Home » » Menguji Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Menguji Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Akibat dari adanya revolusi bumi dan bulan terhadap matahari maka akan terjadi fenomena gerhana matahari dan gerhana bulan. Gerhana matahari maupun gerhana bulan adalah sebuah fenomena alam yang merupakan tanda dan bukti atas keagungan-Nya. Dimana gerhana matahari akibat posisi bulan yang berada di antara matahari dan bumi sehingga menghalangi sinarnya menuju ke bumi, dan gerhana bulan akibat posisi bumi yang berada di antara matahari dan bulan sehingga tidak bisa memantulkan cahaya matahari ke bumi.

1. Gerhana Bulan
Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus. Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan berada di penumbra dan umbra yang berlangsung selama ± 6 jam.

Penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang). Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadinya gerhana Bulan. Gerhana bulan bisa dibagi menjadi tiga jenis:
  1. Ketika Bulan berada di penumbra disebut gerhana Bulan penumbra.
  2. Ketika Bulan sebagian berada di penumbra dan sebagian lagi berada di umbra disebut gerhana Bulan sebagian.
  3. Ketika Bulan berada di umbra disebut gerhana Bulan total. Gerhana Bulan total berlangsung selama ±1 jam 40 menit. 
Gerhana Bulan Total dan Sebagian
Setiap tahun diperkirakan gerhana bulan bisa terjadi dua hingga lima kali. Gerhana bulan total lebih jarang terjadi. Lain halnya dengan gerhana matahari, gerhana bulan dapat dinikmati dengan mata telanjang sehingga aman untuk dilihat secara langsung dan tidak berbahaya. Untuk dapat menikmati gerhana bulan dengan jelas, bisa dengan menggunakan teleskop atau teropong.

Gerhana Bulan terjadi saat Bulan masuk ke dalam bayangan Bumi, sehingga Bulan tidak menerima cahaya Matahari. Dari Bumi, ketampakan Bulan mulamula seluruhnya terang, kemudian pelan-pelan agak gelap dan akhirnya gelap semua. Perlahan-lahan Bulan akan tampak kembali sampai kelihatan seluruhnya.

B.Gerhana Matahari
Gerhana Matahari terjadi saat Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga cahaya Matahari ke Bumi akan terhalang oleh Bulan.
  1. Pada saat Bulan melintas di antara Bumi dan Matahari, ada kalanya seluruh cahaya Matahari dihalangi Bulan, sehingga terjadi gerhana Matahari total.
  2. Ada kalanya juga hanya sebagian cahaya Matahari yang terhalang, sehingga pengamat di Bumi yang berada dalam jalur gerhana masih bisa melihat sebagian piringan Matahari. Gerhana ini disebut sebagai gerhana Matahari sebagian.
  3. Selain itu ada juga gerhana Matahari cincin, yang terjadi saat piringan Bulan yang menghalangi cahaya Matahari lebih kecil daripada piringan Matahari. Akibatnya, Bulan menghalangi sebagian besar cahaya Matahari dan menyisakan lingkaran cincin Matahari yang tidak tertutupi piringan Bulan.

3. Menguji Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
Alat dan Bahan
  1. Tanah liat
  2. Senter
  3. Bola plastik berdiameter 10 cm
  4. Penggaris
  5. Dua batang pensil
Gerhana Bulan
Cara Kerja
  1. Buatlah bulatan berdiameter 3 cm menggunakan tanah liat! Tancapkan bola tanah liat pada ujung pensil pertama! Bola ini digunakan sebagai model Bulan.
  2. Tancapkan bola plastik pada ujung pensil kedua! Bola ini digunakan sebagai model Bumi.
  3. Gunakan sisa tanah liat untuk menegakkan model Bumi di atas meja!
  4. Usahakan ruangan dalam kondisi gelap.
  5. Mintalah teman kalian memegang model Bulan! Sejajarkan model Bulan dan Bumi dengan jarak 2,5 cm!
  6. Letakkan senter sejajar dengan model Bulan! Senter digunakan sebagai model Matahari.
  7. Hidupkan senter dan mintalah teman kalian menggerakkan model Bulan! Bulan digerakkan mengelilingi Bumi berlawanan dengan arah putaran jarum jam.
  8. Perhatikan ketika Matahari, Bumi, dan Bulan terletak dalam satu garis lurus!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Apa yang terjadi saat Bumi berada di antara Bulan dan Matahari? Terjadigerhana bulan.
  2. Perhatikan bayangan Bumi di Bulan. Apa yang dapat kalian jelaskan tentang gerhana Bulan? Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan berada di penumbra dan umbra.
  3. Apa yang terjadi saat Bulan berada di antara Bumi dan Matahari? Gerhana matahari.
  4. Perhatikan bayangan Bulan di Bumi. Apa yang dapat kalian jelaskan tentang gerhana Matahari? Gerhana Matahari terjadi saat Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga cahaya Matahari ke Bumi akan terhalang oleh Bulan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....