Home » » Pembelajaran 6 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Pembelajaran 6 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Udin dan teman-teman dibagi dalam beberapa kelompok. Kelompok dalam pramuka siaga disebut dengan barung. Barung biasanya terdiri atas 6 orang anggota pramuka siaga.

Udin, Edo, dan Beni dan tiga teman lainnya bergabung dalam satu barung. Mereka memilih nama barung Merah. Siti, Lani, Dayu, dan tiga teman lainnya membentuk satu barung. Mereka memilih nama barung putih.

Tanda barung berbentuk segitiga. Tanda barung tidak bergambar. Warna tanda barung dipilih hasil diskusi anggota barung.

Setiap warna memiliki arti, Nama barung merupakan cerminan sifat-sifat baik. Sifat baik itu akan ditiru oleh anggota barung tersebut,

Penggunaan Tanda/Atribut Pramuka Siaga Putri
Tanda Barung Putri
Perhatikan kembali lambang negara Garuda Pancasila ! Amati bagian yang memiliki warna merah, kuning, hijau, dan hitam
Garuda Pancasila

Tuliskan hasil diskusimu pada tabel di bawah ini !
No.WarnaBagian
1.MerahBagian kanan atas dan kiri bawah perisai
2.PutihBagian kiri atas dan kanan bawah perisai dan pada pita yang dicengkeram burung Garuda
3.KuningBagian kepala, lambang bintang, lambang rantai, sayap, kaki dan Ekor burung Garuda
4.HijauBagian lambang pohon beringin
4.HitamGambar kepala banteng dan dasar bagian tengah perisai.

Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok !
Perisai pada Garuda Pancasila terdiri atas lima bagian. Setiap kelompok memilih salah satu bagian. Gambarlah bagian perisai tersebut, Diskusikan bersama kelompokmu ! Apa arti lambang dan warna yang ada pada bagian tersebut. Sampaikan hasil diskusimu di depan kelompok lain.
No.Gambar BagianArti
1.
Bintang
Bintang merupakan lambang dari sila pertama. Bintang emas dengan perisai hitam ini melambangkan sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Bintang emas ini diartikan sebagai cahaya kerohanian bagi setiap manusia. Sedangkan latar belakang berwarna hitam melambangkan warna alam atau warna asli yang menunjukkan bahwa Tuhan sebagai sumber dari segala sesuatu dan sudah ada sebelum segala sesuatu di dunia ini ada.

Warna hitam memiliki makna keabadian
2.
Rantai
Rantai merupakan makna dari sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.  Gambar rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu.

Rantai yang terdapat pada sila kedua ini terdiri atas mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling terkait membentuk lingkaran.

Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki dan lingkaran melambangkan perempuan.Nah, maka dari itu kita sesama manusia harus saling membantu satu sama lain.

Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran dan warna merah memiliki artian keberanian.
3.
Beringin
Pohon beringin ini melambangkan sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. Pohon beringin ini memiliki akar tunggal panjang yang menunjang pohon besar ini tumbuh.

Akar ini rumbuh sampai ke dalam tanah dan menggambarkan kesatuan dan persatuan Indonesia. Pohon beringin juga memiliki akar yang menjalar di mana-mana yang melambangkan sebagai negara kesatuan yang memiliki latar belakang budaya yang bermacam-macam.

Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian dan Warna hijau artinya adalah kesuburan dan kemakmuran.
4.
Banteng
Banteng merupakan lambang dari sila keempat. Banteng digunakan karena banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah di mana orang-orang berdiskusi dan berkumpul.

Warna merah memiliki artian keberanian dan warna hitam memiliki makna keabadian.
4.
Padi
Padi kapas ini melambangkan sila kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Kapas dan padi melambangkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.

Warna merah memiliki artian keberanian dan warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran

Perhatikan gambar bagian-bagian lambang negara !
Kemudian lakukan kegiatan berikut !
Gunting gambar di bawah ini lalu tempelkan pada gambar lambang negara ! Tuliskan pula semboyan pada pita yang dicengkeram Garuda Pancasila !
Garuda Pancasila
Perhatikan kembali lambang barung berikut ini !
Barung
Apa warna yang kalmu pilih untuk kelompokmu ? Mengapa? Jelaskan pilihan wranamu disesuaikan dengan arti warna pada lambang negara Garuda Pancasila.
  1. Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian.
  2. Warna hitam memiliki makna keabadian.
  3. Warna merah memiliki artian keberanian.
  4. Warna hijau artinya adalah kesuburan dan kemakmuran.
  5. Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran
Setelah mengetahui arti warna pada lambang burung Garuda, selanjutnya perhatikan tanda barung berikut. Tanda barung berbentuk segitiga sama sisi.
Segitiga
Segitiga memiliki sudut dan titik sudut. Tunjukan sudut yang dimiliki segitiga ! Berapa banyak sudut yang dimiliki segitiga? (3) Apa jenis sudut yang dimiliki segitiga? (Lancip)

Tentukan jenis sudut yang dimiliki gambar berikut !
Sudut
Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan kutipan dari Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular. Kata “bhinneka” memiliki arti beraneka ragam atau berbeda-beda, sedang kata “tunggal” berarti satu, dan kata “ika” bermakna itu. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diartikan “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda beda tapi pada hakikatnya tetap satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk melambangkan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam ras, budaya, bahasa daerah, agama, suku bangsa dan kepercayaan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.