Home » » Bangga dan Mencintai Produk Indonesia

Bangga dan Mencintai Produk Indonesia

Mencintai tanah air adalah merupakan kewajiban setiap warga negara. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kepada tanah air. Salah satunya adalah bangga menggunakan produk dalam negeri. Dengan menggunakan produk dalam negeri, kita sudah turut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa. Apakah kamu sudah menggunakan produk dalam negeri?

Ayo Berdiskusi
Lakukan dialog berikut bersama seorang teman.
Edo adalah putra seorang pengusaha ternama di daerahnya. Kedua orang tua Edo memiliki usaha industri makanan ringan. Mereka dikenal sebagai keluarga kaya yang sangat mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mereka inginkan. Pada suatu hari, Edo bersama seorang temannya berada di sebuah pusat perbelanjaan.
Produk Indonesia
Beni :Edo, kenapa kau pilih sepatu itu? Sepatu yang ini sepertimya lebih baik. Ini bikinan Singapura lho!
Edo :Aku pilih ini saja. Sepatu ini bikinan Cibaduyut, kualitasnya tidak kalah dengan sepatu bikinan luar negeri. Sepatu Cibaduyut juga sudah diekspor ke luar negeri.
Beni :Oya? Memangnya kau tidak malu memakai produk dalam negeri?
Edo :Lho, kenapa harus malu? Justru jika kita membeli produk negeri sendiri, itu artinya kita telah membantu negara kita. Uang kita akan tetap beredar di negeri sendiri, selain itu juga akan membuka lapangan kerja bagi rakyat Indonesia.
Beni :Ooh begitu ya…
Edo :Iya, Beni, karena itu aku selalu memilih untuk membeli produk Indonesia.
Beni :Ya deh, aku juga ingin membantu rakyat Indonesia supaya menjadi lebih sejahtera, aku akan selalu membeli produk-produk Indonesia.

Diskusikan bersama teman pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana karakter Edo dan Beni?
Karakter Edo dan Beni adalah baik dan rendah hati, karena mereka mencintai hasil karya negeri sendiri. Meski Edo anak pengusaha, mereka tetap membeli produk-produk Indonesia.
2. Apa alasan Beni memilih sepatu produk luar negeri?
Beni beralasan bahwa sepatu produk luar negeri sepertinya memiliki kualitas yang lebih baik.
3. Apakah sikap Beni tersebut benar? Berikan alasannya!
Sikap Beni dengan memilih sepatu bikinan Singapura tidak benar, karena sebagai orang Indonesia kita harus mencintai produk Indonesia yang sebenarnya memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk luar negeri.
4. Mengapa Edo memilih produk Indonesia?
Edo memilih produk Indonesia karena kualitasnya tidak kalah dengan produk bikinan luar negeri. Selain itu menggunkan produk dalam negeri merupakan salah satu bentuk cinta tanah air.
5. Apakah sikap Edo tersebut benar? Jelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia disertai contoh!
Sikap Edo memilih produk Indonesia sudah benar, karena dengan membeli produk negeri sendiri, itu artinya kita telah membantu negara kita. Uang kita akan tetap beredar di negeri sendiri, selain itu juga akan membuka lapangan kerja bagi rakyat Indonesia.
6. Apa saranmu terhadap Beni? Jelaskan manfaat dari “Cita Produk-Produk Indonesia” bagi bangsa Indonesia!
Sebaiknya Beni lebih memilih produk dalam negeri, karena dengan memilih atau “Cinta Produk-Produk Indonesia” Beni sudah ikut membantu perekonomian negara. Dengan demikian kita sudah turut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa.

Bayangkan, bagaimana dampaknya pada perekonomian rakyat Indonesia, jika semua warga Indonesia yang berjumlah 250 juta jiwa, membeli barang-barang produk Indonesia? Hal paling sederhana yang bisa dilakukan untuk ikut membantu kesejahteraan rakyat Indonesia, adalah dengan selalu membeli barang produk Indonesia. Ajak semua anggota keluarga untuk juga melakukan hal yang sama.

Jika 250 juta warga selalu membeli produk bangsa sendiri, maka permintaan akan barang-barang tersebut akan sangat tinggi. Dampaknya adalah akan diperlukan banyak pegawai untuk meningkatkan produktivitas. Dengan demikian, akan membuka banyak lapangan pekerjaan sehingga akan mencegah pengangguran. Selain itu, rupiah Indonesia juga akan berputar di dalam negeri. Jika membeli produk luar, maka rupiah Indonesia di dalam negeri akan berkurang. Karena, semakin banyak perputaran uang terjadi di dalam negeri di semua lapisan masyarakat, maka kesejahteraan perekonomian rakyat juga akan meningkat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:24 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.