Home » » Pembelajaran 5 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Pembelajaran 5 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Pergi dengan Alat Transportasi
Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri
sendiri. Ada yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.

Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta.

Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan. Selain itu, asapnya membuat udara kotor.

Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta.

Ayo Mencoba
Amati kembali teks yang kamu baca! Informasi apa saja yang kamu dapatkan pada teks? Tuliskan pada bagan berikut!
Informasi
  1. Informasi 1 : Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi.  Alat transportasi pribadi contohnya adalah sepeda, sepeda motor, dan mobil.
  2. Informasi 2 : Ada juga orang yang menggunakan transportasi umum . Alat transportasi umum contohnya adalah angkutan kota, bus, dan kereta.
  3. Informasi 3 : Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan . Alat transportasi memudahkan manusia, namun juga menyebabkan kemacetan dan udara kotor.
  4. Informasi  4 : Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor

Ayo Bercerita
Pilihlah satu paragraf pada teks! Ceritakan isi paragraf kepada temanmu! Sampaikan juga manfaat dari alat transportasi yang digunakan! Tambahkan dengan penjelasanmu sendiri!
  1. Informasi 1 : Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi.  Alat transportasi pribadi contohnya adalah sepeda, sepeda motor, dan mobil. Alat transportasi pribadi biasanya digunakan oleh sendiri. Transportasi pribadi biasanya lebih mahal dari transportasi menggunakan angkutan umum.
  2. Informasi 2 : Ada juga orang yang menggunakan transportasi umum . Alat transportasi umum contohnya adalah angkutan kota, bus, dan kereta.  Transportasi umum digunakan oleh banyak orang sehingga kita lebih mengenal keberagaman yang ada di sekitar kita.
  3. Informasi 3 : Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan . Alat transportasi memudahkan manusia, namun juga menyebabkan kemacetan dan udara kotor. Kemacetan dan udara kotor sangat mengganggu kenyamanan lingkungan.
  4. Informasi  4 : Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Menggunakan transportasi umum tidak perlu repot dan bingung memarkir kendaraan, selain itu transportasi umum juga lebih praktis.
Ayo Mencoba
Setiap orang menggunakan alat transportasi yang disukainya. Alat transportasi kesukaan orang berbeda-beda. Apa alat transportasi kesukaan temanmu? Tanyakan kepada teman-temanmu! Tuliskan jawaban mereka pada tabel berikut!
No.NamaAlat TransportasiAlasan
1.WawanBusTiket murah dengan fasiltas lengkap
2.SiskaKereta ApiJadwal keberangkatan semakin tepat. 
3.AndiSepeda MotorLebih praktis dan ongkos murah
4.HaniPesawat TerbangPaling nyaman, cepat dan juga minim risiko kecelakaan.
5.RudiKapal LautMenikmati fasilitas dan perjalanan laut yang menyenangkan

Ayo Menulis
Siti pulang ke Padang bersama keluarganya. Mereka harus menentukan alat tranportasi yang akan digunakan. Ada yang suka naik pesawat, naik mobil pribadi, dan bus umum. Apa yang akan kamu sarankan? Mengapa?
  1. Naik alat transportasi kesukaan masing-masing dan bertemu di rumah nenek.
  2. Naik alat transportasi yang paling banyak disukai dan pergi bersama-sama.

Tuliskan saranmu pada tempat berikut!
Sebaiknya keluarga Siti naik alat transportasi yang paling banyak disukai dan pergi bersama-sama. Dengan naik kendaraan bersama-sama akan semakin mempereat persatuan dan kesatuan dalam keluaerga

Ayo Mencoba
Dalam perjalanan menuju Manado, Beni mengamati pesawat yang ditumpanginya. Beni mengamati televisi pesawat, jendela, pintu, dan lainnya. Semua berbentuk bangun datar. Beni berpikir
berapa keliling masing-masing bangun datar yang ia jumpai di pesawat?

Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!
1. Layar televisi di pesawat berbentuk persegi panjang. Panjangnya 25 cm dan lebarnya 20 cm. Jika tepi televisi ingin diberi bingkai pelindung, berapa panjang bingkai yang dibutuhkan? Panjang bingkai = keliling televisi.
Jawab: 25 + 20 +25 +20 = 90 cm

2. Pesawat dilengkapi banyak jendela. Jendela pesawat berbentuk persegi panjang. Lebar 15 cm dan panjang 30 cm. Jika sekeliling jendela ingin diberi karet pelindung, berapa panjang karet yang dibutuhkan? Panjang karet = keliling jendela
Jawab: 15 + 30 + 15 + 30 = 90 cm

3. Pintu pesawat berbentuk persegi panjang. Lebarnya 90 cm dan tingginya 230 cm. Berapakah keliling pintu pesawat?
Jawab: 90 + 230 + 90 + 230 = 640 cm

4. Pramugari memberi tisu sebelum kami makan. Tisu berbentuk persegi. Setiap sisi panjangnya 45 cm. Berapakah keliling tisu?
Jawab:45 + 45 + 45 + 45 = 180 cm

Ayo Berlatih
Tentukanlah keliling bangun datar berikut!
Keliling
  1. Setiap sisi panjangnya 10 cm. Berapa keliling bangun tersebut? 10 + 10 + 10 + 10 + 10 = 50 vm
  2. Setiap sisi panjangnya 8 cm. Berapa keliling bangun tersebut? 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 = 48 cm
  3. Setiap sisi panjangnya 6 cm. Berapa keliling bangun tersebut? 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = 42 cm
  4. Setiap sisi panjangnya 4 cm. Berapa kelilingnya? 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 32 cm
  5. Setiap sisi panjangnya 4 cm. Berapa kelilingnya? 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 48 cm
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:48 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.