Home » » Menyanyikan Lagu Daerah dan Lagu Wajib dengan Iringan

Menyanyikan Lagu Daerah dan Lagu Wajib dengan Iringan

Lagu wajib nasional adalah lagu-lagu nasional yang mengandung unsur-unsur patriotis, cinta tanah air, semangat kebangsaan, ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan atas kemerdekaan, dan lain sebagainya. Sedangkan lagu daerah adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname.

Menyanyi merupakan suatu kegiatan mengeluarkan suara yang bernada dan mengandung maksud tertentu. Dalam menyanyi ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu teknik dasar dan penyampaian lagu.

1. Teknik Dasar Menyanyi
Agar dapat bernyanyi dengan baik, hendaknya harus mempelajari dasar-dasar teknik bernyanyi.Untuk menyajikan suara yang indah dalam bernyanyi, sebelumnya kita harus tahu beberapa tahapan yang harus dilatih, dibina, dan diasah secara teratur serta memerlukan disiplin yang tinggi. Beberapa teknik dasar menyanyi antara lain dijelaskan di bawah ini

a. Intonasi
Intonasi merupakan ketepatan bunyi nada. Latihan intonasi merupakan dasar utama dalam menyanyi. Intonasi yang tidak tepat akan menjadikan suara sumbang dan tidak enak untuk didengar. Perbedaan pengucapan terletak pada tekanan atau jumlah suku kata. Intonasi mengandung arti ketepatan suatu nada (pitch). Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara jernih, nyaring, dan enak didengar.

Untuk memperoleh intonasi yang baik dapat dilakukan dengan cara menyanyikan nada-nada secara berulang. Berlatih kelenturan suara dapat dilakukan dengan cara menyanyikan nada-nada dengan teknik staccato dan legato. Staccato adalah menyanyikan lagu dengan cara patah-patah. Legato adalah menyanyikan lagu dengan cara disambung. Adapun langkah-langkah berlatih kelenturan
adalah sebagai berikut.
  1. Tahap pertama, nada dinyanyikan dengan tempo lambat, lalu lebih cepat.
  2. Tahap kedua, nada dinyanyikan dengan tempo bervariasi.
  3. Tahap ketiga, menyanyikan interval yang bervariasi dimulai nada bawah ke nada tinggi dengan artikulasi na, ka, la, dan ra.
b. Pernapasan
Pernapasan merupakan proses pengambilan, penyimpanan, dan pengeluaran udara. Tujuan utama latihan pernapasan yaitu agar udara yang masuk ke dalam paru-paru dapat ditahan sehingga lagu yang dinyanyikan tidak terputus-putus.

Sebenarnya badan merupakan alat musik bagi seorang penyanyi, oleh sebab itu penyanyi haruslah selalu menjaga dan merawat instrumennya ini, yaitu badannya agar tetap sehat dan kuat. Teknik pernapasan dapat dilakukan dengan teknik dasar latihan pernapasan sebagai berikut.
  1. Badan berdiri tegak, posisi punggung rata jangan membungkuk.
  2. Hiruplah udara melalui hidung sebanyak-banyaknya kemudian keluarkan sedikit demi sedikit. Usahan sewaktu menghirup udara bahu tidak terangkat ke atas.
Dalam pernafasan terdapat kerjasama otot-otot badan, yaitu otot dada, otot perut, dan sekat rongga badan atau diafragma.
  1. Pernapasan dada. Pernapasan dada adalah pernapasan yang dilakukan dengan mengisi udara ke dalam paru-paru bagian atas. Akibatnya, dalam pernapasan ini bahu dan dada tampak dan terangkat ke atas. Pernapasan ini kurang baik bagi seorang penyanyi, karena paru-paru tidak diisi penuh oleh udara. Dari segi penampilan, sewaktu melakukan pernapasan akan terkesan tidak bagus karena dada dan bahu selalu terangkat sewaktu mengambil napas.
  2. Pernapasan perut. Pernapasan perut adalah pernapasan yang terjadi karena gerakan perut yang menggembung. Rongga perut menjadi besar, sehingga udara dari luar dapat masuk. Pernapasan ini juga tidak baik untuk seorang penyanyi, karena otot perut tidak akan kuat lama menahan udara yang telah dihirup. Akibatnya penyanyi akan cepat merasa lelah.
  3. Pernafasan diafragma. Pernapasan diafragma adalah pernapasan yang paling ideal untuk seorang penyanyi. Diafragma lebih kuat menahan napas. Sekat rongga badan (diafragma) terletak membatasi rongga dada dan perut, pada waktu istirahat melengkung ke atas, sebagian masuk ke dalam dada.

2. Penyampaian Lagu
Mengungkapkan perasaan dan pikiran dapat dituangkan dalam sebuah lagu. Lagu merupakan bentuk penyampaian komunikasi tentang apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh sang pengarang lagu. Penyampaian ekspresi sang pengarang dapat bersifat sedih, gembira, bimbang, kecewa, protes atau kritik, sindiran,  dan lain sebagiannya yang dituangkan dalam lirik lagu dan dapat dimengerti melalui bahasa yang dituliskan oleh pengarang.Dengan membahasakan ekspresi tersebut manusia akan merasa tenang dan terbebas dari tekanan emosi yang dirasakannya.

Setiap jenis lagu mempunyai karakter yang berbedabeda sehingga cara penyampainnya pun berbeda pula.Keberhasilan dalam menyampaikan lagu tergantu ng pada ketepatan menafsirkan maksud dan tujuan lagu tersebut. Misalnya saja lagu Merah Putih karya Ibu Sud
Lagu Merah Putih
Berdasarkan latar belakang penciptaannya, lagu ini diciptakan dalam rangka menumbuhkan rasa bangga terhadap bendera Merah Putih. Karena lagu Merah Putih merupakan lagu yang berisi kebanggaan terhadap bendera Merah Putih, maka kamu harus menyampaikan dengan bersemangat. Kesan semangat itu dapat kamu rasakan melalui pergerakan irama lagu yang banyak menggunakan
not seperenambelasan. Selain itu, kamu juga dapat merasakan melalui tempo lagu di marcia yang berarti bersemangat.

Berbeda dengan lagu Maerah Putih Lagu Bungong Jeumpa termasuk jenis lagu daerah sehingga syair
lagunya harus diucapkan sesuai dengan dialek daerah setempat. Isi syair ini menggambarkan tentang keindahan bunga cempaka yang terkenal di Aceh.
Lagu Bungong Jeumpa
Latar belakang penciptaannya lagu ini diciptakan sebagai bentuk apresiasi terhadap salah satu ciri khas daerah Aceh. Lagu ini dibawakan dengan tempo yang sedang. Hal ini dapat kamu rasakan dari pergerakan irama lagunya. Irama lagu ini tidak banyak yang menghentak-hentak. Jadi, kamu membawakan nya dengan tenang tidak perlu tergesa-gesa.

Lagu yang kamu nyanyikan akan indah jika ditunjang dengan iringan musik. Pada dasarnya semua alat musik dapat digunakan untuk mengiringi sebuah lagu. Sebagai contoh alat musik gitar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....