Home » » Teks Eksplanasi Proses Pembuatan Jamu Kunyit Asam

Teks Eksplanasi Proses Pembuatan Jamu Kunyit Asam

Indonesia adalah negara yang kaya dengan obat-obatan tradisional yang sangat baik untuk kesehatan. Obat-obatan tradisional ini ternyata menggunakan bahan-bahan yang terdapat di lingkungan sekitar. Obat-obatan tradisional tersebut selain dapat menyehatkan badan juga terbebas dari bahan-bahan kimia. Obat-obatan herbal itu masih lestari hingga sampai saat ini. Jamu adalah salah satu obat herbal yang sering di konsumsi oleh masyarakat indonesia yang memiliki khasiat yang sangat manjur di dalam mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan termasuk jamu kunyit asam. Kunyit asam adalah ramuan alami yang dipercaya secara turun-temurun mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Jamu kunyit asam merupakan salah salah satu jamu tradisional yang memiliki manfaat yang luar biasa dalam kesehatan. Mungkin hampir sebagian masyarakat menggunakan minuman atau jamu ini sebagai minuman kesehatan. Minuman ini banyak dijual oleh  yang mudah dibuat. Membuat kunyit asam memang tidak sulit, terbtukang jamu yang berkeliling dari rumah ke rumah. Ternyata jamu kunyit asam ini selain mudah didapatkan juga mudah proses pembuatannya karena bahan yang di butuhkan hampir semuanya mudah kita jumpai di sekeliling kita. Berikut ini teks eksplanasi tentang cara membuat jamu kunyit asam.

Struktur teksKalimat
Pernyataan
Umum
Setiap pagi Mbok Jumi mengolah berbagai rempah dan tanaman obat untuk dijadikan jamu siap minum. Salah satu jamu dagangannya yang selalu laris dibeli pelanggan adalah jamu kunyit asam. 
Deretan PenjelasSebotol jamu kunyit asam dibuat dari bahan-bahan sebagai berikut:
  1. 1 kg kunyit
  2. ¼ kg asam jawa; direndam dalam air panas, ambil airnya
  3. ½ kg gula aren atau gula merah; sisir halus
  4. 5 buah jeruk nipis
  5. Garam ¼ sendok teh
  6. Air matang 500 ml
kunyit asam
Inilah rangkaian proses yang dilakukan Mbok Jumi setiap pagi untuk membuat sebotol jamu kunyit asam:
  1. Setelah dikupas, kunyit diparut hingga halus.
  2. Air dituang ke dalam panci kemudian dipanaskan hingga mendidih.
  3. Masukkan parutan kunyit aduk rata hingga air berubah warna.
  4. Saring dan peras ampas kunyit hingga habis sarinya.
  5. Panaskan lagi larutan kunyit, tambahkan gula aren, jeruk nipis, dan garam.
  6. Aduk terus hingga seluruh bahan melarut.
  7. Saring lagi larutan tersebut, agar kotoran dari gula merah terpisah dan sisa-sisa bahan yang tidak melarut terpisah.
KesimpulanAir panas mendidih mempercepat proses melarutnya kunyit dan gula merah. Beberapa menit saja diaduk, kunyit parut tercampur menjadi larutan berwarna kuning kecoklatan. Mbok Jumi pernah mencoba membuat larutan kunyit asam dengan air yang tidak terlalu panas. Memang dengan terus mengaduk, kunyit gula merah, dan bahan-bahan lain dapat terlarut dalam air, membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan ketika dilarutkan dalam air mendidih.

Setelah membaca bagaimana Mbok Jumi membuat jamu kunyit asam, coba kamu jawab pertanyaan berikut:
  1. Mengapa air sari kunyit perlu dipanaskan? Air sari kunyit perlu dipanaskan agar dapat tercampur dengan sempurna dengan gula aren, jeruk nipis, dan garam
  2. Apa yang terjadi pada gula dan garam saat dimasukkan ke air sari kunyit yang telah mendidih? Jika gula aren dan garam dimasukan ke dalam air kunyit yang mendidih kedua bahan tersebut tercampur dengan sempurna.
  3. Menurutmu, apa yang terjadi jika garam dan gula dimasukkan ke air sari kunyit yang dingin? Jika gula dan garam dimasukan ke air sari kunyit yang dingin membutuhkan waktu yang lebih lama agar dapat tercampur dengan sempurna.
  4. Secara umum, proses apa yang diceritakan dalam bacaan tersebut? Perubahan sifat benda karena pengaruh suhu. Salah satu hal yang bisa mempercepat suatu laju reaksi adalah suhu. Suhu yang tinggi akan mempercepat reaksi. Ketika dimasukkan ke dalam air panas, gula lebih cepat larut, karena suhunya lebih tinggi dibanding air yang dingin.
Ayo, kita lakukan percobaan berikut ini.
Gula dalam air panasGula dalam air dingin
Alat dan Bahan:
  1. Satu buah gelas bening
  2. Satu sendok teh untuk mengaduk
  3. Satu gelas air panas
  4. Satu sendok makan gula pasir

Langkah Percobaan:
  1. Siapkan air panas dalam sebuah gelas bening.
  2. Masukkan satu sendok makan gula pasir.
  3. Aduk kira-kira selama 1 menit
  4. Amati yang terjadi!
Alat dan Bahan:
  1. Satu buah gelas bening
  2. Satu sendok teh untuk mengaduk
  3. Satu gelas air dingin
  4. Satu sendok makan gula pasir

Langkah Percobaan:
  1. Siapkan air dingin dalam sebuah gelas bening.
  2. Masukkan satu sendok makan gula pasir.
  3. Aduk kira-kira selama 1 menit.
  4. Amati yang terjadi!

Teks Eksplanasi Percobaan Air dan Gula
Struktur teksKalimat
Pernyataan
Umum
Kelarutan adalah jumlah zat yang dapat larut dalam sejumlah pelarut sampai membentuk larutan jenuh. Suhu tinggi maupun rendah akan berpengaruh terhadap kelarutan zat. Tujuan percobaan ini adalah mengetahui pengaruh suhu terhadap kelarutan zat. Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam percobaan ini antara lain : Dua buah gelas bening, Dua sendok teh untuk mengaduk, Satu gelas air panas, Satu gelas air dingin, Dua sendok makan gula pasir.
Deretan PenjelasSuhu menunjukan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas panas benda tersebut. Suhu juga disebut juga temperatur yang diukur dengan alat termometer. Empat macam termometer yang paling dikenal adalah Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin.

Gula pasir yang digunakan untuk percobaan berbentuk benda padat. Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dan keadaan makanan atau minuman.

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini dibumi. Air sebagian besar terdapat dilaut dan lapisan lapisan es, akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, yaitu melalui penguapan, hujan, dan aliran air diatas permukaan tanah menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan

Untuk membuktikan apakah gula yang dimasukan dalam air panas akan melarut atau tidak, dapat dibuktikan dengan membandingkannya dengan cara memasukan gula pada air biasa dan gula pada air panas.

Langkah Percobaan:
  1. Siapkan air panas dalam sebuah gelas bening.
  2. Masukkan satu sendok makan gula pasir.
  3. Aduk kira-kira selama 1 menit
  4. Amati yang terjadi!
  5. Lakukan percobaan yang sama pada satu sendok makan gula pasir yang dimasukan ke dalam segelas air dingin.
  6. Amati apa yang terjadi !
Setelah melakukan percobaan dengan cara memasukan gula pasir ke dalam air panas dan air dingin diperoleh fakta bahwa gula yang dimasukan ke dalam air panas lebih cepat larut dalam air jika dibandingkan ketika dimasukan ke dalam air dingin.  Jika tinggi suhu air semakin tinggi semakin cepat gula akan larut.
KesimpulanDengan kegiatan pengamatan serta percobaan diketahui bahwa cepat lambat pelarutan suatu zat pada percobaan ini menggunakan gula dipengaruhi pula oleh suhu media pelarutan yang digunakan. Pada percobaan ini media yang digunakan dengan air dengan suhu yang berbeda. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi suhu media memungkinkan semakin cepat pelarutan suatu zat.

Temukan sebanyak mungkin contoh perubahan benda karena pengaruh suhu dalam kehidupan sehari-hari, tuliskan dalam tabel berikut ini.
No.BendaPerlakuanPerubahan
1.MentegaDipanaskan di atas apiMeleleh
2.AirDimasak dalam panciMenguap
3.AirDimasukan dalam kulkasMembeku
4.Gula pasirDImasukan dalam air panasMelebur
5.LilinDipanaskanMeleleh
6.GaramDimasukan ke dalam airMelebur
7.Embun Udara lembab dan dinginMengembun
8.Minyak kelapaDibiarkan di udara dinginMembeku
9.Es KrimDibiarkan di udara terbukaMencair
10.Es BatuDibiarkan di udara terbukaMencair
Ternyata banyak hal yang dapat dimanfaatkan oleh manusia akibat pengaruh perubahan suhu pada benda.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....