Home » » Sistem Peredaran Darah Pada Burung

Sistem Peredaran Darah Pada Burung

Selain manusia, hewan juga memiliki sistem peredaran darah. Darah yang mengalir akan mengangkut nutrisi ke seluruh organ tubuh. Darah juga mengangkut sisa metabolisme dari berbagai jaringan dalam tubuh. Pada prinsipnya, sistem peredaran darah hewan, terutama hewan vertebrata sama seperti manusia. Contoh hewan vertebrata adalah ikan, katak, reptilia dan burung. Sistem peredaran darah hewan termaksut alat-alat peredaran darahnya seperti jantung dan pembuluh darah.

Secara umum, sistem peredaran darah pada hewan dibagi dua bagian. Ada peredaran darah terbuka dan tertutup. Pada sistem peredaran darah terbuka, tekanan darah yang dihasilkan dari kontraksi jantung cukup rendah oleh karena itu sari makanan yang terdorong akan mengalir lebih lambat.
Contoh sistem peredaran darah terbuka terdapat pada cacing dan serangga seperti belalang.

Sistem peredaran darah tertutup, jantung akan memompa darah secara terus-menerus, sehingga tekanan yang didapatkan tetap stabil. Hal ini akan mendorong darah keluar dengan lebih kuat dari pembuluh darah dan memasuki organ jantung dengan kecepatan yang baik.

Dalam sistem peredaran darah tertutup, darah akan mengalir mulai dari jantung menuju ke wilayah pembuluh kapiler dan kembali lagi ke organ jantung hewan. Sistem peredaran darah tertutup memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan sistem peredaran terbuka.

Kelebihan sistem peredaran darah terbuka antara lain darah mengalir lebih stabil sehingga tekanan dalam pembuluh darah hewan juga ikut stabil. Hewan yang memiliki sistem peredaran darah tertutup adalah kelompok vertebrata. Contohnya katak, ikan, reptil, dan burung.
Peredaran Darah Burung
Perhatikan gambar di atas. Ternyata jantung burung mempunyai bagian-bagian yang sama seperti jantung manusia. Vertebrata ini mempunyai jantung yang terdiri atas empat ruang. Ada atrium (serambi) kanan, atrium serambi kiri, ventrikel (bilik) kanan, dan ventrikel (bilik) kiri. Bagaimana dengan peredaran darah pada burung?

Simak Video Berikut ini :

Ayo Menulis
Coba cari tahu tentang peredaran darah pada burung. Bertanyalah kepada orang yang kamu anggap lebih tahu. Kamu dapat juga mencari informasi dengan membaca buku, internet, atau mencarinya melalui media lain. Tuliskan hasilnya tentang proses peredaran darah pada burung. tuliskan juga mengenai fungsi setiap organ peredaran darah pada burung. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.
No.Alat Peredaran Darah
Nama OrganFungsi
1.JantungJantung pada burung berfungsi untuk memompa darah agar darah beredar ke seluruh tubuh. Jantung burung memiliki empat ruangan, yaitu:
  1. Serambi kanan berfungsi untuk menerima darah kotor yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh
  2. Serambi kiri berfungsi untuk menerima darah bersih yang kaya akan oksigen dari paru paru
  3. Bilik kanan berfungsi untuk memompa darah kotor yang kaya akan karbon dioksida ke paru paru
  4. Bilik kiri berfungsi untuk memompa darah bersih yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh.
2.Pembuluh Darah Terdiri Dari
a.ArteriPembuluh darah arteri berfungsi membawa darah bersih yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh.
b.Arteri PulmonalisArteri pulmonalis yang mambawa darah kotor yang kaya akan karbon dioksida ke paru paru
c.VenaPembuluh darah vena berfungsi membawa darah kotor yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh untuk kembali ke jantung.
d.Vena PulmonalisVena pulmonalis yang membawa darah bersih dari paru paru ke jantung
e.Pembuluh KapilerMenjadi penghubung antara cabang pembuluh nadi dan pembuluh balik yang terkecil ke sel sel tubuh.
3.Paru-paruParu-paru mirip dengan hewan mamalia lainnya, hanya saja pada burung terdapat tambahan 9 kantong udara.

Peredaran darah pada burung sama dengan peredaran darah pada manusia, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Pada proses peredaran darah, darah mengalir di dalam pembuluh darah sehingga disebut peredaran darah tertutup. Organ tubuh yang terlibat pun sama yaitu jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Jantung burung terdiri atas empat bilik, yaitu bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan, dan serambi kiri.

Pada peredaran darah kecil, darah miskin oksigen dan kaya karbon dioksida di dalam bilik kanan dipompa jantung menuju paru-paru. Di dalam paru paru karbon dioksida dilepas dan oksigen diikat. Kemudian, darah di paru-paru yang sudah kaya oksigen kembali ke jantung melalui serambi kiri.

Pada peredaran darah besar, darah kaya oksigen di dalam bilik kiri dipompa jantung ke seluruh tubuh melalui aorta. Di sel-sel tubuh, oksigen dibebaskan dan karbon dioksida diikat. Selanjutnya, darah yang kaya karbon dioksida mengalir melalui pembuluh vena menuju serambi kanan dan masuk bilik kanan.

Proses Peredaran Darah pada Burung
Burung memiliki jantung yang bentuk dan cara kerjanya sama dengan jantung manusia, yaitu terdapat empat ruangan. Empat ruangan dalam jantung burung berfungsi untuk memisahkan darah yang mengandung oksigen dengan darah yang membawa karbon dioksida. Secara rinci proses peredaran darah pada burung adalah sebagai berikut.
  1. Peredaran darah pada burung dimulai dari darah yang membawa oksigen dipompa dari bilik kiri jantung menuju seluruh tubuh lewat aorta atau pembuluh darah utama dalam tubuh.
  2. Setelah darah masuk ke berbagai sel-sel tubuh, oksigen akan dilepaskan dan sebagai gantinya, darah membawa karbon dioksida dari dalam tubuh.
  3. Darah yang membawa karbon dioksida ini kemudian dialirkan ke serambi kanan dan masuk ke bilik kiri melalui pembuluh darah vena.
  4. Proses peredaran darah dari jantung menuju seluruh tubuh sambil membawa oksigen lalu kembali lagi ke jantung membawa karbon dioksida ini disebut sebagai peredaran darah besar.
  5. Setelah dari bilik kanan, darah yang membawa banyak karbon dioksida kemudian dipompa ke paru-paru.
  6. Saat burung menghirup napas dan mengambil oksigen yang masuk ke paru-paru, maka di sinilah terjadi proses pertukaran karbon dioksida dengan oksigen terjadi.
  7. Darah yang membawa karbon dioksida akan mengalami pertukaran oksigen saat berada di paru-paru setelah dipompa dari bilik kanan.
  8. Oksigen yang sudah diikat oleh darah di paru-paru kemudian dipompa lagi ke ke jantung melalui serambi kiri dan masuk ke bilik kiri.
  9. Setelah berada di bilik kiri, proses peredaran darah pada burung pun kembali berlangsung ke seluruh tubuh untuk membawa oksigen.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:36 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.