Home » » Cara Restore Penuh Windows 8

Cara Restore Penuh Windows 8

Ketika mengalami masalah di Windows 8 / 8.1, ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk memperbaiki sistem Windows. Salah satunya adalah dengan melakukan restore. Dengan restore dapat mengembalikan/roll-back kondisi sistem ke kondisi sebelumnya ketika restore point telah dibuat.

System Image Backup adalah sebuah salinan lengkap atau backup dari sistem atau data dari komputer, yang meliputi: file sistem Windows, aplikasi, dokumen pribadi, device driver dan segala sesuatu yang lain, yang akan membantu untuk mengembalikan sistem Windows 8.1 dalam kasus kegagalan sistem yang fatal, virus, dan kesalahan lainnya yang mungkin terjadi,sehingga terjadi ganguan pada sistem.

Fungsi dan tujuan membuat system image backup adalah untuk merestore/memulihkan Operating System, Program files, Data Users dan seluruh aspek program data ketika terjadi kesalahan fatal pada komputer kita. Apabila kita sudah memiliki Backup System Image untuk Recovery berarti tidak harus menginstal ulang menggunakan Windows Operating System baru ketika ada masalah dengan kinerja sistem atau komputer tidak berjalan pada semestinya, dengan hanya melakukan restore maka akan kembali seperti waktu sebelumnya.

Banyak penyebab system operasi rusak dan beragam pula akibatnya, jika tidak di antisipasi sejak awal akan berakibat fatal, seperti contoh: OS terlalu lama terinfeksi virus, pola pemakaian yang tidak benar, kesalahan penginstalan aplikasi, dan lain-lain.

Memiliki salinan atau backup lengkap dari hard drive komputer kita adalah strategi terbaik untuk menanggulangi apabila komputer dalam keadaan error. Backup sebaiknya dilakukan secara berkala bisa satu minggu sekali atau melihat berapa sering komputer dipakai dan data-data penting yang terdapat di dalam hardisk komputer. Berikut prosedur Full Restore Windows 8.

Prosedur Full Restore Sistem Operasi Windows 8.1/Re-image
  1. Siapkan dvd bootable windows 8.1. Masukkan dalam dvd room. Restart komputer. Pilih Booting dari dvd room. Tekan sembarang tombol untuk masuk menu instalasi windows 8.1.
  2. Proses setup dimulai.
  3. Muncul menu pemilihan bahasa, pilih English (United States) . Klik,Next
  4. Pilih,Repair your Computer pada bagian bawah
  5. Pilihan Repair. Continue untuk keluar dan masuk windows 8.1,Troubleshoot untuk refresh atau reset komputer atau mengunakan advanced tools dan Turn for your PC untuk mematikan komputer. Klik,Troubleshoot..
  6. Ada tiga pilihan : Refresh Your PC, Reset Your PC dan Advanced Optian. Klik, Advanced option.
  7. Ada beberapa pilihan seperti : Sistem restore, Sistem Image restore, Startup Repair, dan Command Prompt. Pilih,System Image Recovery untuk merecover sistem windows dari image backup yang telah kita buat sebelumnya.
  8. Pemilihan sistem operasi.Klik,Windows 8.1
  9. Pemilihan image backup,pilih Use The latest available System image(recommended),Klik Next.
  10. Pilihan restore option, Format and repartition disks, apabila ini dicentang maka seluruh partisi dalam hardisk yang akan kita restore akan dihapus dan diformat disesuaikan dengan sistem image yang telah kita pilih. Uncek Format and reparttition diskus. Klik,Next.
  11. Konfirmasi sistem restore telah siap dijalankan.Klik Finish.
  12. Konfirmasi persetujuan user.Klik Yes untuk memulai proses restore
  13. Proses restore mulai berjalan,Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit sesuai dengan kapasitas data yang telah kita backup,semakin besar image yang telah dibuat,semakin lama pula waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses restore ini.
  14. Finasisasi proses restore
  15. Restore telah selesai,klik restart now.

Berikut ini Prosedur Restore Windows 8 dengan Back up Image

Langkah Full Restore Windows 8



System Restore bekerja dengan membuat dan menyimpan restore point di komputer dalam periode tertentu. Informasi yang disimpan disini adalah informasi registry dan juga berbagai setting lain yang digunakan oleh Windows. Selain tersimpan secara otomatis, dapat juga membuat Restore Point sendiri secara manual. System Restore hanya mengembalikan registry dan berbagai pengaturan Windows saja. Data software yang telah diuninstall akan hilang dan tidak akan kembali setelah komputer di restore. 

System Restore yang “dibackup” adalah file-file sistem seperti registry dan pengaturan Windows, tanpa menyertakan file personal. Sedangkan System Image Backup akan membackup semuanya, mulai dari file-file sistem hingga semua file personal yang kamu simpan. System Restore hanya mengubah sistem tanpa efek apapun pada data personal, sedangkan System Imange Backup mengubah semuanya baik sistem maupun data personal.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:40 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....