Home » » Batik Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Batik Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.

Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif Batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan Batik Indonesia dalam kesehariannya.
Nelson Mandela
Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.

Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
1. Apa tujuan awal pembuatan batik?
Tujuan awal pembuatan batik adalah dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara.
2. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik Indonesia.
Ragam motif batik Indonesia dibedakan berdasarkan area pembuatannya menjadi motif Batik Pedalaman dan motif Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol tersebut memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan.
3. Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional?
Upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional antara lain melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri.
4. Tulis komentarmu setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia.
Sebagai warga Indonesia tentu merasa bangga karena kesenian asli Indonesia telah diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia dan digunakan oleh tokoh-tokoh dunia.
5. Tulis simpulanmu menggunakan 3 kalimat tentang bacaan tadi.
Seni batik jaman dahulu dibuat khusus untuk para petinggi keraton. Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Batik Indonesia kini elah mendunia dan menjadi warisan budaya dunia.
6. Jelaskan arti kata ‘mendunia’ pada teks tadi.
Arti kata mendunia adalah batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia serta telah dipakai oleh berbagai kalangan
7. Kerja sama apa yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara?
Kerja sama yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara termasuk kerjasama multilateral karena kerjasama tersebut melibatkan lebih dari dua negara. 
8. Apa manfaat yang dirasakan ketika batik semakin dikenal?
Manfaat yang dirasakan ketika batik semakin dikenal yaitu batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. 

Sebagai warga Indonesia tentunya kita sangat bangga dengan pengakuan dunia terhadap batik. Indonesia terus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan dengan negara lain. Misalkan dengan festival kebudayaan negara-negara ASEAN dan pertukaran kebudayaan. Hal ini akan membuat kebudayaan Indonesia semakin berkembang.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.