Home » » Pembelajaran 6 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan

Pembelajaran 6 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan

Pertumbuhan Nyamuk
Nyamuk memiliki daur hidup seperti hewan lainnya. Daur hidup nyamuk dimulai dari telur. Telur nyamuk berada di atas air. Ketika sudah menetas, telur menjadi jentik-jentik. Jentik-jentik berubah menjadi pupa. Setelah beberapa waktu pupa berubah menjadi nyamuk.

Tahapan perkembangan nyamuk berlangsung cepat dan terjadi pada media air. Beberapa nyamuk dapat menjadi penyebar penyakit yang mematikan. Contoh penyakit yang ditularkan nyamuk adalah demam berdarah.
Daur Hidp Nyamuk
Penyakit demam berdarah dapat mengakibatkan kematian. Selain demam berdarah, banyak lagi penyakit lain yang ditularkan nyamuk. Salah satu penyebab berkembangnya nyamuk adalah banyaknya genangan air.

Membersihkan lingkungan serta membuang benda-benda yang sudah tidak dipakai agar tidak dijadikan tempat perkembangbiakan nyamuk. Oleh karena itu mari kita bersama-sama mengingatkan masyarakat agar menjaga lingkungan, melalui poster.

Ayo Berlatih
Lakukan langkah-langkah kerja sebagai berikut.
  1. Bentuk kelompok yang terdiri atas 5 orang siswa.
  2. Diskusikan bersama kelompok informasi atau pesan yang akan disampaikan melalui poster. Diskusikan juga masalah pembagian tugas.
  3. Informasi yang disampaikan di antaranya: Gambar daur hidup nyamuk. Jenis nyamuk dan bahayanya. Cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah penyebaran penyakit demam berdarah.
  4. Tuliskan semua informasi tersebut dalam sebuah karton.

Contoh Poster
Contoh Poster
  1. Setelah selesai membuat poster, sampaikan informasi tersebut kepada salah satu warga sekolah.

Menjaga kebersihan lingkungan adalah tugas kita semua. Kita harus saling mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan perlu dilakukan agar dapat hidup nyaman dan sehat. Namun, menyampaikan pesan harus dilakukan dengan sikap yang baik dan bahasa yang santun.

Cobalah berlatih menyampaikan pesan!
Tuliskan saranmu jika teman atau tetanggamu melakukan hal berikut ini!

Kamu melihat seorang anak yang membuang sampah sembarangan. Saran yang akan kamu sampaikan adalah sebaiknya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan lingkungan menjadi kotor dan menimbulkan berbagai macam penyakit.
Membuang Sampah
Di sekitar depan rumah tetanggamu banyak sampah juga kaleng bekas berisi air hujan. Saran yang akan kamu sampaikan adalah menghimbau warga masyarakat untuk menimbun sampah. Kaleng yang berisi air akan dijadikan sarang nyamuk. sehingga dapat menimbulkan penyakit demam berdarah.

Nyamuk senang tinggal di air yang tergenang. Nyamuk berkembang biak di media air. Sekali bertelur, nyamuk bisa menghasilkan ratusan telur. Jagalah lingkungan dan penampungan air di sekitarmu agar tidak dijadikan tempat berkembang biak nyamuk. Jagalah selalu kebersihan lingkunganmu untuk menjaga kesehatanmu.

Ayo Berlatih
Banyak pasien dihitung dengan perkalian.
Perhatikan perkalian 130 x 3 dengan cara bersusun berikut ini.
Perkalian

Hasil perkalian adalah 390

Sebuah rumah sakit setiap hari dikunjungi 130 orang pasien. Dalam waktu 3 hari, berapa banyak
pasien yang mengunjungi rumah sakit? Selesaikan soal-soal berikut ini!
Soal Perkalian

Menjaga lingkungan adalah tugas kita semua. Kita harus saling mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar dapat hidup nyaman dan sehat. Namun apabila kita ingin menyampaikan pesan harus dilakukan dengan sikap yang baik dan bahasa yang santun.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.