Home » » Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Para pemimpin Asean sepakat memberlakukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 agar daya saing Asean meningkat dan untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ASEAN sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan.

Pembentukan MEA nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Bagaimana MEA mempengaruhi kita?
MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya.

Dengan diterapkannya MEA, peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia akan semakin terbuka. Begitu pula sebaliknya, tenaga kerja Indonesia juga mempunyai peluang yang lebih besar untuk bekerja di negara-negara anggota ASEAN lainnya.

Hal ini menandakan bahwa kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing.
Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Apa keuntungan MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja mendatangkan manfaat yang besar. Selain dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru, Hal ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara.

ILO memperkirakan bahwa permintaan tenaga kerja profesional akan naik 41% atau sekitar 14 juta di tahun 2015. Sementara, permintaan akan tenaga kerja kelas menengah akan naik 22% atau 38 juta, sementara tenaga kerja level rendah meningkat 24% atau 12 juta.

Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang kamu ketahui tentang MEA?
MEA adalah integrasi sistem ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagaangan bebas antara Negara-negara asean
2. Apa yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghadapi MEA? Jelaskan.
Pembentukan MEA memungkinkan kompetisi akan semakin ketat sehingga kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing.
3. Apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di MEA?
Untuk menghadapi pesaing yang tidak hanya datang dari dalam negeri, para pekerja harus menguasai bahasa asing minimal Bahasa Inggris. Tingkatkan Profesionalisme seperti tekun, kerja keras, dan fokus.
4. Sebagai pelajar, apa yang harus kamu lakukan mulai saat ini agar nanti ketika sudah menyelesaikan pendidikan mampu ikut berpartisipasi di MEA?
Sebagai generasi penerus bangsa, para siswa harus mempersiapkan bekal agar dapat bersaing di masa depan, khususnya di bidang jasa dan tenaga kerja dengan cara eningkatkan kemampuan diri seperti ikut kursus, pelatihan, dan seminar. Jangan membatasi diri untuk belajar hal-hal baru dan selalu berpikir maju. Asah kreativitas dan kemampuan dengan mengikuti beberapa kompetisi untuk melihat seberapa jauh skillmu berkembang.
5. Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
  • MEA membuka kesempatan bagi seluruh pekerja di kawasan Asia Tenggara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka karena lapangan pekerjaan yang banyak tersedia.
  • Produk – produk baik dari Indonesia dan negara lainnya dapat diperdagangkan dengan bebas dan legal tentunya. Karena sudah banyak produk Indonesia yang di akui khususnya di kawasan Asia Tenggara.,
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:26 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.