Home » » Soal Evaluasi Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan di Sekitarku

Soal Evaluasi Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan di Sekitarku

Tema tujuh subtema satu kelas vi sekolah dasar kurikulum 2013 terdiri dari beberapa mata pelajaran yang disampaikan secara tematis. Dari tema kepemimpinan di sekitarku siswa diajak untuk mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan. Beberapa ilmu yang akan dipelajari dalam subtema satu ini antara lain sebagai berikut.

Mata pelajaran IPA membahas tentang mengidentifikasi sifat larutan melalui pengamatan dan membuktikan adanya pengaruh jumlah zat yang dilarutkan terhadap sifat larutan. Bahasa Indonesia membahas tentang mengidentifikasi isi teks pidato persuasif seorang pemimpin lembaga politik dan mengomunikasikannya secara lisan dan tulisan serta merancang teks pidato persuasif seorang calon ketua dan menyampaikannya secara lisan.

Sedangkan mata pelajaran IPS membahas tentang menjelaskan pengaruh lembaga politik dan sosial bagi masyarakat melalui program atau kegiatannya serta mengomunikasikan manfaat lembaga politik dan social bagi masyarakat melalui program budaya dan kesehatan dalam bentuk tulisan. Berikut ini adalah soal evaluasi tema tujuh subtema satu kepemimpinan di sekitarku.

1. Tulislah 1 pemimpin yang kamu kenal. Sebutkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimilikinya (paling sedikit 3), contoh kegiatannya, serta manfaatnya bagi orang-orang di sekitarnya. Salah satu contoh pemimpin yang kita kenal adalah Pak Lurah seorang lurah memiliki kepemimpinan antara lain sebagai berikut.
  1. Mendengarkan masukan artinya sebagai seorang pemimpin harus mau mendengarkan masukan yang berasal dari siapapun yang dapat mengembangkan kepemimpinannya. Masukan yang berupa saran maupun pendapat perlu dperhatikan demi perbaikan ke depan.
  2. Memperhatikan kesejahteraan, sebagai seorang pemimpin harus mau memperhatikan kesejahteraan anggota organisasi yang dipimpinnya. Dengan kesejahteraan anggota yang terjamin kinerja organisasi akan berjalan dengan baik sehingga tujuan tercapai.
  3. Menghormati perbedaan artinya setiap anggota memiliki kemampuan dan karakter yang berbeda. Sebagai seorang pemimpin harus dapat menggabungkan kemampuan dan karakter yang berbeda tersebut menjadi padu sehingga menunjang jalannya organisasi.
  4. Jujur, pemimpin yang baik harus jujur karena dengan kejujuran akan menumbuhkan kepercayaan anggota kepada pemimpinya. Sikap jujur menimbulkan perasaan enak dan hati tenang, jujur akan membuat pelakunya menjadi tenang karena ia tidak takut akan diketahui kebohongannya.
  5. Berkomunikasi dengan baik. Pemimpin yang baik dapat memastikan pesan yang disampaikannya diterima oleh setiap orang dalam organisasinya dengan persepsi yang sama dan jelas.
kepemimpinan lurah

Beberapa kegiatan yang dilakukan seorang lurah dalam melayani warganya antara lain sebagai berikut.
  • Pelaksanaan kegiatan pemerintahan kelurahan. Pak lurah beserta perangkatnya memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat memperoleh surat-surat yang dibutuhkan untuk pengurusan KTP, KK, akta kelahiran dan masih banyak yang lainnya.
  • Pemberdayaan masyarakat, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Pak Lurah mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan di bidang pendidikan, keagamaan dan kebudayaan sehingga pendidikan, keagamaan dan kebudayaan di kelurahan tersebut dapat berkembang dengan baik
  • Pemeliharaan prasarana, fasilitas pelayanan umum dan lingkungan hidup. Pak Lurah melaksanakan Pembangunan Prasarana wilayah Kelurahan seperti jalan dan sarana lainnya sehingga transportasi dapat berjalan dengan lancar.
  • Pembinaan lembaga kemasyarakatan. Pak Lurah mengelola dan memberikan pelayanan administrasi kependudukan sehingga kebutuhan akan layanan kependudukan dapat terpenuhi

2. Isilah diagram Frayer di bawah ini untuk menunjukkan pemahamanmu tentang kepemimpinan.
Contoh Kepemimpinan yang baik:
  1. Seorang lurah mampu bekerjasama dengan perangkat lainnya sehingga jalannya pemerintahan lancar.
  2. Seorang kepala rumah sakit yang ketika bawahan mengalami kesulitan dalam pekerjaan, mau membantu dan ikut memikirkan solusi yang terbaik.
Bukan Contoh kepemimpinan yang baik:
  1. Seorang pemimpin yang hanya bisa memerintah dan memberikan tugas, kemudian tinggal menagih hasilnya saja. 
  2. Seorang pemimpin yang jarang menghargai pendapat orang lain. Tak mau memberi kesempatan pada anggotanya untuk menyampaikan gagasan maupun ide
Kepemimpinan Yang Baik
Ciri-ciri :
Seorang pemimpin yang baik memiliki nilai melayani, disiplin, rendah hati dan bekerja sepenuh hati, mau terus belajar dari siapa saja, memikirkan kepentingan orang lain, dan mampu berkomunikasi dengan baik.
Definisi :
Kepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan yang mampu membawa pengikutnya mencapai suatu tujuan tertentu. Pemimpin tidak akan pernah bisa mencapai tujuannya apabila tidak bisa bekerja sama.

3. Sebutkan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Sebutkan paling sedikit 5 kegiatan.
  • Membersihkan lingkungan bersama-sama warga yang lain
  • Menjenguk salah satu warga yang sakit.
  • Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan.
  • Saling menghormati dan menghargai orang yang berbeda agama, tidak membeda-bedakan suku.
  • Bergotong royong memperbaiki sarana umum yang ada di lingkumgan sekitar. 

4. Apa ciri-ciri teks pidato persuasif?
Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk pendengar untuk mengikuti keinginan kita secara sukarela. Dalam teks pidato persuasif biasanya digunakan kata-kata yang dapat mengajak misalnya marilah, ayo, dan sebagainya. Reaksi yang diharapkan adalah membangkitkan emosi, agar pendengar menyetujui atau meyakini dan mungkin membangkitkan timbulnya tindakan tertentu pada pendengarnya.

5. Sebutkan paling sedikit 5 manfaat larutan dalam kehidupan sehari-hari!
  • Sumber kehidupan. Salah satu fungsi utama dari larutan dalam hal ini air, adalah sebagai penunjang kehidupan. Air sangat penting bagi tubuh manusia, air dapat menjadi penunjang kehidupan manusia secara jasmaniah. 
  • Penyimpanan Energi. Larutan elektrolit memiliki fungsi sebagai penyimpan misalnya pada aki.
  • Sumber energi bagi tubuh lainnya. Glukosa merupakan salah satu larutan yang berfungsi penting bagi tubuh manusia. Glukosa biasanya terdapat di gula yang mampu memberikan energi pada tubuh manusia.
  • Penambah nafsu makan. Kegunaan garam dapur bisa menambah nafsu makan, dan menetralkan kondisi Ph dalam tubuh.
  • Sebagai pupuk. Urea juga merupakan salah satu dari bagian larutan yang berfungsi sebagai pupuk bagi tanaman dan menyuburkan tanah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:37 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....