Home » » Macam Macam Alat Jahit Utama

Macam Macam Alat Jahit Utama

Alat jahit adalah alat-alat yang digunakan untuk keperluan menjahit, baik untuk membuat busana, lenan rumah tangga atau benda lain yang dibuat dengan cara dijahit, baik jahit tangan maupun dengan bantuan mesin. Secara umum alat jahit dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu alat jahit pokok dan alat jahit penunjang.

Alat jahit pokok, adalah alat jahit yang sangat penting, wajib/pokok yang harus ada karena sangat dibutuhkan dalam kegiatan/pekerjaan menjahit. Sedangkan alat jahit penunjang, adalah alat jahit yang digunakan untuk membantu/menunjang alat jahit pokok (berbagai mesin jahit) dalam menyelesaikan berbagai macam jahitan.

A. Mesin Mahit Manual.
Mesin jahit manual yaitu mesin jahit yang berfungsi hanya untuk menjahit setikan lurus. Macam-macam mesin jahit lurus yang dapat kita jumpai antara lain, mesin manual, yaitu mesin jahit ahit
yang digerakkan/dioperasikan tanpa listrik, contohnya:
  1. Mesin jahit tangan yang menggunakan engkol tangan yang diputar oleh tangan untuk mengoperasikannya.
  2. Mesin jahit kaki yang digerakkan oleh kaki dengan menginjak/menekan injakan kaki mesin ke depan dan kebelakang. Mesin ini sudah jarang kita jumpai, karena dalam perkembangannya, bagian mesinnya dipasang dynamo listrik sebagai motor penggerak dalam mengoperasikan mesin, sehingga lebih efektif dan efisien waktu.
Mesin Jahit Manual
Dalam perkembangan selanjutnya mesin manual/mesin konvensional tidak lagi diengkol atau di gerakkan oleh kaki, tetapi digerakkan oleh tenaga listrik, yaitu dengan dipasangnya motor penggerak/dynamo dengan pedal yang berfungsi menggerakkan mesin jahit manual bila pedal tersebut kita tekan dengan pijakan kaki.

B. Mesin Jahit Semi Otomatis
Mesin jahit semi otomatis adalah mesin jahit yang dapat menghasilkan setikan lurus dan setikan hias dengan menggunakan alat cam. Pada saat ini, mesin jahit semi otomatis tersebut sudah banyak dibuat dengan berbagai macam merk. Mesin jahit semi otomatis biasanya memiliki fasilitas pola jahitan dalam jumlah yang banyak, serta dapat dipergunakan untuk menjahit semi obras, bordir, membuat lubang kancing, dan pasang kancing. Bantuk mesin jahit semi otomatis ini ada yang portable dan tidak.

Selain berfungsi untuk setikkan lurus dapat digunakan untuk setikkan hias dengan menggunakan cam (pola hias), lubang kancing, pasang kancing, dan sebagainya tergantung tipe mesin. Cara Kerja mesin semi otomatis adalah dengan menginjakkan kaki ke injakkan kaki yang menggunakan motor listrik. Pembuatan berbagai macam setikkan hiasan memerlukan peralatan (cam) lain yang sesuai dengan motif, camnya harus diganti bila ingin membuat hiasan yang berbeda sesuai motif.

C. Mesin Jahit Otomatis
Jenis mesin jahit yang dilengkapi sistem komputerisasi dan layar monitor. Pengguna bisa mengatur sistem yang diinginkan melalui tombol-tombol yang tersedia. Mesin jahit Otomatis mampu memotong benang dengan sendirinya, mengunci jahitan diawal dan diakhir jahitan, mengatur pada langkah keberapa jahitan akan berhenti dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Pada awal penggunaan, anda akan merasa kaku dan sering salah dalam pengoperasian tetapi setelah terbiasa akan terasa lebih mudah dan melakukan pekerjaan akan terasa jauh lebih cepat.

Baca Juga : Alat Alat Jahit Penunjang

Selain untuk setikkan lurus dapat digunakan untuk setikkan hias dengan tombol-tombol hias, dapat pula membuat lubang kancing, pasang kancing, dan sebagainya tergantung tipe mesin. Dengan menekan tomboh hiasan yang kita kehendaki, dengan menggunakan motor listrik. Pembuatan berbagai macam setikkan hiasan dapat kita lakukan.
Mesin Otomatis dan Highspeed
D. Mesin Jahit High Speed
Mesin jahit dengan kecepatan tinggi dan biasanya dipakai di konveksi-konveksi dan garment. Sangat cocok untuk menjahit bahan jeans, kapas dan serat kimia dengan , hasil rajutan. mesin jahit jenis ini dilengkapi dengan pasokan minyak otomatis dan hasil jahitannya pun sangat stabil dan indah. Mengoperasikannya cukup mudah dan melakukan pekerjaan bisa lebih cepat karena dilengkapi dengan motor listerik berkecepatan tinggi.

Mesin jahit lurus untuk menjahit pakaian dengan kecepatan tinggi yang biasa dipakai pada industri pakaian jadi dan diproduksi dalam jumlah besar. Menggunakan aliran listrik besar digunakan dengan menginjak kaki mesin dan secara otomatis akan berkerja dengan kecepatan tinggi.

E. Mesin Jahit Khusus
Mesin jahit khusus adalah mesin jahit yang khusus untuk bagian penyelesaian seperti mesin neci, obras, kelim mesin pasang kancing, mesin lubang kancing dan sebagainya. Beberapa mesin jahit khusus antara lain.
Mesin Jahit Khusus
  1. Mesin neci dan mesin obras untuk menyelesaikan suatu jahitan pada bagi tertentu yaitu penyelesaian tiras busana.
  2. Mesin kelim, untuk membuat keliman pada jahitan blus, rok, celana dan lainnya.
  3. Mesin pasang kancing, untuk memasang kancing, baik untuk pakaian kemeja, jeans, blus dan lainnya.
  4. Mesin lubang kancing, untuk membuat lubang kancing untuk kemeja blus, celana dan pakaian lain yang memerlukannya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:40 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....