Home » » Daftar Nama Danau Di Indonesia

Daftar Nama Danau Di Indonesia

Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Menurut proses terjadinya, danau dibedakan menjadi 7 jenis, yaitu danau tektonik, danau vulkanik, danau tektovulkanik, dananu karst (dolina), gletser dan danau buatan (waduk).

Danau tektonik adalah danau yang terjadi akibat adanya peristiwa tektonik pada kulit bumi seperti gempa, patahan, atau lipatan pada permukaan tanah. Contoh : Danau Poso, Tempe, Tondano, Towuti di Sulawesi; Danau Singkarak, Maninjau dan Danau Takengon di Sumatera. Danau vulkanik adalah jenis danau yang terjadi karena aktivitas vulkanik/ magma seperti yang terdapat pada kawah-kawah gunung api. Contoh Danau Kelimutu, Kawah Bromo, Batur, Kerinci, Kelud, dan Kawah Gunung Kelud.

Danau berperan sangat besar bagi kehidupan manusia. Kita sering melihat banyak daerah kekeringan pada saat kemarau tiba. Melihat hal demikian, maka di daerah tersebut dibuat danau dengan tujuan ntuk pengatur tata air agar tidak mudah banjir, untuk pembangkit listrik, untuk perikanan darat, untuk irigasi, untuk olahraga dan rekreasi, untuk lalu lintas air, dan untuk mencegah erosi. Untuk mencegah kelestarian danau beberapa usaha yang bisa kita lakukan antara lain penghijauan pada hulu sungai, reboisasi pada lingkungan danau, dan memperkecil tingkat pencemaran.
Daftar Nama Danau Di Indonesia
Berikut ini adalah daftar nama danau yang ada di Indonesia berdasarkan pulau dimana danau tersebut berada.

A. Pulau Sumatera
Pulau Sumatera
NoNama DanauLokasi
1.Danau Aneuk LaotDanau Aneuk Laot adalah sebuah danau yang terletak di tengah-tengah kota Sabang, Pulau Weh. Provinsi NAD. Danau ini memiliki luas sekitar 37,5 Ha.
2.Danau Laut TawarDanau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Danau ini luasnya 5.472 hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. 
3.Danau Lawik TawarDanau Lawik Tawar adalah sebuah danau yang terdapat di desa Kuala Bakti, Teluk Dalam, Simeulue Aceh. Danau ini memiliki panjang 800 meter dan lebar 500 meter.
4.Danau Laut BangkoBerada di Aceh Selatan, Laut Bangko memiliki luas 70,8 hektar merupakan danau ketiga terbesar di Aceh dengan volume mencapai 2,4 juta meter kubik.
5.Danau PeastepDanau ini merupakan danau terkecil di Aceh dengan luas, 10,9 hektar, namun volume 2 juta meter kubik termasuk banyak untuk menampung air. Danau ini berada di Gayo Lues.
6.Danau ParisTerletak di Aceh Singkil, Danau keempat terbesar dengan luas 58,51 hektar dan volume 877,650 meter kubik
7.Danau BungaranDanau ini merupakan danau kedua terbesar di Aceh dengan luas 82,65 hektar dan volume danau mencapai 1.446.375 meter kubik. Danau ini juga terletak di Aceh Singkil.
8.Danau PinangDari Aceh Singkil juga, danau ini memiliki luas hanya 34,45 hektar dan volume danau hanya 516.750 meter kubik. Danau Pinang adalah danau kedua terkecil di Aceh setelah Danau Peastep di Gayo Lues.
9.Danau TobaDanau Toba adalah sebuah danau tekto-vulkanik dengan luas 1.130 km² yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir
10.Danau Lau KawarDanau Lau Kawar, adalah satu danau yang berada di berada di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran (dulu Kecamatan Simpang Empat), di bawah kaki gunung berapi Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Luas danau ini sekitar 200 Ha.
11.Danau DiatasDanau Di atas adalah sebuah danau yang terletak di kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini bersama-sama dengan Danau Di bawah, yang dikenal sebagai Danau Kembar. Luas danau ini adalah 12,3 km²
12.Danau DIbawahDanau Di bawah adalah sebuah danau yang terletak di kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini bersama-sama dengan Danau Di atas, yang dikenal sebagai Danau Kembar. Danau ini memiliki luas 11,2 km².
13.Danau ManinjauDanau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Luas danau ini adalah 99,5 km².
14.Danau SingkarakDanau Singkarak adalah sebuah danau yang membentang di dua kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Danau ini memiliki luas 107,8 km².
15.Danau Dendam Tak SudahDanau Dendam Tak Sudah (DDTS) adalah sebuah danau yang terletak di Provinsi Bengkulu. Danau ini berlokasi di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Danau Dendam Tak Sudah memiliki luas keseluruhan 557 ha
16.Danau MasDanau Mas ini terletak di kecamatan Selupung Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu juga  tidak berjauhan dengan Objek Wisata Gunung Kaba. Danau Mas memiliki Luas kurang lebih 3.600 Ha
17.Danau TesDanau Tes adalah sebuah danau terbesar di Provinsi Bengkulu yang terbentang antara dua buah dusun adat suku Rejang, yaitu: dusun adat Kutei Donok (Desa Tengah) dan dusun adat Tes. Danau ini terletak di kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong. Luas danau ini adalah 750 ha.
18.Danau BiruDanau Biru. terletak di Galang Batang yang ada di Pulau Bintan. Kepulauan Riau. Danau ini awalnya merupakan bekas galian tambang pasir dan terbentuk di atas tanah liat yang cukup dalam.
19.Danau KerinciDanau Kerinci merupakan sebuah danau yang terletak di Provinsi Jambi di Kabupaten Kerinci. Danau yang terletak di kaki Gunung Rayo ini merupakan Danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci, Luasnya adalah 4.200 ha.
20.Danau SipinDanau Sipin dengan luas 89,2 hektare, dan berjarak sekitar empat kilometer dari pusat Kota Jambi. Simpang Buluran Kenali - Legok, Telanaipura, Kota Jambi.
21.Danau RanauDanau Ranau adalah danau terbesar ke dua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini memiliki luas 125.9 km².
22.Danau Air ItamDanau Air Itam merupakan danau rawa dengan kedalaman 3–6 meter pada waktu musim hujan. Danau ini terletak di Kecamatan Pedamaran, Ogan Komering Ilir.
23.Danau TelokoDanau Teloko berada di Kecamatan Kayuagung, Ogan Komering Ilir.

B. Pulau Jawa
Pulau Jawa
NoNama DanauLokasi
1.Danau AnlDanau/Situ Aul berada di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Situ Aul berada pada ketinggian 2115 mdpl dan berada tepat di kaki Gunung Gambungsedaningsih (2885 mdpl).
2.Danau CileuncaSitu Cileunca yang berlokasi di Warnasari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat adalah sebuah danau buatan dengan luas mencapai 1.400 hektar dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang indah.
3.Danau CipanunjangSitu Cipanunjang berada di atas Situ Cileunca di Desa Pulosari, Pangalengan. Dalam bahasa Sunda, Situ memiliki arti sebagai danau. Lokasinya sendiri berjarak 43 km ke arah selatan dari Kota Bandung.
4.Danau CisantiSitu Cisanti adalah danau buatan yang terletak di Tarumajaya, Kertasari, Bandung dengan luas kurang lebih sekitar 5 hektar dan berada di lahan seluas 7 hektar di kawasan perhutani, kaki Gunung Wayang, dengan ketinggian 1.500–3.000 dpl.
5.Danau PangkalanDanau ini merupakan danau terkecil di Aceh dengan luas, 10,9 hektar, namun volume 2 juta meter kubik termasuk banyak untuk menampung air. Danau ini berada di Gayo Lues.
6.Danau Situ BagenditSitu Bagendit terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Danau ini disebelah utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti.
7.Danau Situ LengkongSitu Lengkong, juga disebut Situ Lengkong Panjalu, adalah suatu danau (situ dalam bahasa Sunda) yang terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. Danau (situ) seluas 70 Ha, yang kini disebut Situ Lengkong, terletak disepanjang tepi utara kota Panjalu,
8.Danau Telaga PatenggangSitu Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. .
9.Danau WanayasaDanau Wanayasa terletak di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, ±23 km sebelah Tenggara kota Purwakarta Jawa Barat. Situ Wanayasa adalah danau alam seluas ±7 ha yang berada pada ketinggian 600 m DPL
10.Danau Rawa PeningRawa Pening adalah danau alam di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dengan luas 2.670 hektare ia menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru
11.Danau Telaga MenjerTelaga Menjer terletak di desa Maron, kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga Menjer adalah telaga yang terbentuk akibat dari letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Pada zaman penjajahan Belanda dengan akan dibangunnya PLTA Garung dibawah telaga tersebut, maka dibendunglah sebagian sungai Serayu yang berada di sebelah utara desa Jengkol. 
12.Danau Kawah IjenDanau kawah Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia.
13.Danau Kawah KeludDanau kawah Kelud sebuah danau yang terletak di gunung berapi Kelud di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.
14.Danau Telaga SaranganTelaga Sarangan, juga dikenal sebagai Telaga Pasir, adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. 
15.Danau Ranu KlakahRanu Klakah adalah sebuah danau di kecamatan Klakah, Lumajang, Jawa Timur. Danau ini berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut, dengan luas 22 hektare dan kedalaman 28 m yang dilatar belakangi gunung Lamongan
16.Danau Ranu BedaliRanu Bedali adalah sebuah danau di kecamatan Ranuyoso, Lumajang, Jawa Timur. Ranu bedali ini mempunyai keinggian 700 M dari permukaan laut dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 m
17.Danau Ranu PakisRanu Pakis Lumajang merupakan salah satu danau yang berada dalam segitiga ranu yaitu Ranu Bedali, Ranu Klakah, dan Ranu Pakis.
18.Danau Ranu GumboloRanu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektare. Ranu Kumbolo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

C. Pulau Kalimantan
Pulau Kalimantan
NoNama DanauLokasi
1.Danau BekuanDanau Bekuan terletak di Kecamatan Jongkong, Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat
2.Danau BelidaDanau ini terletak di perbatasan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah, masuk wilayah administrasi Kab. Ketapang, Kalimantan Barat.
3.Danau GenaliDanau ini terletak di dekat perbatasan Indonesia - Malaysia, tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau Genali merupakan salah satu danau dari sekian banyak danau yang berada di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. 
4.Danau LuarDanau Luar, terletak di Melemba, Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
5.Danau SentarumDanau Sentarum adalah danau musiman yang berada di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Air Danau Sentarum memasok setengah dari aliran air Sungai Kapuas. Luas keseluruhan danau ini 132.000 hektare
6.Danau TangDanau Tang, terletak di Ujung Said, Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
7.Danau SembuluhDanau Sembuluh merupakan merupakan danau terbesar di Kalimantan Tengah dengan luas 7.832,5 ha dan memiliki panjang sejauh 35,68 km. Danau ini merupakan tempat bermuaranya sungai-sungai besar dan kecil seperti Kupang, Rungau, dan Ramania. Danau Sembuluh, terletak di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah
8.Danau GatalDanau gatal merupakan danau yang ada di kabupaten Kotawaringin Barat, tepatnya di kecamatan Kotawaringin Lama Kalimantan Tengah.
9.Danau LimutDanau Limut, berada di Desa Muara Talang Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah
10.Danau MaturRawa Pening adalah danau alam di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dengan luas 2.670 hektare ia menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru
11.Danau RayaDanau Raya, terletak di Tlk. Telaga, Dusun Sel., Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah
12.Danau BitinDanau Bitin, terletak di Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan
13.Danau JempangDanau Jempang merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, tepatnya di Kabupaten Kutai Barat. Danau ini memiliki luas wilayah 15.000 hektare dengan kedalaman 7-8 meter. Danau Jempang merupakan salah satu danau yang terbesar dari sekitar 76 danau yang tersebar di daerah aliran sungai Mahakam.
14.Danau MelintangDanau Melintang adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah aliran sungai Mahakam di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Danau ini memiliki luas sekitar 11.000 hektare. Danau Melintang berada di sebelah kanan sungai Mahakam dan bersebelahan dengan Danau Semayang yang terletak disebelah kiri sungai Mahakam.
15.Danau SemayangDanau Semayang adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah aliran sungai Mahakam di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 13.000 hektare. Danau Semayang berada di sebelah kiri sungai Mahakam dan bersebelahan dengan Danau Melintang yang terletak disebelah kanan Mahakam.

D. Pulau Bali dan Nusa Tenggara
Pulau Bali dan Nusa Tenggara
NoNama DanauLokasi
1.Danau BaturDanau Batur terletak di Songan B, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
2.Danau BratanDanau Bratan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau yang terletak paling timur di antara dua danau lainnya yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan,
3.Danau BuyanDanau Buyan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar.
4.Danau TamblinganDanau Tamblingan adalah sebuah danau yang terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. 
5.Danau Segara AnakDanau Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani, tepatnya di desa Sembalun Lawang, pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. 
6.Danau Batu JaiDanau/Waduk Batujai dibangun pada Kali Penujak yang mengalir dari lereng gunung Kundo dan bermuara di Selat Lombok. Danau Ini terletak di Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat
7.Danau SatondaDanau Satonda terletak di tengah pulau Satonda dan termasuk wilayah Kabupaten Dompu, NTB. Danau ini mempunyai keunikan karena airnya asin seperti air laut. 
8.Danau Kawah KelimutuDanau Kawah Kelimutu terletak di Ende, Nusa Tenggara Timur, 

E. Pulau Sulawesi
Pulau Sulawesi
NoNama DanauLokasi
1.Danau LinouwDanau Linow terletak di area wilayah administratif kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Danau ini terletaak dekat Proyek Tenaga Listrik Panas Bumi Lahendong. Danau ini unik karena waktu siang airnya warna-warni (atau danau tiga warna). Danau ini merupakan salah satu objek wisata yang menarik di Sulawesi Utara.
2.Danau MalakehiDanau Malekehi terletak di Pulau Makalehi merupakan salah satu pulau terluar yang berada di wilayah Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara
3.Danau MoatDanau Moat adalah danau yang berada di Moat, Modayag, Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Danau ini berada dalam ketinggian sekitar 1.100 mdpl, serta luasnya 617 ha.
4.Danau TondanoDanau Tondano adalah danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Danau ini diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang. Danau ini dilingkari dengan jalan provinsi dan menghubungkan kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan. 
5.Danau TondokDanau Tondok berada dikecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sulawesi Utara.
6.Danau LinduDanau Lindu merupakan danau yang terletak di kecamatan Kulawi, kabupaten Sigi, provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia dan berada di dalam Taman Nasional Lore Lindu.
7.Danau PosoDanau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km.
8.Danau MaholonaDanau Mahalona, terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. 
9.Danau MatanDanau Matana adalah sebuah danau yang terletak di Soroako, Kab. Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Danau ini memiliki kedalaman 590 meter. 
10.Danau SidenrengDanau Sidenreng merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Sidenreng Rappang.
11.Danau TempeDanau Tempe merupakan danau yang terletak di bagian Barat Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Tempe, Kecamatan Belawa, Kecamatan Tanah Sitolo, Kecamatan Maniangpajo dan Kecamatan sabbangparu,
12.Danau TowutiDanau Towuti adalah sebuah danau yang terletak di Sulawesi Selatan, di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. danau ini memiliki memiliki lima pulau menawan di tengah danau yang luas yaitu Pulau Loeha, Pulau Bolong, dan Pulau Kembar.
13.Danau NapabaleDanau Napabale merupakan sebuah danau yang terletak di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Terletak di kaki bukit, dihubungkan ke laut melalui sebuah terowongan alami.
14.Danau LimbotoDanau Limboto merupakan sebuah danau yang terletak di Kecamatan Limboto, Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Indonesia. Danau ini memiliki kedalaman antara 5 hingga 8 meter.

F. Pulau Papua dan Maluku
Pulau Papua dan Maluku
NoNama DanauLokasi
1.Danau RanaDanau Rana adalah sebuah danau di Pulau Buru, Provinsi Maluku.
2. Danau Tibu TapalaDanau Tibu Tapala terletak di Hatunuru, Kec. Taniwel Tim., Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku
3.Danau TihuDanau Tihu, terletak di Ilwaki, Pp. Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku
4.Danau GalelaDanau Galela merupakan danau yang berada di Galela, Provinsi Maluku Utara. Danau yang sering disebut dengan nama Telaga Biru ini mempunyai luas sekitar 250 hektar dan merupakan danau terbesar yang ada di Pulau Halmahera. 
5.Danau TolireDanau Tolire adalah danau yang terletak di Ternate, Maluku Utara. Danau Tolire berada di bawah kaki Gunung Gamalama,
6.Danau Anggi GijiDanau Anggi Giji, terletak di Pegunungan Arfak, Papua Barrat
7.Danau Anggi GidaDanau Anggi Gida, terletak di Pegunungan Arfak, Papua Barat
8.Danau YamurDanau Yamur di Papua Barat merupakan salah satu pulau besar yang ada di Indonesia. Kekayaan yang dimiliki pulau dengan luas wilayah 420.540 km
9.Danau SamaresTelaga Samares terletak di Biak Numfor, Papua ini bisa jadi danau paling biru di Indonesia.
10.Danau PaniaiDanau Paniai adalah sebuah danau yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua atau secara administratif terletak di distrik Paniai Timur. Danau Paniai yang kesohor memiliki panorama alam yang rancak, alami, dan terawat dengan baik
11.Danau RombebaiDanau Rombebai adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Luas Danau ini 13.749 ha dan merupakan danau terbesar kedua di Papua setelah Danau Sentani. Danau ini terletak di sebelah kanan dari aliran Sungai Mamberamo dan berjarak 20 km dari Samudera Pasifik. Kabupaten yang terdekat dari danau ini adalah Kabupaten Sarmi. 
12.Danau Sentanianau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua.
13.Danau TigiDanau Tigi merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Dogiyai dan Kabupaten Deiyai. Danau ini terletak 1.700 meter di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman hingga 150 meter. Karena letaknya di ketinggian maka di danau ini beriklim pegungungan yang sangat dingin.
14.Danau TageDanau Tage adalah danau ketiga terbesar di kawasan pegunungan tengah"Paniai-Papua".Danau ini terletak di bagian tengah dari danau Paniai dan danau Tigi
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:41 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....