Home » » Pembelajaran 5 Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca

Pembelajaran 5 Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca

Ayo Mengamati
Sepulang sekolah, Siti menonton berita di televisi. Pembawa acara menyampaikan prakiraan cuaca hari ini. Cuaca di daerah Siti diperkirakan hujan. Awalnya, Siti berencana bermain sepeda bersama Lani. Setelah mendengar prakiraan cuaca di televisi. Siti mengurungkan niatnya. Ia akan menelepon Lani untuk membatalkan rencana mereka.

Simaklah percakapan di telepon antara Siti dan Lani. Lengkapi kalimat yang rumpang dengan kata yang ada pada kotak di bawah ini!
prakiraan-mendung-berawan-sepeda-batalkan-esok-hujan-cerah
Siti:Halo, selamat siang. Bisa bicara dengan Lani?
Lani:Halo, iya ini Lani. Siapakah ini?
Siti:Hai, Lani. Ini Siti.
Lani:Hai, Siti. Ada apa?
Siti:Lani, aku baru saja menonton prakiraan cuaca. Diperkirakan sore ini akan
berawan dan mendung di daerah kita.
Lani:Oh, ya? Wah, padahal kita berencana akan main sepeda keliling komplek sore ini.
Siti:Iya, sepertinya kita batalkan saja rencana kali ini. Mungkin bisa kita lakukan
esok atau lain waktu. Aku khawatir setelah mendung akan turun hujan.
Lani:Baiklah Siti, tidak apa-apa. Kita lakukan lain waktu saat cuaca  cerah
Siti:Oke, Lani, sampai jumpa besok di sekolah.
Lani:Sampai jumpa.

Ayo Berlatih
Perubahan cuaca dapat terjadi setiap saat. Terkadang kita sudah merencanakan sesuatu. Akan tetapi, mungkin tidak dapat kita lakukan. Hal ini disebabkan cuaca yang tidak mendukung. Pernahkah kamu mengalami hal yang sama seperti Siti dan Lani?

Buatlah percakapan bersama tiga temanmu. Percakapan tentang rencana yang berubah dikarenakan perubahan cuaca. Sebelum memulai percakapan, buatlah daftar pertanyaannya terlebih dahulu.

Daftar pertanyaan dapat kamu buat seperti berikut.
  1. Apa yang akan kamu lakukan? Bermain layang-layang
  2. Bersama siapa saja rencana itu akan dilakukan? Budi, Udin, dan Wawan
  3. Kapan rencana tersebut dilakukan? Sore hari saat cuaca cerah
  4. Dimana akan dilakukannya? Lapangan komplek
  5. Mengapa tidak jadi dilakukan? Sore hari cuaca mendung
  6. Bagaimana solusinya? Rencana diundur menunggu cuaca cerah

Susunlah hasil percakapan kalian di bawah ini.

Tiga anak siswa kelas III yaitu Budi, Udin dan Wawan berencana akan bermain-layang-layang bersama. Ketiganya sudah berkumpul di teras rumah Budi sore itu,
Budi:Bagaimana, sudah siap main layang-layang Din?
Udin:Sesuai rencana sih memang sore ini. Sayangnya cuaca sore ini mendung.
Wawan:Iya, nih sayang sekali.
Budi:Kata Pak Guru saat cuaca mendung sangat berbahaya bermain layang-layang.
Wawan:Mengapa bisa begitu Bud?
Udin:Iya..apa bahayanya.
Budi:Saat cuaca mendung sering terjadi kilat dan petir. Petir dapat menyambar apa saja yang dilaluinya.
Wawan:Wah mengerikan sekali tuh.
Udin:Sebaiknya kita batalkan saja rencana sore ini. Bagaimana Bud?
Budi:Sebaiknya sih begitu karena demi keamanan diri kita sendiri. Mungkin sebaiknya rencana kita laksanakan saat cuaca cerah. Bagaimana Wan?
Wawan:Saya setuju, diganti lain waktu saja.
Akhirnya Udin dan Wawan berpamitan pada Budi. Mereka menunda rencana bermain layang-layang demi keamanan diri masing-masing.

Mengamati
Siti membatalkan rencana bersepeda bersama Lani. Ia menggantinya dengan membaca buku. Buku yang baru dibeli Ayah kemarin.

Selain hobi membaca, Siti juga suka menari. Ayah menghadiahi Siti sebuah buku. Buku itu bercerita tentang tarian tradisional Indonesia. Tahukah kamu tarian apa saja yang ada di Indonesia?
Tari Daerah
Tarian Nusantara sangat beragam. Kita boleh mempelajarinya. Tidak selalu harus sesuai dengan daerah asal kita. Boleh dari berbagai daerah. Yuk, kita pelajari beragam tarian Nusantara Indonesia.

Ayo Berlatih
Berlatihlah satu tarian Nusantara. Kalian dapat belajar dari teman. Dapat juga dengan orang tua teman yang pandai menari. Atau, belajar melalui video. Cintailah budaya nusantara kita.

Latihan menari sungguh menyenangkan. Ini dapat dijadikan kegiatan alternatif di saat hujan. Selesai berlatih, Siti beristirahat sejenak. Siti menikmati buah semangka yang telah disiapkan oleh Ibu.

Satu buah semangka, awalnya dipotong menjadi 2 bagian. Lalu dipotong lagi menjadi 4 bagian. Siti baru memakan seperempat bagian. Ia akan melanjutkan seperempat bagian lagi setelah makan malam. Pernyataan di atas dapat kita tulis dalam bentuk operasi matematika.

1+1=2
444
Selesaikanlah soal-soal di bawah ini. Lakukan dengan menulis bentuk operasi matematika. Lalu tentukan hasilnya!

1. Seorang petani memiliki sepetak sawah. Ia mencangkul 1/4 bagian sawah. Kemudian, ia mencangkul lagi 2/4 bagian sawah. Berapa bagian sawah yang telah dicangkul petani?

1+2=3
444
2. Beni memiliki pohon rambutan yang sedang berbuah. Beni berhasil memetik 1/5 keranjang. Sementara ayah berhasil memetik 3/5 . Berapa jumlah rambutan yang berhasil dipetik Beni dan ayah?

1+3=4
555
3. Ibu dan Siti akan membuat kue bolu. Ibu menghabiskan 3/4 kg tepung untuk satu loyang kue bolu. Ibu akan membuat 3 loyang kue bolu. Berapa jumlah tepung yang ibu butuhkan untuk 3 loyang kue bolu?

3+3+3=9
4444
4. Edo memiliki tali dengan panjang 1/5 m. Sementara, Beni memiliki tali dengan panjang 1/5 m. Lani memiliki tali dengan panjang 3/5 m. Udin memiliki tali dengan panjang 2/5 m. Berapakah panjang tali Edo dan Beni? Berapa pula panjang tali Lani dan Udin? Tali siapakah yang lebih panjang?

Edo dan Beni

1+1=2
555
Udin dan Lani

2+3=5
555
Tali Udin dan Lani lebih panjang dibandingkan dengan tali Edo dan Beni

5. Ibu memiliki 1/4 kg telur di rumah. Untuk persediaan, ibu membeli lagi 1/4 kg telur. Pulang dari kantor, ayah membawakan 2/4 kg telur untuk ibu. Berapa kg jumlah telur ibu sekarang?

1+1+2=4
4444
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.