Home » » Membiasakan Kerjasama dalam Kehidupan Bermasyarakat

Membiasakan Kerjasama dalam Kehidupan Bermasyarakat

Kerjasama adalah usaha bersama antarindividu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Manusia dalam kehidupannya selalu akan bekerjasama dengan orang lain. Disadari atau tidak hidup manusia hanya akan berjalan apabila ada kerjasama satu sama lain. Beberapa kerjasama dapat dilakukan di lingkungan sekolah, pergaulan, dan masyarakat.

1. Membiasakan Kerjasama dalam Lingkungan Sekolah
Kerjasama yang dilaksanakan disekolah tentunya bukan kerjasama seperti dilakukan disebuah perusahaan. Di sekolah kerjasama dilaksanakan didasarkan rasa saling membantu dan saling menyayangi. Mulai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, staf, komite sekolah, dan tentu saja peserta didik saling membantu dan saling menyayangi.

Ki Hajar Dewantara menyebutkan bentuk kerjasama di sekolah dalam bentuk ing ngarso sung tulodo, ing madya mangunkarso dan tutwuri handayani. Cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah, dapat dilaksanakan yaitu :
  • Tentukan dan raih tujuan bersama. Semua sekolah memiliki visi dan misi. Visi dan misi merupakan tujuan bersama sebuah sekolah yang disusun dan ingin diraih oleh warga sekolah. Visi dan misi sekolah hendaknya diketahui semua warga sekolah dan semua warga sekolah mengetahui tugas dan tanggungjawabnya untuk mencapai tujuan bersama tersebut.
  • Berpartisipasi secara aktif menyusun dan melaksanakan aturan sekolah.
  • Laksanakan aturan sekolah. Peraturan sekolah apabila ditaati akan membentuk sekolah tersebut menjadi sekolah yang tertib.
  • Selalulah bekerjasama. Jangan memandang rendah siswa lain sehingga dia tidak pernah diajak kerja sama. Mungkin saja siswa yang pendiam memiliki banyak ide dan gagasan.
  • Tidak membuat masalah, di kelas terkadang ada saja sumber konflik misalnya siswa yang malas mengerjakan tugas piket. Sumber konflik perlu dicegah agar tidak meruncing dan merusak suasana kelas.
  • Saling percaya. Jika kepercayaan antar siswa hilang, sulit terbentuknya kerjasama. Membiarkan situasi yang saling tidak percaya antar siswa dapat memicu konflik.
  • Saling menghargai dan memberikan penghargaan. Kehidupan di sekolah akan semakin baik apabila seluruh siswa dapat saling menghargai. Memberikan penghargaan seperti dengan mengucapkan terimakasih ataupun memuji teman akan meningkatkan rasa pertemanan di sekolah.

Contoh kerjasama di lingkungan sekolah antara lain sebagai berikut.
  1. Kepala sekolah bertugas memimpin sekolah dan membuat program-program sekolah. Sementara itu, guru bertugas mendidik anak-anak dan menjalankan program-program yang telah ditetapkan. Adapun penjaga sekolah bertanggung jawab menjaga kebersihan dan bersama-sama satpam menjaga keamanan sekolah.
  2. Siswa bekerjasama siswa melalui partisipasi aktif dalam pembentukan pengurus kelas yang terdiri dari ketua kelas, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksinya.
  3. Siswa bekerjasama dalam kelompok didkusi untuk membahas permasalahan dalam pembelajaran. Masing-masing anggota kelompok menyumbangkan hasil pemikirannya dalam penyelesaian masalah.

2. Membiasakan Kerjasama dalam Lingkungan Pergaulan
Pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, dapat juga oleh individu dengan kelompok. Lingkungan pergaulan adalah lingkungan dimana kita melakukan hubungan kerjasama dengan orang lain dan tidak dibatasi oleh tempat. Dalam pergaulan dibutuhkan kerjasama yang baik dan saling mengisi kekurangan masing-masing. Manfaat dan efektivitas pergaulan dapat ditingkatkan melalui:
Kerjasama
  • Memilih dan menentukan pergaulan yang bersifat positif.
  • Membina keselarasan pergaulan tanpa pertentangan-pertentangan.
  • Membina sikap saling menghargai dan bekerjasama.

Contoh kerjasama dalam lingkungan pergaulan antara lain sebagai berikut.
  1. Saling membantu dan menyayangi teman, saling menghargai dan bekerja sama dengan kawan.
  2. Saling mengingatkan apabila ada teman yang bertindak tidak sesuai dengan norma yang ada.
  3. Membantu teman yang kesulitan dalam bergaul dengan cara melibatkan dalam pergaulan secara aktif.

3. Membiasakan Kerjasama dalam Lingkungan Masyarakat
Manusia dalam kehidupannya selalu akan bekerjasama dengan orang lain. Disadari atau tidak hidup manusia hanya akan berjalan apabila ada kerjasama satu sama lain. Bentuk-bentuk hubungan kerja sama dalam lingkungan masyarakat yaitu diantaranya
  • Siswa ikut serta dalam kegiatan masyarakat, misalnya dalam kegiatan kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, sanitasi, dan sebagainya. 
  • Sekolah secara khusus juga dapat melakukan kerjasama dengan masyarakat misalnya dalam bentuk adanya program baksos (bakti sosial) untuk masyarakat yang kurang mampu ataupun yang terkena musibah/ bencana, kegiatan bazar sekolah dengan memamerkan hasil karya siswa, termasuk pementasan karya tulis, karya seni dan karya keterampilan pada saat HUT RI.

Kerjasama dalam pergaulan remaja pada saat ini sangat beragam bentuknya. Termasuk dalam media sosial seperti facebook dan twitter. Jelaskan oleh kalian bagaimana etika dan aturan dalam penggunaan media sosial agar memperkuat rasa persatuan diantara kamu semua.
  1. Menggunakan media sosial untuk hal-hal yang positif, seperti menulis status tentang ilmu pengatahuan, motivasi.
  2. Tidak menggunakan media sosial sebagai sarana untuk membuat propaganda /menyebarkan fitnah terhadap seseorang/kelompok orang/instansi.
  3. Tidak menggunakan kata-kata kasar yang muncul dalam percakapan antar sesama di media sosial, baik itu secara sengaja ataupun tidak sengaja.
  4. Tidak menyebarkan informasi yang berhubungan dengan pornografi dan SARA di sosial media. Sebarkanlah hal-hal yang berguna yang tidak menyebabkan konflik antar sesama pada situs jejaring tersebut.
  5. Kadang kita ikutan mengomentari hal-hal yang sedang ramai dibicarakan di media sosial tanpa mencari tahu kebenaran informasi itu terlebih dahulu.
  6. Ketika mengeluarkan opini terhadap hal-hal yang ingin dikomentari harus berdasarkan fakta dan data yang ada. 

Tuliskan bentuk-bentuk kerjasama dan gotong royong yang telah kalian lakukan di sekolah, lingkungan pergaulan dan di masyarakat.
  1. Disekolah misalnya ketika piket aku harus bekerja sama dengan teman-temanku yang piket pada hari itu juga.
  2. Lingkungan pergaulan contohnya ketika menulis. Antara penulis dan ilustrator harus saling bekerja sama (gotong royong) untuk menjadikan buku tersebut bagus.
  3. Lingkungan masyarakat misalnya ketika kita bekerja bakti atau membersihkan sampah bersama eman-teman yang lain.

Perwujudan Kerjasama dan Gotong Royong
Bentuk Kerjasama/Gotong
Royong
Makna buat PribadiMakna buat Masyarakat
Membersihkan gorong-gorong.Kepuasan batin telah mampu
berbagai untuk bersama.
Lingkungan menjadi bersih,
tidak ada banjir.
Melakukan ronda/siskamlingMerasa aman dan tidak gelisahLingkungan menjadi aman
dan tentram.
Bakti SosialMerasa berguna bagi orang lainMasyarakat merasa terbantu
dan tertolong
Persiapan 17 AgustusMerasa puas dan senangLingkungan terlihat rapih dan
bersih menjelang hari kemerdekaan
Menyembelih hewan kurbanMerasa senang merayakan
Hari Haya Idul Adha
Masyarakat merasa senang karena
mendapat daging kurban.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....