Home » » Wawancara Keberagaman Di Lingkungan Tempat Tinggal

Wawancara Keberagaman Di Lingkungan Tempat Tinggal

Kekayaan dan keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia tidak sebatas sumber daya alamnya saja. Namun, juga kondisi kependudukannya. Jumlah penduduk Indonesia sekarang ini sekitar 254 juta jiwa. Penduduk tersebut tersebar hampir di 13.466 ribu pulau yang ada (menurut kepala Badan Informasi Geospasial), dari Sabang sampai Merauke.

Selain keberagaman suku bangsa, Indonesia juga dianugerahi keberagaman agama. Saat ini ada 6 agama yang diakui oleh pemerintah untuk dianut oleh masyarakat, yakni Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Adapun Islam menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbesar di Indonesia.

Wah, beragam sekali ya penduduk Indonesia. Untuk mengetahui keberagaman kondisi penduduk Indonesia bisa kamu mulai dengan mengamati lingkungan tempat tinggalmu. Kamu dapat mengetahuinya dengan melakukan wawancara dengan orang tua, perangkat RT dan RW, Kepala Desa, ataupun tokoh masyarakat.

Wawancara adalah proses tanya jawab dengan narasumber yang dilakukan untuk dimintai pendapat atau keterangan darinya terkait hal-hal tertentu. Lakukan wawancara dengan kelompok belajarmu. Sebelum memulai wawancara lakukan dulu berbagai persiapan di antaranya:
  1. Tentukan tempat dan waktu wawancara,
  2. Tentukan korespondennya,
  3. Tentukan tugas masing-masing anggota,
  4. Siapkan peralatan, dan
  5. Susunlah pertanyaan-pertanyaan dengan baik.

Tema wawancara:
Wilayah Tempat Tinggalku adalah Indonesia Kecil

Hal yang menjadi perhatian:
  1. Agama penduduk
  2. Suku penduduk
  3. Tingkat ekonomi penduduk
  4. Tingkat pendidikan penduduk

Tuliskan hasil wawancaramu pada kolom berikut.
Sebelum ke proses wawancara dan melaporkan hasil wawancara dalam bentuk laporan hasil wawancara, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh seorang pewawancara, yakni:
  1. Tempat dan waktu wawancara : Rumah Ketua RT, Sabtu 21 Juli 2018
  2. Koresponden : Ketua RT 08
  3. Peralatan : Alat tulis seperti buku dan pensil
  4. Daftar Peranyaan : Apa saja agama yang dianut Warga RT 08, Apa saja suku bangsa yang ada di Wilayah RT 08, Bagaimana tingkat Ekonomi Warga RT 08, dan Bagaimana tingkat pendidikan warga RT 08
Desaku yang Kaya
No.AspekHasil Wawancara
1.FISIK
  1. Luas : Wilayah RT 08 memiliki luas sekitar 4 km persegi
  2. Batas : Sebelah Utara yaitu Jalan Raya, Sebelah Timur RT 05, Sebelah selatan yaitu sungai, dan Sebelah Barat RT 07.
  3. Kondisi Alam : Lingkungsn RT 08 merupakan sebuah perkampungan yang terdiri dari sekitar 30 rumah tangga.
2.NON-FISIK
  1. Agama penduduk : Dari hasil wawancara diketahui bahwa sebagian besar warga RT 08 adalah bergama Islam dan hanya ada beberapa orang saja yang beragama Kristen.
  2. Suku penduduk : Dari sekitar 30 rumah tangga yang ada di wilayah RT 08 sebagian besar berasal dari suku Jawa, sementara ada beberapa warga yang bersuku Sunda dan Suku Batak.
  3. Tingkat ekonomi penduduk : Tingkat eknomi warga RT 08 termasuk ekonomi rendah dan sedang. Sebagian besar warga RT 08 bekerja sebagai petani dan beberapa diantaranya ada yang menjadi pedagang dan buruh.
  4. Tingkat pendidikan penduduk. Tingkat pendidikan warga RT 08 bervariasi dari SD sampai dengan Sarjana. Namun sebagian besar warga RT 08 hanya menempuh pendidikan dasar dan menengah.

Banyak faktor yang membuat bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang besar yang bisa disandingkan dengan bangsa-bangsa besar lainnya di dunia. Banyak faktor pula yang menjadikan kita semakin bangga menjadi warga negara Indonesia. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut.
  1. Nilai-nilai luhur yang hidup di tengah-tengah masyarakat.
  2. Wilayahnya yang luas dan berupa kepulauan.
  3. Letak geografis dan strategisnya.
  4. Besarnya jumlah penduduk.
  5. Beragamnya suku, agama, ras, dan golongan.
  6. Beragamnya budaya, sosial, dan ekonomi.
Keberagaman Di Lingkungan Tempat Tinggal
Keberagaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia tidak terlepas dari pengaruh luasnya wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia berupa kepulauan yang terdiri atas pulau besar dan kecil baik yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Meskipun demikian, keberagaman ini bukanlah menjadi pemecah, justru menjadi pemersatu bangsa dengan berlandaskan Pancasila.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.