Home » » Peta Kondisi Geografis Negara Indonesia

Peta Kondisi Geografis Negara Indonesia

Kita sudah seharusnya merasa beruntung karena negara kita berada di wilayah strategis. Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Australia dan Asia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Sedangkan secara astronomis, Indonesia terletak di 6º LU (Lintang Utara) - 11º LS (Lintang Selatan) dan 95º BT (Bujur Timur) - 141º BT (Bujur Timur).

Indonesia yang terletak di antara dua samudera besar mempunya dampak mendapat angin laut yang membawa banyak hujan. Hal ini pula yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Selain itu, letak geografis Indonesia juga menyebabkan Indonesia memiliki dua musim. Hal ini dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus tiap enam bulan sekali.

Selain memiliki iklim tropis trnyata Indonesia juga memiliki keragaman budaya dalam bidang seni, bahasa, peradaban, dan agama. Selain itu, Indonesia memiliki mitra dagang dengan negara-negara sekitar karena lokasi yang strategis dan kegiatan perdagangan pun meningkat.
Peta Indonsia

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan pada peta di atas, diskusikan dengan temanmu mengenai luas dan letak negara Indonesia. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Luas dan letak Wilayah Indonesia Berdasarkan Peta
Kondisi geografis Indonesia adalah negara maritim dan kepulauan. Jajaran pulau-pulaunya terbentang dari Sabang sampai Merauke yang disatukan oleh laut.

Di dunia Indonesia menempati urutan ke 7, dan di Asia Indonesia menempati urutan ke -2. total luas wilayah Indonesia adalah 5.193.250 km². Dengan luas daratan sebesar 1.919.440 km² dan luas lautan sebesar 3.273.810 km².

Indonesia terletak di antara Benua Australia dan Asia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Sedangkan secara astronomis, Indonesia terletak di 6º LU (Lintang Utara) - 11º LS (Lintang Selatan) dan 95º BT (Bujur Timur) - 141º BT (Bujur Timur).

Keadaan alam bangsa indonesia sangat beragam dan bervariasi, mulai dari laut, pantai, dataran rendah, lembah, bukit, hutan, pegunungan, sampai gunung. Selain itu juga sangat bervariasi, mulai dari yang curah hujan rendah sampai dengan curah hujannya sangat tinggi.

Batas wilayah negara Indonesia dapat juga dilihat dari posisinya, yaitu:
  1. Untuk sebelah utara, wiayah Indonesia berbatasan dengan wilayah negara Malaysia, Singapura, Palau, Filipina, dan Laut Cina Selatan.
  2. Untuk sebelah barat, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia.
  3. Untuk sebelah selatan, wilayah Indonesia berbatasan dengan negara Timor Leste, Australia, dan Samudra Hindia.
  4. Sedangkan sebelah timur, wilayah Indonesia berbatasan dengan negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

Ayo Mencoba
Setelah mengetahui luas dan letak wilayah negara Indonesia, sekarang giliranmu untuk mengetahui luas dan letak wilayah tempat tinggalmu. Gambarkan ke dalam sebuah peta sederhana.

Untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat kamu bisa melakukan pengamatan langsung dan bertanya kepada para pengurus RT, RW, atau tokoh masyarakat di wilayah tempat tinggalmu.
Peta Tempat Tinggal
Adapun yang harus kamu tampilkan pada peta adalah sebagai berikut.
1. Pertegas posisi rumahmu
2. Batas-batas RT
3. Rumah
4. Jalan
5. Ladang, kebun, sawah, bukit, atau hutan
6. Sungai atau aliran air
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....