Home » » Menyiapkan dan Menata Pameran Kelas

Menyiapkan dan Menata Pameran Kelas

Pameran karya seni rupa artinya kegiatan menata dan memajang karya seni rupa agar dapat dilihat atau dinikmati oleh orang lain. Pameran kelas adalah suatu kegiatan mempertontonkan hasil prestasi dari karya siswa untuk bidang studi tertentu yang dihasilkan dalam kurun waktu tertentu pula. Pameran kelas diselenggarakan oleh satu kelas. Misalnya saja Pameran Karya Seni Rupa Kelas Empat.

Salah satu usaha untuk memperlihatkan hasil karya seni rupa yang di buat oleh siswa maka pihak sekolah alangkah baiknya mengadakan Pameran Karya Seni Rupa Kelas. Dalam pameran kelas empat maka karya-karya yang dipajang hanya karya-karya seni rupa dari siswa kelas empat. Pameran kelas biasanya diselenggarakan di ruang kelas atau dapat juga di tempat lain karena pertimbangan khusus, misalnya ruang kelas tidak cukup untuk memajang semua karya.

A. Manfaat Pameran Kelas
Pameran karya seni rupa tidak hanya dilakukan oleh seniman besar saja, namun siswa sekolah juga sudah banyak menampilkan hasil karyanya lewat pameran-pameran yang diadakan oleh sekolah. Pameran kelas atau sekolah merupakan kegiatan studi yang berfungsi untuk menampilkan hasil karya siswa. Dengan menampilkan hasil karya di hadapan khalayak umum, maka akan mendapatkan penilaian, penghargaan, tanggapan, respon, ataupun kritikan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas karya seni berikutnya.

Manfaat yang diperoleh siswa dengan adanya pameran kelas atau sekolah antara lain sebagai berikut :
  1. Siswa mampu menunjukkan apresiasinya melalui kreatifitas di bidang seni, khususnya seni rupa.
  2. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkarya sekaligus sebagai ajang prestasi dan kompetensi dibidang seni.
  3. Memperbesar rasa percaya diri siswa sehingga dapat memotivasi kreativitasnya untuk berkarya.
  4. Melatih siswa berorganisasi dan bekerjasama, mengambil mufakat dengan bermusyawarah, dan menghormati pendapat orang lai

B. Tahapan Pelaksanaan Pameran Kelas
Untuk menyelenggarakan pameran kelas atau sekolah maka diperlukan persiapan yang matang supaya kegiatan pameran dapat berlangsung dengan lancar.  Ada dua tahap yang harus kita lalui sebelum menyelenggarakan pameran kelas , yaitu menyiapkan karya seni yang hendak dipamerkan dan menatanya.

1. Menyiapkan Karya Seni Rupa
Sebelum menyelenggarakan pameran sebaiknya dibentuk panitia. Panitia merupakan kelompok orang yang ditunjuk atau dipilih dalam mengurus suatu kegiatan. Pembentukan panitia ini sebaiknya di lakukan secara musyawarah  di tingkat kelas yang di pimpin oleh ketua kelas. Panitia pameran dapat terdiri atas ketua, wakil ketua, bendahara, seksi dekorasi, seksi umum, dan penanggung jawab.

Seksi dekorasi dan seksi umum dapat bekerja sama untuk mengumpulkan karya-karya yang hendak dipamerkan. Karya yang dipamerkan dapat berupa karya seni dua dimensi, misalnya lukisan, kolase, dan karya cetak. Karya yang dipamerkan juga dapat berupa karya seni tiga dimensi misalnya relief, patung, karya keramik, atau model benda.

2. Menata Karya Seni Rupa
Menata pameran pada dasarnya yaitu menyajikan karya-karya seni rupa dalam pameran agar telihat menarik dan dapat dinikmati oleh pengunjung dengan enak, nyaman, dan aman. Ukuran/dimensi yang berbeda membuat tiap-tiap karya seni memerlukan perlakuan atau cara yang berbeda dalam penataannya. Berikut ini beberapa cara penataan karya seni rupa yang akan dipamerkan.
  1. Karya seni yang memiliki ukuran dua dimensi seperti lukisan dapat dipajang dengan ditempelkan atau digantungkan pada dinding. 
  2. Karya seni tiga dimensi seperti patung, karya relief, atau keramik dapat dipajang pada bangku khusus.
Pameran Kelas
Untuk pameran kelas, karena adanya keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, bangku khusus yang
biasanya digunakan untuk memajang karya seni rupa tiga dimensi (bangku display) dapat diganti dengan meja siswa. Tetapi, tentu saja perlu dihias terlebih dahulu agar menarik.

Kita juga dapat membuat bangku display sendiri dari kardus bekas yang kuat. Kardus bekas tersebut dibungkus dengan kertas yang indah dan dihias. Cara pembuatannya seperti berikut.
Meja Display
  1. Siapkan kardus bekas yang tebal dan kuat, kemudian tutuplah dengan kertas yang baik. 
  2. Hiaslah meja display dengan guntingan kertas warna-warni. 
  3. Meja display dapat digunakan untuk memajang karya seni rupa tiga dimensi.
Sebelum pelaksanaan pameran, perlu diadakan persiapan akhir atau gladi bersih untuk mengecek kesiapan akhir panitia. Dengan gladi bersi akan diketahui hal-hal yang perlu di benahi. Pelaksanaan gladi bersih dapat dilakukan sehari sebelum pelaksanaan kegiatan pameran.

Setelah semua persiapan selesai, pameran kelas atau sekolah dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Keberhasilan suatu pameran tergantung dari kesiapan dan kerjasama yang baik dari panitia. Jangan sampai kegiatan pameran kacau karena kurang koordinasi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....