Home » » Struktur dan Bagian Bagian Ginjal Manusia

Struktur dan Bagian Bagian Ginjal Manusia

Ginjal menjadi salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh manusia. Umumnya manusia memiliki ginjal 2 buah yang ada di bagian kanan dan kirinya. Ginjal menjadi salah satu organ manusia yang berguna sebagai filter atau alat penyaring.

Ginjal terletak di bawah hati dan limpa, pada bagian atas ginjal terdapat kelenjar adrenal atau yang juga sering disebut kelenjar suprarenal. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya dalam bentuk urin. Ginjal mempunyai ukuran panjang sekitar 11,5 cm, lebar 6 cm dan ketebalah sekitar 3 cm dengan berat 120 – 170 gram.

Pada ginjal manusia terdapat beberapa bagian utama yang dapat membantu proses berjalannya fungsi ginjal secara sempurna. Ada bagian yang dapat melindungi ginjal agar tidak mudah terjadi kerusakan ke bagian organ tubuh yang lainnya. Ginjal juga memiliki organ yang lainnya yang memiliki fungsi masing-masing untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh.

A. Struktur Ginjal
Di dalam tubuh manusia terdapat sepasang ginjal, yang. Masing-masing besarnya kira-kira sekepalan tangan yang tertutup. Organ ginjal ini terletak pada rongga sebelah kanan dan kiri ruas-ruas tulang pinggang. Letak ginjal sebelah kanan lebih rendah dari pada ginjal sebelah kiri, karena ginjal sebelah kanan berada di bawah hati.
Struktur Ginjal
Jika ginjal dipotong secara melintang, maka akan terlihat beberapa struktur utama penyusun ginjal. Secara umum ada 3 struktur, Bagian paling luar ginjal disebut korteks, kemudia bagian setelah korteks adalah medulla ginjal, dan bagian paling dalam disebut pelvis ginjal. Pada sayatan membujur sebuah ginjal, tampak bagian-bagian ginjal sebagai berikut:
1. Kulit ginjal (korteks renalis)
2. Sumsum ginjal (medulla renalis)
3. Rongga ginjal (pelvis renalis)

B. Kortek Medula dan Pelvis
1. Korteks
Korteks merupakan lapisan ginjal bagian luar, yang memiliki ketebalan hampir sepertiga dari tebal keseluruhan ginjal. Korteks dan medula mengandung kurang lebih 1 juta nefron. Korteks berfungsi sebagai tempat terjadinya filtrasi dan ultafiltrasi. Di dalam korteks terdapat nefron yag membuat permukaan ginjal lebih luas, nefron juga merupakan komponen utama dalam proses filterisasi zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Setiap nefron terdiri dari: badan malpighi dan saluran (tubulus) renalis.
Bowman dan glomerulus
Glomerulus dan simpai Bowman membentuk kesatuan yang disebut Badan Malpighi.  Setiap badan malpighi tersusun atas kapsula Bowman dan glomerulus yang terdapat dibagian korteks.  Pada bagian medulla terdapat saluran (tubulus) yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1.    Tubulus kontortus proksimal
2.    Tubulus kontortus distal
3.    Tubulus kolektivus

Di antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal dihubungkan oleh lengkung Henle desenden (turun) dan lengkung Henle asenden (naik). Pada bagian dalam ginjal terdapat pelvis renalis yang merupakan muara dari ketiga tubulus.

2. Medula Ginjal
Medula ginjal merupakan bagian yang berbentuk kerucut seperti piramida. Satu ginjal terdiri dari 8 – 12 piramida. Pada medula terdapat beberapa saluran seperti tubulus kolektivus, lengkung henle, dan tubulus kontortus. Fungsi medula ginjal adalah untuk menyerap zat nutrisi yang masih bisa dipakai dari hasil saringan korteks ginjal.

3. Pelvis Ginjal
Pelvis atau rongga ginjal merupakan bagian dari ureter yang melebar. Pelvis merupakan tempat penampungan urin sementara sebelum urin tersebut menuju ke organ eksresi selanjutnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....