Home » » Persiapan Peragaan Karya Tari

Persiapan Peragaan Karya Tari

Seni tari merupakan salah satu cabang seni pertunjukan. Salah satu tujuan diciptakannya seni tari adalah untuk dipertunjukkan di depan orang. Sebelum diadakan pertunjukkan tari perlu melakukan persiapan pertunjukkan. Persiapan yang dilakukan dimulai dari penentuan ide sampai akhirnya karya itu siap dipertunjukkan di atas panggung. Persiapan pertunjukkan ini sangat penting karena menunjang jalannya pertunjukkan.

Dalam memperagakan sebuah karya tari di depan orang lain dibutuhkan beberapa persiapan. Persiapan itu meliputi bentuk tari dan unsur-unsur pendukung karya tari. Dalam bentuk tari terdapat gerak sebagai media utama, sedangkan unsur-unsur pendukung karya tari yaitu busana, tata rias, properti, dan iringan.

A. Persiapan Peragaan Karya Tari
Pertunjukan karya tari seni tari perlu persiapan. Persiapan itu pada dasarnya bertujuan agar karya tari benar-benar pantas ditampilkan di depan penonton. Selain itu, pertunjukan diharapkan berhasil dengan baik. Jika pertunjukan berhasil dengan baik, tentu penonton tidak akan kecewa dan koreografer pun akan merasa puas dengan karyanya. Berikut ini beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk pertunjukkan karya tari.
No.Hal-hal Yang DiperhatikanKeterangan
1Bentuk TariBerdasarkan bentuk penyajiannya, ada tiga macam karya tari, yaitu tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok. Agar pertunjukkan karya tari lebih bervariatif dan meriah, akan lebih baik jika ketiga bentuk karya tari tersebut ditampilkan.

Tari Golek merupakan bentuk tari tunggal, karena itu dibutuhkan satu orang untuk memperagakan. Namun tidak menutup kemungkinan diperagakan oleh dua, tiga, atau empat penari.
2Gerak TariDalam tari Golek ada gerak murni dan maknawi dengan berbagai tingkatan, di antaranya gerak sembahan sila, gerak muryani busana, dan gerak trisik.
3Busana TariBusana yang perlu dipersiapkan meliputi kain, baju, setagen, sampur, jamang,sinyong, slepe, dan aksesoris berupa gelang, kalung, subang, dan cunduk mentul.
4Tata RiasAlat rias yang digunakan untuk merias penari terdiri dari puff bedak, kuas bedak, kuas pemerah pipi, kuas eye shadow, kuas pewarna bibir, sisir dan kuas alis, sisir bulu mata, cermin.

Alat rias yang digunakan untuk merias penari terdiri dari pembersih, penyegar, alas bedak, bedak tabur, bedak padat, eye shadow, pensil alis, eye liner, maskara, perona pipi, lipstick, dan bulu mata palsu.

Alat untuk menata rambut dan busana penari Golek adalah sisir biasa, cermin, jepit rambut besar, jepit rambut kecil, dan harnet bulat.
5Properti/alatAlat yang digunakan untuk melakukan gerak tari golek adalah kipas.
6IringanIringan tari Golek menggunakan alat musik gamelan jawa yang dimainkan secara langsung atau dengan memutar kaset rekaman melalui tape recorder.

Lihatlah pertunjukan tari daerah lain, baik secara langsung maupun melalui rekaman video. Perhatikan unsur-unsur tari tersebut. Tuliskan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mempertunjukkan karya tari tersebut.
tari Golek
B. Memilih Iringan Tari
Iringan atau musik merupakan unsur tari yang tidak dapat ditinggalkan. Dalam tari, iringan mempunyai peranan yang sangat penting. Selain mengiringi karya tari, iringan juga dapat membangun suasana. Beberapa fungsi iringan tari antara lain sebagai berikut.
  1. Sebagai iringan penyajian tari
  2. Member irama dan aksen-aksen  atau membantu mengatur waktu
  3. Menambah semarak, semangat dan dinamisnya sebuah tarian
  4. Memberi ilustrasi atau gambaran suasana
  5. Mengatur dan member tanda efektif gerak tari
  6. Pengendali dan pemberi tanda perubahan bentuk gerakan
  7. Sebagai rangsangan bagi penari
  8. Mendukung jalannya pertunjukkan
  9. Penuntun dan pemberi tanda awal dan akhir dari tarian
  10. Membantu mempertegas ekspresi gerak
  11. Menunjang penampilan tari

Iringan tari dapat menggunakan berbagai alat musik. Ada yang berupa alat musik tradisional, alat musik modern, maupun perpaduan keduanya. Permainan alat musik disesuaikan dengan karakter dan gerak tarinya. Namun, juga tidak menutup kemungkinan jika gerak tari menyesuaikan dengan musiknya. Perhatikan contoh gerak tari dengan permainan alat musik yang telah dipilih.
Iringan Tari
Namun demikian, banyak karya tari nusantara yang diiringi dengan berbagai perpaduan alat musik. Karya tari di atas diiringi dengan berbagai alat musik. Baik alat musik tradisional seperti kendang maupun alat musik modern seperti organ. Cara membunyikan perpaduan alat musik tersebut telah diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan bunyi atau iringan yang sesuai dengan karya tari.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....