Home » » Pantun Nasehat Pentingnya Pendidikan

Pantun Nasehat Pentingnya Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya,Pendidikan tidak akan ada habisnya, Tetapi sayangnya, tidak semua anak mendapatkan kesempatan untuk bersekolah karena berbagai alasan. Namun ada sebagian anak yang bisa sekolah, tetapi tidak mau memanfaatkannya dengan baik. Sebagai seorang siswa wajib menuntut ilmu untuk bekal kehidupan di masa yang akan datang.

Orang tua mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang. Kasih sayang yang diberikan orang tua tidak ada habisnya dan terhitung nilainya. Orang tua mengajarkan kepada kita hal-hal yang baik misalnya, bagaimana kita bersikap sopan-santun terhadap orang lain, menghormati sesama, dan berbagi dengan mereka yang kekurangan. Proses pendidikan ini berlangsung seumur hidup. Sehingga peranan keluarga itu sangat penting bagi anak terutama orang tua.

Sedangkan di lingkungan sekolah yang menjadi pendidikan yang kedua atau juga disebut dengan Pendidikan formal. Alangkah pentingnya pendidikan di Indonesia. Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia memang diperlukan untuk mencapai Indonesia baru. Guru sebagai pendidik memberikan ilmunya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Peranan guru sebagai pendidik merupakan peranan yang berkaitan dengan tugas-tugas memberi bantuan dan dorongan, serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak didik agar anak itu menjadi patuh terhadap norma hidup, dan aturan-aturan sekolah.
Pentingnya Pendidikan
Guru mengajarkan kepada anak didik supaya pintar dan berwawasan luas. Anak didik yang terdidik dituntut untuk tidak merugikan orang lain, harus menghargai,dan menghormati hak orang lain, anak dididik untuk menaati peraturan-peraturan,dan menyesuaikan diri dengan norma-norma tertentu.

Untuk mengetahui pentingnya pendidikan buatlah sebuah pantun nasihat tentang pentingnya mendapatkan pendidikan. Lengkapilah pantunmu dengan beberapa nasihat tentang pentingnya belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa mencapai cita-cita yang diinginkan. Berikut ini beberapa contoh pantun tentang pentingnya pendidikan.
Batang nangka tumbuh berjajar
Tumbuh berjajar ditepi sungai
Barang siapa sungguh-sungguh belajar
Tentu cita-cita akan tercapai

Padi berjajar di tengah sawah
Jamu mengkudu segar rasanya
Kita belajar di waktu sekolah
Ilmu dari guru besar gunanya

Kemana tikus makin dikejar
Masuk kamar alasnya papan
Dimasa kecil harus rajin belajar
Untuk dasar masa depan

Ramai orang mencari lontar
Rehat berburu sambil pulang
Pandai orang karena belajar
Nasehat guru jangan ditentang

Siang-siang makan di pasar
Tamu membawa nasi ketupat
Barang siapa giat belajar
Ilmu berguna pasti didapat

Batang kelapa tampak biru
Tampak layu daunya kepanasan
Barang siapa banyak berguru
Banyak ilmu tambah wawasan

Landak memang berbulu kasar
Naik ke atas makin mengawang
Anak yang berlaku kurang ajar
Nasibnya seperti malin kundang

Burung muda terbang tinggi
Lurus terbang lewati pintu
Dari muda bercita tinggi
Terus berjuang menuntut ilmu

Terbang tinggi bukan melayang
Lalu kembali hinggap kesarang
Bercita tinggi bukan menerawang
Tapi seterusnya tetap berjuang

Datang dari kota terburu-buru
Takut ketemu si tukang jamu
Orang yang cinta ilmu dan guru
Menuntut ilmu tak pernah jemu
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:21 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.