Home » » Pencarian dan Penyelesaian Kesalahan Pada Video dan Soundcard

Pencarian dan Penyelesaian Kesalahan Pada Video dan Soundcard

Sebuah Graphic procesor unit atau yang lebih dikenal dengan vga/video card, sering kita gunakan untuk kebutuhan sebagai tambahan grafik pada komputer kita agar gambar yang dihasilkan lebih bagus. Video card atau kartu grafis adalah sebuah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar yang di layar. Berbagai fungsi yang ditawarkan oleh kartu grafis kebanyakan seperti rendering percepatan adegan 3D dan grafis 2D, TV output, MPEG-2/MPEG-4 decoding, atau kemampuan untuk menghubungkan beberapa monitor (multi monitor). VGA merupakan salah satu komponen yang ada pada kartu grafis.

A. Kerusakan Pada Sound Card
Kerusakan pada VGA card bermacam-macam pada. Kerusakan pada vga card dibagi menjadi dua yaitu kerusakan komponen hardware dan kerusakan tampilan atau yang disebut Artifact yang artinya cacat dalam gambar yang dihasilkan. Bisa berupa kotak-kotak, garis-garis, bintik-bintik dan sebagainya. Berikut ragam kesalahan pada sebuah vga card:
Video Card
1. Elco Pecah atau Meletus
Elco (elektrolit condensator) adalah jenis kapasitor yang memiliki dua kutub pada kaki-kakinya. Kapasitor ini juga biasa disebut dengan kapasitor polar. Penyebab kerusakan Elco bisa dari power supply komputer yang rusak ataupun kapasitor sudah melewati lifetimenya. Solusinya ganti kapasitor dengan tipe yang sama dan ganti power supply bila diperlukan.

2. Pemasangan Slot vga Pada Motherboard Kurang Tepat
Ada beberapa tipe VGA card diantaranya adalah VGA PCI, VGA AGP, dan VGA PCI Express. Hal yang membedakan diantara ketiganya adalah slot yang digunakan jadi dalam pemasangan vga card hanya akan berbeda pada letaknya saja. Sebelum memasang VGA card kenali tipe VGA card yang anda punya. Dan teliti bahwa VGA card tersebut memang sudah support dengan Mobo anda. Kesalahan pemasangan bisa menyebabkan tidak ada tampilan sama sekali pada monitor.pada saat memasang vga card perhatikan tipe slotnya dan pasang secara perlahan dan hati-hati.

3. Pin Kaki VGA Card Kotor atau Korosi
Pin kaki VGA car bisa mengalami korosi dan terkena kotoran. Penyebabnya dari pemakaian yang terlalu lama dan kurang perawatan,solusinya bersihkan pin kaki vga card mengunakan kertas yang dilipat atau penghapus pensil.

4. Video RAM Artifacts
Artifact dalam vga artinya cacat dalam gambar yang dihasilkan. cacat bisa berupa kotak-kotak, garis-garis, bintik-bintik dst.  Artifact Memory Video bisa terjadi karena memory gagal mentransfer data yang didapat, hal ini menyebabkan terjadi beberapa kegagalan dalam menampilkan gambar/display. namun memory video yang lainnya masih bisa menampilkan hasil olahannya dengan baik.

Artifact lain yang mungkin terjadi adalah " unexpected spike" yaitu Video memory masih bisa menahan/bekerja dalam modus 3D, namun terjadinya delay, yang menyebabkan adanya semacam goresan panjang, misalnya dalam suatu game, salah satu objek telah bergerak maju, namun ada objek lain yang masih tidak bergerak, sehingga tampilan menjadi kacau/artifact.

Cara mendeteksinya adalah dengan menguji Memori utama PC ( bukan memory VGA ), karena terkadang Video memori juga menyimpan data di Memori utama PC, jadi sebelum memastikan video memori yang rusak, alangkah baiknya menguji/test memori utama PC terlebih dahulu. Jika anda melakukan Over Clock Video Memory dan terjadi artifact, maka segera ubah kesetingan defaultnya. hal ini untuk mengurangi kerusakan kumulatif. dikarenakan Video memory langsung terintegrasi dengan board VGA dan jarang bisa dirubah jika sudah rusak, hanya satu cara yaitu ganti VGA.

GPU Artifacts
GPU adalah graphics processing unit, ini adalah chip utama dalam sebuah VGA. Bentuk umum dari artifact GPU adalah kotak-kotak pada seluruh layar, terjadi akibat panas yang berlebihan. Solusinya adalah kita harus memeriksa apakah fan/kipas pendingin GPU bekerja secara normal atau dengan membuka kesing komputer dan menurunkan clock GPU, jika hal ini belum menyelesaikan masalah, bisa mencobanya dengan membeli pendingin GPU aftermarket, yang biasanya memberikan qualitas pendinginan yang lebih bagus.

Bus Artifacts
Terkadang video memory menyimpan datanya di memory utama Pc, dan meloading nya kembali jika diperlukan, pada jenis motherboard dengan slot AGP kadang terjadi data corupt saat terjadinya pemindahan data dari memory utama kedalam video memori. Dalam kasus ini bisa dicoba dengan menurunkan muliplier AGP dari 8x ke 4x, namun pada jenis PCI dan PCI-E hal ini jarang terjadi.

Tinted Screen
Tinted screen adalah ketika keadaan monitor menjadi kurang cerah,terlalu merah, terlalu kuning,atau terjadinya perubahan warna yang tidak sesuai. Dan penyebab umumnya adalah monitor misadjusted atau rusak, namun kabel monitor dan konektor monitor juga bisa menyebabkan hal ini. Jika memiliki monitor lain, bisa mencobanya, jika masalah tetap sama berarti kabel dan monitor tidak bermasalah. kemungkinan masalah di outpun video atau masalah mekanis conector video card.

5. DVI Corruption
Jika menggunakan koneksi DVI digital antara kartu video dan monitor maka kita bisa mendapatkan masalah korupsi DVI yang biasanya muncul sebagai garis vertikal . Bagian kiri gambar di atas ditampilkan dengan benar. Bagian kanan menunjukkan korupsi DVI. Tingkat keparahan korupsi bervariasi.

B. Kesalahan Pada Sound Card
Sedangkan Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi menjadi 3,yaitu:
  1. Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  2. Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
  3. Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
Sound Card
Berikut beberapa kesalahan yang bisa terjadi pada soundcard.
1. Driver Sound Card Belum Terinstal atau Tidak Kompatible
Solusinya adalah Update River pada device manager, klik kanan sound device pilih update driver.bila langkah ini belum berhasil maka dilakukan instalasi driver secara manual dengan mendownload driver yang sesuai dengan soundcard yang akan kita instal.

2. Tombol Speaker Muted
Hal ini sering terjadi tanpa kita sadari bisa dikarenakan konector headphone atau speaker external yang belum terpasang.

3. Konektor pada Back Panel Sound Card Ada yang Patah
Penyebabnya karena kurang hati-hari dalam memasang ataupun melepas sebuah perangkat yang terhubung kekonektor tersebut. Solusinya bisa dengan menganti konektor yang rusak dengan tipe yang sama.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:58 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....