Home » » Simbol Simbol Lampu Panggung

Simbol Simbol Lampu Panggung

Proses penataan cahaya diawali dengan membuat gambar perancangan. Titik pasang, jenis lampu, warna cahaya, nomor channel, dan sirkuit lampu dituangkan dalam gambar rancangan, sehingga memudahkan pemasangan. Setiap jenis lampu ini memiiki simbol tersendiri sehingga akan memudahkan perancangan dalam menggambarkan lampu sesuai jenisnya. Cetak gambar model lampu sudah dicetak dalam bentuk penggaris metrik dengan pola lampu di dalamnya. Alat ini semakin memudahkan dalam menggambar simbol lampu.

Penggaris metrik dengan pola lampu terbuat dari mika atau plastik transparan dan sudah diberi keterangan jenis lampu dan ukuran. Namun demikian setiap pabrikan lampu mengeluarkan sendiri gambar simbol jenis lampu yang diproduksi. Hal ini sangat baik kaitannya dengan standarisasi pemakaian lampu, namun sayangnya tidak semua panggung menggunakan lampu dari satu pabrik.
Penggaris Metrik
Jika penggambaran simbol lampu harus sesuai dengan simbol pabrikan yang memproduksi pasti akan sangat menyulitkan. Apalagi saat ini banyak pabrik lampu yang memproduksi lampu panggung tetapi tidak mempunyai sendiri gambar simbol sendiri. Juga dalam kelas tata cahaya belum tentu semua lampu tersedia dari pabrikan yang sama.

Berdasar kondisi di atas, maka gambar simbol lampu kemudian digeneralisasi. Gambar simbol mengakomodasi jenis lampu saja. Hal ini memudahkan kerja perancangan karena tidak lagi menggambar lampu terkait dengan pabrik tertentu. Gambar simbol lampu digunakan untuk membedakan jenis lampu seperti fresnel, profil atau elips, par, scoop, practical, strip, footlight, dan follow spot. Selain itu diberikan simbol khusus misalnya untuk lampu dengan zoom, panel barndoor, dan letak bohlam bak itu axial maupun radial.
Kode Gambar Lampu
Gambar simbol lampu perlu diberi tambahan tanda kelengkapan dalam pemasangan. Tanda ini untuk memberikan keterangan mengenai tujuan penyinaran yang diinginkan, nomor filter, channel yang dipakai untuk menaik-turunkan cahaya, sirkuit dimmer yang digunakan, gobo, iris, serta jenis bohlam untuk lampu par.

Penomoran filter seperti gambar di atas memberikan informasi warna yang digunakan. Setiap pabrik filter lampu akan memberikan kamus warna yang disertai nomor kode. Simbol lampu profil yang ditampilkan berbeda, dengan maksud bahwa kedua simbol lampu profil itu bisa digunakan tetapi simbol lingkaran untuk iris dan gobo berbeda. Artinya, lampu profil yang dipasangi gobo tidak lagi dipasangi iris.
Keterangan Teknis lampu
Jenis bohlam untuk lampu par memang bisa dituliskan karena banyak jenis bohlam dalam lampu par dengan hasil cahaya yang berbeda. Ada bohlam yang menghasilkan spot cahaya melebar, sempit, atau sangat tipis. Tanda filter pada lampu par bisa digambarkan bisa pula tidak tergantung apakah lampu par tersebut menggunakan filter atau tidak.

Gambar simbol lengkap diterapkan pada gambar rancangan jadi. Artinya, rancangan tersebut telah dicoba dalam beberapa latihan dan disepekati oleh semua pekerja artistik. Oleh karena itu tujuan penyinaran pada area tertentu dituliskan, nomor channel lever (nomor bilah pengendali jarak jauh), dan sirkuit dimmer juga dituliskan. Gambar lengkap sudah ditentukan dan tidak bisa lagi diubah-ubah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....