Home » » Udara Bersih bagi Kesehatan

Udara Bersih bagi Kesehatan

Manusia tidak bisa hidup tanpa menghirup udara atau oksigen kedalam tubuh mereka. Manusia sangat membutuhkan udara. Akan tetapi udara yang seperti apakah yang dibutuhkan untuk manusia.? Pastilah udara yang bersih dan sehat dengan konsentrasi O2 yang begitu besar. Udara yang bersih dapat kita peroleh jika kita tinggal di kawasan yang bersih pula.

Udara di perlukan oleh setiap makhluk hidup untuk bernafas. Udara yang di hirup berupa oksigen dan di keluarkan dalam bentuk karbon dioksida. Udara bisa saja tercemar akibat beberapa hal salah satunya adalah yang dikenal dengan polusi udara.

Polusi udara disebabkan karena pencemaran yang disebabkan oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Contohnya pembakaran hutan yang tidak di kontrol dapat mengakibatkan asap yang mencemari udara. Akibatnya pasokan oksigen untuk bernafas berkurang karena lingkungan sekitar lebih banyak karbon dioksida hasil pembakaran hutan. Biasanya pelaku pembakaran hutan akan diberikan sanksi tegas oleh pemerintah setempat agar tidak mengulangi lagi kegiatan yang merugikan tersebut.
Udara Bersih dan Kesehatan

Perhatikan gambar di atas.
  1. Makhluk hidup apa sajakah yang kamu lihat pada gambar tersebut? apakah ada burung? (Manusia, kambing, ayam, itik)
  2. Apa perbedaan semua makhluk hidup
  3. pada gambar itu?(Perbedaan dari anggota tubuh, cara berjalan, jenis makanan, tempat hidup, dan sebagainya)
  4. Apa pula persamaannya?(Membutuhkan makanan, bernapas, tempat tinggal, dan sebagainya)
  5. Apakah semua makhluk hidup itu membutuhkan oksigen?(Ya, semua makhluk hidup membutuhkan oksigen)
  6. Bagaimana proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup? (Proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup berbeda-beda)
  7. Apa yang harus kita lakukan supaya ketersediaan oksigen terjaga? (Ketersediaan oksigen dapat terjaga bila kita melestarikan lingkungan dengan menanam tanaman hijau)
  8. Bagaimana tanggung jawab kita terhadap masyarakat?(Ada banyak bentuk tanggung jawab kita terhadap masyarakat. Salah satunya ialah menjaga lingkungan demi tetap tersedianya oksigen)

Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali.

Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah-olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?

Kamu telah membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan peta pikiran (mind map) di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan dalam setiap kotak.
  1. Siapa yang memiara ikan hias? (Dayu)
  2. Apa nama jenis ikan hias yang dipiara? (Ikan Mas Koki)
  3. Di mana ikan hias itu dipiara? (Akuarium)
  4. Kapan akuarium dibersihkan? Seminggu sekali)
  5. Apa yang diperhatikan Dayu saat melihat ikan-ika hiasnya?
  6. Kapan ikan hias itu diberi makan? (Setiap pagi)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.