. Pekerjaan mencabut rumput atau tumbuhan liar

Menurun
2. Pupuk yang digunakan untuk pohon mangga.
5. Tempat menanam pohon mangga.
6. …… diberikan pada tanaman untuk meningkatkan kesuburan tanah.
7. Rasa buah mangga yang masak.
9. Benda ini sangat dibutuhkan tanaman.

Ayo Mencoba
Lakukanlah wawancara dengan seseorang yang memahami cara merawat tanaman (narasumber).

Pilihlah satu jenis tanaman yang akan kalian gali informasinya tentang cara perawatannya. Buatlah daftar pertanyaan sebelum bertemu dengan narasumber!
  1. Apa saja jenis tanaman aggrek yang Bapak tanam?
  2. Kapan perawatan tanaman anggrek dilakukan?
  3. Siapa yang bertugas merawat tanaman anggrek?
  4. Mengapa perawatan tanaman anggrek perlu dilakukan?
  5. Bagaimana cara merawat tanaman anggrek dengan benar?
Siti:Selamat siang Pak Wawan!
Pak Wawan:Selamat siang, anak-anak ! Ada yang bisa saya bantu?
Siti:Oh iya Pak Wawan kami ingin menanyakan tentang perawatan tanaman anggrek. Boleh kan Pak?
Pak Wawan:Silahkan, tanyakan saja. Apa saja yang ingin kalian ketahui tentang perawatan tanaman anggrek?
Edo:Begini Pak Wawan, apa saja jenis anggrek yang Bapak tanam?
Pak Wawan:Kebetulan saya menanam berbagi jenis tanaman anggrek. Beberapa  jenis anggrek yang saya tanam antara lain anggrek bulan dan anggrek kalajengking..
Siti:Kalau boleh tahu kapan Bapak melakukan perawatan tanaman anggrek?
Pak Wawan:Perawatan tanaman anggrek biasanya saya lakukan hampir setiap hari.
Budi:Siapa saja yang biasanya bertugas merawat tanaman Bapak?
Pak Wawan:Kebetulan semua anggota keluarga saya biasa melakukan perawatan tanaman anggrek. Jika saya tidak sempat biasanya anak dan istri saya yang merawat tanaman tersebut
Edo:Mengapa tanaman anggrek perlu dirawat Pak?
Pak Wawan:Tanaman juga seperti makhluk hidup lainnya. Tanaman anggrek dirawat agar tumbuh dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat bagi manusia.
Budi:Kalau boleh tahu bagaimana caranya merawat tanaman anggrek Pak?
Pak Wawan:Oh.itu. Begini cara merawat tanaman anggrek yang baik. Pertama Penyiraman
Sebagaimana tanaman lain, bunga anggrek juga perlu disiram agar tidak mati karena mengalami kekurangan air.

Kedua Tanaman anggrek memerlukan sinar matahari untuk mendukung pertumbuhannya. Tanaman anggrek bisa ditempatkan pada tempat yang tidak terkena sinar mathari langsung.

Ketiga pemberian pupuk akan menjaga tanaman tetap sehat dan tumbuh secara optimal. Pemberian pupuk anggrek tidak boleh sembarangan, takaran dan jenis pupuk yang diberikan haruslah sesuai dengan kondisi tanaman. 
Siti:Wah terima kasih infomasinya Pak Wawan. Kami jadi lebih tahu tentang  cara perawatan tanaman anggrek
Pak Wawan:Sama-sama nak, saya juga senang membantu kalian.

Ayo Bercerita
Laporkanlah hasil wawancaramu di depan kelas!

Dari wawancara dengan Pak Wawan kami memperoleh berbagai informasi. Pak Wawan menanam berbagai jenis anggrek yang diantaranya adalah anggrek bulan dan anggrek kalajengking. Beliau merawat tanaman anggreknya setiap hari.

Semua anggota keluarga Pak Wawan ikut merawat tanaman anggrek. Jika pak wawan berhalangan biasanya anak dan istrinya yang merawat tanaman anggrek. Menurut Pak Wawan tanaman anggrek perlu dirawat agar dapat tumbuh dengan baik.

Beberapa cara perawatan tanaman anggrek menurut Pak Wawan antara lain penyiraman, pengaturan cahaya matahari, dan pemupukan. Penyiraman dilakukan agar tanaman tidak mati, tanaman anggrek biasanya tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Pemupukan pada tanaman anggrek harus sesuai takaran dan jenis pupuk yang digunakan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:03 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.