Home » » Diagram Alur Sistem Pencernaan Pada Manusia

Diagram Alur Sistem Pencernaan Pada Manusia

Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem kompleks yang terdapat dalam tubuh kita.

Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan manusia? Tanpa kita sadari dan tanpa harus diperintah, sistem pencernaan bekerja dengan sendirinya. Menakjubkan, bukan? Setelah kamu mempelajari sistem pencernaan pada sapi, sekarang perhatikan sistem pencernaan pada manusia seperti pada gambar di bawah ini.

Ayo Berkreasi
Berdasarkan gambar sistem pencernaan pada manusia, coba kamu buat diagram alur perjalanan makanan dari rongga mulut hingga keluar melalui anus pada kolom berikut.
 Sistem Pencernaan Pada Manusia
Sistem pencernaan pada tubuh manusia berfungsi untuk menghancurkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang semula dalam bentuk kasar dapat berubah menjadi bentuk yang lebih halus dengan bantuan gigi dan enzim. Dalam hal ini, enzim pencernaan dapat mempermudah proses penyerapan sari makanan.

Selain itu, sistem pencernaan juga berfungsi untuk membuang sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan tubuh. Keberadaan zat-zat sisa tersebut dapat menjadi racun bagi tubuh manusia jika tidak dikeluarkan.

Berikut ini adalah proses pencernaan makanan pada manusia.
No.OrganKeterangan
1.MulutIngesti: proses memasukkan makanan melalui mulut.
Mastikasi: proses pengunyahan makanan menggunakan gigi.
2.KerongkonganDeglutisi: proses menelan makanan di kerongkongan.
3.LambungDigesti: proses pemecahan makanan dari zat yang kompleks menjadi molekul–molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim yang ada di lambung.
4.Usus HalusAbsorpsi: proses penyerapan sari–sari makanan yang terjadi di usus halus
5.Usus BesarPenyerapan air dan pembetukkan feses.
6.AnusDefekasi: proses pengeluaran sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui organ anus.

Ayo Berlatih
Coba kamu bandingkan diagram yang kamu buat dengan penjelasan mengenai proses pencernaan makanan di atas. Apakah ada kesamaannya?

Sekarang, bandingkan diagrammu dengan diagram teman sebangkumu. Coba kamu tuliskan pemahamanmu mengenai sistem pencernaan pada manusia. Apa saja fungsi umum dari sistem pencernaan manusia ?
Untuk mencerna makanan yang masuk kedalam tubuh manusia yang dijadikan sebagai sumber energi
Apa yang akan terjadi apabila salah satu organ dalam sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik?
Jika salah satu organ dalam sistem pencernaan rusak atau tak berfungsi,maka makanan yang kita makan akan sulit untuk dicerna di dalan tubuh dan bisa menimbulkan penyakit.

Ayo Mencoba
Bandingkan sistem pencernaan seekor sapi dengan sistem pencernaan manusia kemudian catat persamaan dan perbedaannya. Selanjutnya, presentasikan hasil yang kamu peroleh di depan kelas.
No.AspekPersamaanPerbedaan
1.OrganMemiliki gigi dan taring



Memiliki lambung



Menghasilkan air liur

Manusia memiliki gigi taring yang kuat dan tajam, tetapi mereka tumpul pada sapi.

Lambung sapi adalah rumen kompleks tetapi lambung manusia adalah organ yang sederhana.

Sapi menghasilkan air liur lebih banyak daripada manusia.
2.Proses pengunyahan
Makanan
Makanan dikunyah untuk dihaluskan dengan gigi gerahamSapi mengunyah makanan sebanyak dua kali sedangkan pada manusia makanan dikunyah dan ditelan 
3.Proses penyerapan
sari-sari makanan
Proses penyerapan sari-sari makanan menggunakan enzimSistem pencernaan manusia memiliki enzim untuk mencerna protein tetapi tidak pada sistem sapi. Sapi yang hanya bisa mencerna karbohidrat seperti selulosa di rumput.

Manusia memiliki sistem pencernaan yang lebih panjang daripada yang dilakukan sapi.

Sapi melakukan pengunyahan ulang sebelum makanan diserap, sedangkan manusia tidak
4.Proses pengeluaranDikeluarkan melalui anusFeses manusia adalah berwarna kekuningan, tetapi hitam kehijauan pada sapi.

Pada sapi fesesnya belum mengalami pembusukan dengan bantuan bakteri Escherichia coli di usus seperti pada sistem pencernaan pada manusia
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.