Home » » Menentukan Koordinat Letak Benda

Menentukan Koordinat Letak Benda

Seorang ahli Matematika dari Perancis yang bernama RenĂ© Descartes yang hidup pada tahun 1596 hingga 1650 telah menemukan sistem koordinat. Sistem koordinat tersebut dikenal dengan koordinat Kartesius. Dalam matematika, Sistem koordinat Kartesius digunakan untuk menentukan tiap titik dalam bidang dengan menggunakan dua bilangan yang biasa disebut koordinat x dan koordinat y dari titik tersebut

Menurut Descartes, dua garis yang saling tegak lurus akan memiliki titik temu di O. Untuk menentukan posisi suatu benda, digunakan dua angka.
  1. Angka pertama menunjukkan seberapa jauh kita bergerak ke kanan. Hal ini ditunjukkan dengan sumbu horisontal (mendatar) yang disebut juga sumbu x atau absis.
  2. Angka kedua menunjukkan seberapa jauh kita bergerak ke atas. Hal ini ditunjukkan dengan sumbu vertikal (tegak) yang disebut juga sumbu y atau ordinat.
Perpotongan antara sumbu x dan sumbu y di titik 0 (nol) disebut pusat koordinat. Perhatikan contoh peletakan titik koordinat Kartesius di bawah ini!
Koordinat
  1. Dari titik O, menuju titik A, berarti bergerak sejauh 5 satuan ke kanan dan 3 satuan ke atas. Angka-angka ini ditulis di dalam kurung dan dipisahkan dengan koma tersebut dapat ditulis (5,3) dan disebut dengan koordinat.
  2. Kita dapat menyebutkan bahwa A memiliki koordinat (5,3), dan ditulis A (5,3).
  3. Titik O memiliki koordinat (0,0) karena kita tidak perlu bergerak ke manapun untuk menentukan posisi titik O.

Perhatikan contoh berikut ini
Letak Astronot
Dimanakah letak gambar astronaut?
Gambar astronaut terletak pada kotak pertemuan antara angka 3 dan huruf B dan ditulis (3,B). Tentunya kamu masih ingat dengan pelajaran tentang data masuk dan data keluar, bukan? Titik pertemuan tersebut disebut pasangan titik atau koordinat.
No. Gambar Posisi bendaKoordinat
Angka Huruf
1. Astronot 3 B (3, B)
2. Roket 1 G (1, G)
3. Matahari 4 D (4, D)

Kerjakan soal-soal berikut dengan teliti!
1. Cocokkan setiap pasangan titik berikut dengan huruf pada bidang koordinat.
Koordinat2
No. Titik PosisiKoordinat
Sumbu
Horizontal
Sumbu
Vertikal
1. A 6 0 (6, 0)
2. B 1 4 (1, 4)
3. C 7 0 (7, 0)
4. D 5 1 (5, 1)
2. Tentukanlah letak koordinat titik E (2, 3), F (4, 0), G (6, 5), dan H (0, 3) pada bidang koordinat Kartesius berikut.
Contoh Koordinat
3. Gambarlah sebuah bidang koordinat Kartesius. Buatlah 5 pasang titik yang merupakan posisi benda-benda angkasa luar. Beri nama benda-benda tersebut. Letakkan titik-titik tersebut pada bidang koordinat Kartesius.
No. Planet PosisiKoordinat
Sumbu
Horizontal
Sumbu
1. Bumi 2 2 (2, 2)
2. Saturnus 3 4 (3, 4)
3. Mars 5 1 (5, 0)
4. Jupiter 6 4 (6, 4)
5. Merkurius 8 4 (8, 4)
Koordinat Planet
Penemuan koordinat katesius merupakan salah satu penemuan yang memberikan pengaruh yang baik untuk mempercepat perkembangan ilmu matematika. Karena sistem koordinat kartesius (Cartesian Coordinates System) ini memiliki peran dalam menyatukan Geometri dan Aljabar. Koordinat kartesius menyajikan sebuah cara dalam merepresentasikan setiap titik pada bidang datar melalui pasangan-pasangan bilangan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:21 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....