Home » » Pembelajaran 3 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran 3 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang

Dayu suka menari. Ia menggunakan kain adat saat menari daerah. Kain adat saat ini sangat disukai banyak orang. Apa yang kamu ketahui tentang kain adat?

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut seperti pembaca berita!

Kain Adat Indonesia
Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya budaya. Salah satu sebabnya karena wilayah Indonesia sangat luas. Setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya sendiri.

Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah kain adat. Setiap daerah memiliki kain adat. Kain Songket dikenal sebagai kain adat orang Melayu. Kain Sasirangan dikenal sebagai kain adat suku Banjar di Kalimantan. Orang-orang di Jawa memiliki batik dan lurik. Kain Tenun dikenal sebagai kain adat dari Nusa Tenggara.

Kain adat Indonesia sangat istimewa. Kain adat dibuat dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan tempat tinggal. Warna kain juga berasal dari bahan alam. Kain adat umumnya dibuat dengan cara ditenun tangan.
Kain Adat
Kain adat memiliki banyak fungsi. Kain adat dapat digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Kain adat biasanya dipakai saat upacara adat. Kain adat juga banyak digunakan sebagai baju tarian daerah. Kain adat sering digunakan dalam upacara perkawinan. Di beberapa daerah kain adat juga digunakan saat ada keluarga yang meninggal.

Kain adat yang paling dikenal adalah batik. Batik ditemukan hampir di semua daerah. Setiap daerah memiliki batik dengan ciri yang berbeda. Batik merupakan pakaian nasional Indonesia. Sebagai rasa syukur akan kekayaan pakaian adat, bangsa Indonesia memperingati hari Batik setiap tanggal 2 Oktober.

Ayo Mencoba
Kamu telah membaca teks “Kain Adat Indonesia”. Lengkapi tabel berikut dengan nama-nama kain yang kamu ketahui!
No.Nama KainAsal Daerah
1SongketMinangkabau, Sumatera Barat
2SasiranganBanjar, Kalimantan Selatan
3BatikSolo, Jawa Tengah
4Kain Tenun IkatNusa Tenggara
5UlosSumatera Utara
6Kain TapisLampung
7Kain BasurekBengkulu
8Kain GringsingBali

Ayo Menulis
Pelajari kembali teks “Kain Adat Indonesia”! Amati kalimat pertama dari setiap paragraf! Tuliskan informasi yang kamu dapatkan dari setiap kalimat pertama!
No.ParagrafPokok-pokok Informasi
1Paragraf 1Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya budaya
2Paragraf 2Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah kain adat
3Paragraf 3Kain adat Indonesia sangat istimewa
4Paragraf 4Kain adat memiliki banyak fungsi
5Paragraf 5Kain adat yang paling dikenal adalah batik

Ayo Mencoba
Masih ingatkah kamu tarian yang Dayu pelajari? Apa yang diceritakan dalam tarian tersebut? Gerakan apa saja yang di peragakan? Cobalah peragakan kembali gerakan tarian tersebut! Tambahkan dengan gerakan sesuai keinginanmu.

Ayo Menari
Dayu menarikan tari kreasi menenun. Kamu juga dapat berkreasi seperti Dayu. Berlatihlah seperti beberapa hari lalu. Lakukanlah dengan riang gembira!

Ayo Mengamati
Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar. Amatilah motif kain adat berikut!

Gambarlah salah satu motif yang ada di atas di selembar kertas! Lalu, guntinglah sesuai bentuknya! Apakah motif pilihanmu memiliki simetri lipat? Ceritakan hasil temuanmu kepada teman-temanmu!
Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar.

Amatilah motif kain adat berikut!
Simetri

Bangun datar memiliki simetri lipat jika:
  1. Dapat dilipat menjadi dua bagian yang sama besar
  2. Lipatan saling menutupi dengan tepat
  3. Memiliki sumbu simetri

Ayo Mencoba
Gambarlah beberapa bentuk bangun datar yang kamu ketahui! Lalu guntinglah gambarmu mengikuti bentuk! Berlatihlah mencari banyaknya simetri lipat! Tuliskan hasil temuanmu pada tabel berikut!
No.Bentuk Bangun DatarBanyak Simetri Lipat
1
Bangun 1
2
2
Layang-layang
1
3
Elips
2
4
Segitiga
3
5
Belah Ketupat
2

Beragamnya kekayaan budaya Indonesia adalah salah satu bentuk kasih sayang Tuhan kepada manusia. Tuhan menciptakan manusia untuk bertanggung jawab atas segala karunia yang telah Tuhan beri, dan bekerja sama dalam melestarikan apa yang sudah mereka dapatkan sebagai bagian dari rasa syukur kepada Tuhan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.