Home » » Menyanyikan Lagu Rayuan Pulau Kelapa

Menyanyikan Lagu Rayuan Pulau Kelapa

Setelah mempelajari wujud-wujud benda berupa padat, cair, dan gas beserta sifat-sifatnya. Benda berwujud gas tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan. Contohnya adalah angin. Saat di pantai, kita dapat merasakan embusan angin. Angin juga menerpa daun-daun kelapa sehingga tampak melambai-lambai. Kini, ayo berlatih menyanyikan lagu berjudul “Rayuan Pulau Kelapa”.

Lagu “Rayuan Pulau Kelapa” merupakan salah satu lagu wajib. Apakah lagu wajib itu? Lagu wajib adalah lagu yang wajib dipelajari oleh siswa dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air, menghargai jasa pahlawan, dan membakar semangat perjuangan agar selalu menyala. Wajib untuk sebuah negara tentunya lagu yang mengungkapkan rasa patriotik, semangat perjuangan, semangat mencintai negara dan lagu yang mampu membawa identitas sebuah negara. Ciri-ciri lagu wajib antara lain sebagai berikut.
  1. Lirik lagu wajib bertujuan untuk menanamkan sikap cinta tanah air, kepahlawanan, nasionalisme, serta rela berkorban demi bangsa dan negara.
  2. Biasanya, lagu wajib menggunakan irama yang penuh semangat dan atau berupa himne.
  3. Lagu-lagu wajib diajarkan, dipelajari, dan dihayati sesuai dengan maksud dan tujuan yang terkandung di dalamnya.
Lagu wajib nasional di Indonesia diciptakan oleh komponis-komponis Indonesia yang hidup pada masa sebelum Indonesia merdeka dan pada masa perang kemerdekaan. Beberapa nama komponis Indonesia pencipta lagu wajib nasional antara lain: Ismail Marzuki, WR. Supratman, Kusbini, L. Manik, dan C. Simanjutak.

Selain nama-nama tersebut masih banyak komponis lain yang lagunya sering dinyanyikan sampai sekarang. Dalam pengertian lain sebagai perasaan nasional lagu-lagu perjuangan disebut sebagai lagu wajib yang diajarkan mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi dan wajib diketahui oleh seluruh masyarakat.

Fungsi utama lagu perjuangan memiliki makna sebagai sarana upacara dan sebagai sarana pembangkit semangat solidaritas bangsa melawan penjajahan di Indonesia pada masa revolusi, dapat. Beberapa manfaat yang dapat kita dapatkan dari belajar lagu wajib nasional :
  1. Mencintai tanah air dan bangsa.
  2. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Menghilangkan rasa kedaerahan.
  4. Rela berkorban jiwa, raga dan harta demi bangsa dan negara.

Nyanyikanlah lagu “Rayuan Pulau Kelapa” dan bacalah notasi angkanya. Gerakkan tangan dan badanmu sesuai dengan tinggi rendah nada.
Rayuan Pulau Kelapa
Ayo Berlatih
Jelaskan isi lagu “Rayuan Pulau Kelapa” dengan kata-katamu sendiri. Tuliskan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan penggunaan katakata baku. Perhatikan pula penggunaan tanda baca yang benar. Tuliskan dalam kotak berikut.
Rayuan Pulau Kelapa menjelaskan tentang negeri Indonesia yang sangat elok dan pasti sangat dicintai oleh rakyatnya. Harapannya akan selalu menjadi negeri tumpah darah yang akan tetap dipuja sepanjang masa.

Indonesia adalah negeri yang aman dan makmur, negerinya dikenal dengan nama pulau kelapa yang dikenal amat subur. Juga disebut dengan pulau melati, karena keindahannya. Negeri ini menjadi pujaan seluruh bangsa di dunia karena keindahannya.  Keindahan pulau ini terlihat dari adanya pulau kelapa di pantai yang seolah menari. Bahkan para pengelana dunia membicarakan (berbisik-bisik) keindahan Indonsia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:21 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.