Home » » Cara Membuat Potpourri

Cara Membuat Potpourri

Potpourri adalah campuran bunga, tumbuhan kering, atau rempah-rempah kering yang digunakan sebagai penghias dan pewangi ruangan. Potpourri memberi aroma lembut, biasanya diletakkan di wadah kayu atau dikemas menggunakan kantong kain kecil. Potpourri sangat cocok diletakkan di berbagai tempat di dalam sebuah rumah, seperti kamar tidur, kamar mandi, termasuk ruang keluarga. Baunya yang menenteramkan hati akan memberikan kenyamanan seluruh penghuni dan meningkatkan citra ruang keluarga di rumah.

Kita pun bisa membuat potpouri dengan cara mengeringkan sendiri berbagai jenis bunga, buah, dan rempah yang ada di sekitar kita. Beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk membuat potpouri sendiri antara lain sebagai berikut.

A. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat popouri sendiri terdiri dari alat dan bahan yang dapat kita temukan di sekitar kita. Berikut adalah bahan dan cara mengolahnya menjadi pewangi ruangan.
  1. Minyak aroma terapi.
  2. Jeruk Nipis. Jeruk nipis dan jeruk limo dapat diolah menjadi pewangi ruangan dan ditata dengan indah menjadi potpourri. Terdapat dua cara dalam melakukan pengolahan: mengiris tipis seluruh bagian jeruk dan mengupas dan menggunakan kulit jeruk
  3. Daun Pandan. Daun pandan memiliki aroma yang sangat wangi, lembut, dan tidak menyengat. Cara mengolah daun pandan adalah dengan dipotong halus.
  4. Daun Salam. Daun salam memiliki wangi gabungan herbal (daun) dan floral (bunga) Daun yang dikenal sebagai bumbu masak ini bisa dijadikan pilihan untuk membuat potpourri.
  5. Pinus. Bagian pinus yang biasa digunakan untuk potpourri adalah buahnya. Pinus memiliki bentuk buah yang unik.
  6. Mawar. Mawar memiliki wangi menarik dan lembut. Cara mengolahnya adalah dengan cara merontokkan kelopak bunga dan kemudian dikeringkan.
  7. Melati. Bunga melati memiliki aroma yang khas. Cara mengolah bunga melati untuk dijadikan potpourri adalah dengan cara dikeringkan
  8. Kayu Manis. Kayu manis sering dikenal sebagai bumbu masak. Kayu manis juga sering digunakan untuk potpourri. Sesuai namanya, kayu manis memiliki aroma yang manis yang tajam dan khas.
  9. Cengkeh. Cengkeh memiliki aroma yang sedikit keras dan segar. Cengkeh yang digunakan untuk potpourri adalah yang sudah dikeringkan.
  10. Serai. Serai sering kita kenal sebagai bumbu dapur. Untuk potpourri, serai bisa dipotong dan dikeringkan. Serai juga memiliki aroma yang khas
bahan potpouri
Sedangkan alat yang digunakan antara kain berupa wadah tersebut bisa menyimpan bahan-bahan potpourri dan memungkinkan aroma keluar dengan bebas. Banyak benda di rumah yang bisa digunakan untuk menyimpan potpourri, seperti baki, mangkuk, keranjang, toples, dan piring. Untuk mengeringkan bahan potpouri dapat menggunakan nampan.

B. Langkah-langkah Membuat Potpouri
Sebelum membuat potpouri semua alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu harus dipersiapkan. Setelah semua alat dan bahan tersedia proses pembuatan potpouri dapat dimulai dengan cara sebagai berikut.

Pengeringan Bahan
Bila melihat potpourri, kita akan menemukan bahan-bahan kering yang berasal dari bunga-bunga, dedaunan, atau kayu-kayuan tertentu. Uniknya, aromanya tetap terjaga. Hal ini karena proses pengeringannya. Jika proses pengeringan bahan-bahan potpourri tidak tepat, hasilnya pun tidak maksimal.

Proses pengeringan bisa dilakukan dengan meletakkan bunga dan bahanbahan lainnya dalam suatu nampan. Keringkan di dalam ruangan yang kering dan sirkulasi udara yang baik. Hindari pengeringan di bawah sinar matahari langsung. Pengeringan di bawah sinar matahari bisa membuat bunga menjadi kering dengan cepat, tetapi aroma wangi turut hilang. Pengeringan dalam ruangan memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, cara ini membuat aroma bunga yang dikeringkan tetap terjaga.

Cara lainnya adalah menggantung bunga segar secara terbalik. Pastikan kuncup bunga menghadap seluruhnya ke bawah. Setelah itu, tengadahkan kembali jika bunga sudah kering. Agar bagian dalam tangkai kering, pilahlah masing-masing tangkai untuk dikeringkan secara alami dalam wadah datar. Lama proses pengeringan ini bervariasi. Jika kondisi udara dalam rumah tergolong panas dan kering, pengeringan berlangsung lebih cepat.

Wadah dan Penataan
Wadah potpourri memiliki aneka bentuk. Mulai kotak transparan, wadah kayu, sampai kain transparan yang diikat dengan pita adalah jenis-jenis wadah potpourri. Karena bentuknya unik dan lucu, maka potpourri selain berfungsi sebagai pewangi juga bisa dijadikan penghias ruangan. Amati dan pilah bahan-bahan alam yang telah kamu keringkan. Tatalah bahan-bahan tersebut pada nampan seperti beberapa contoh berikut. Kamu juga bisa berkreasi sesuai keinginganmu.
wadah potpouri
Secara umum proses pembuatan potpouri adalah sebagai berikut.
  1. Keringkan bunga, buah, dan rempah di tempat yang tidak terkena matahari langsung
  2. Simpan bunga, buah, dan rempah yang telah dikeringkan ke dalam kantung bersih
  3. Pilih bunga, buah, dan rempah yang telah dikeringkan untuk ditempatkan di wadah (mangkuk) cantik.
  4. Tambahkan minyak aroma terapi beberapa tetes. Jangan terlalu banyak karena akan berbau terlalu menyengat.
  5. Tempatkan potpourri di ruang yang kamu inginkan (ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi).
  6. Kamu juga bisa menyimpan potpourri ke dalam kantung cantik untuk dihadiahkan pada kerabat dan orang tercinta atau untuk dijual.

Potpourri merupakan perpaduan dari berbagai jenis tanaman yang sebelumnya sudah dikeringkan lalu ditaruh di dalam toples atau wadah yang lain yang bisa mempercantik ruangan. Potpouri di ruang tamu atau ruang berkumpul keluarga. Aroma dari rempah-rempahnya bisa menghidupkan suasana di rumah kamu menjadi lebih segar dan fresh.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:01 AM

1 komentar:

  1. mohon bantuan kepada saudara penulis kalau memiliki buku tentang potpourri saya ingin membelinya sebagai bahan rujukan untuk menyusun karya tulis tentang potpourri.atas bantuannya saya sampaikan terima kasih. Ayub pasuruan jatim 081252198580

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.