Home » » Permainan Melempar Bola

Permainan Melempar Bola

Permainan melempar bola merupakan permainan sederhana yang sering dilakukan siswa di sekolah. Permainan ini bertujuan untuk melatih ketepatan dan koordinassi mata/tangan dengan cara melempar bola langsung ke sasaran (botol plastik) dengan jarak dari anak ke sasaran dapat disesuaikan. Permainan melempar bola ini akan lebih menarik jika dilakukan secara bersama-sama dengan teman. Model formasi kelompok dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pembelajaran.

Sebelum memulai kegiatan, pastikan menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Siswa juga bisa dikelompokkan siswa berdasarkan kebutuhan (kelompokkan siswa dengan karakteristik dan kemampuan akademik yang beragam dalam tiap kelompok). Satu kelompok berjumlah 4-5 orang atau disesuaikan kebutuhan.

A. Bahan yang dibutuhkan
Bahan yang dibutuhkan dalam permainan ini tentunya harus dipersiapkan terlebih dahulu agar dalam pelaksanaan permainan dapat berjalan dengan lancar. Bahan yang dibutuhkan dalam permainan melempar bola antara lain sebagai berikut.
  1. Botol bekas kecap, sirop atau lainnya
  2. Bola bisa menggunakan bola voley atau bola sepak yang ada di sekolah.

B. Cara Bermain
Agar permainan melempar bola dapat berjalan sebelum permainan siswa dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan antara lain sebagai berikut.
  1. Setiap kelompok memiliki anggota yang sama.
  2. Setiap kelompok berbaris
  3. Letakkan botol di depan barisan. Jarak antara botol dan barisan adalah 3 meter.
  4. Setiap anggota kelompok harus menggelindingkan bola kearah botol dan mengenainya.
  5. Anggota kelompok yang telah menggelindingkan bola berjalan kearah belakang barisan.
  6. Anggota berikutnya mendapat giliran.
  7. Kelompok yang menjatuhkan botol lebih banyak adalah pemenangnya.
lempar bola
C. Teknik Menggulirkan Bola
  1. Mengambil posisi siap. Kedua kaki diposisikan selebar bahu dan menekuk membentuk sudut 120 derajat. Tangan kanan memegang bola dengan kuat.
  2. Kaki kanan diletakkan di depan. Bola diayun ke bawah. Bola dilempar ke depan.
  3. Saat bola diayunkan ke belakang setinggi bahu, kaki kanan diayunkan ke depan.
  4. Kaki kanan diletakkan di depan. Tangan kanan ditarik ke belakang seoptimal mungkin kemudian diayun ke depan sambil melempar bola.
melempar bola

Bekerja sama, saling percaya, mendengarkan orang lain dan bertanggung jawab terhadap tugas merupakan bekal bagi seorang pemimpin untuk dapat menyatukan anggota kelompoknya. Persatuan inilah yang akan membantu kelompok mencapai tujuan. Seorang pemimpin yang baik akan membantu kelompoknya untuk bekerja sama dengan baik. Setiap anggota kelompok harus saling menghargai dalam setiap kegiatan. Pemimpin adalah seseorang yang memimpin orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Seorang pemimpin harus dapat menyatukan anggotanya. Nilai-nilai yang kalian temukan merupakan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Persatuan akan terwujud apabila ada kerjasama, saling percaya, jujur dan tidak mementingkan diri sendiri. Seorang pemimpin harus memiliki tujuan untuk dicapai bersama anggotanya.
  1. Siapakah pemimpin di sekolah? Guru; kepala sekolah; ketua kelas. 
  2. Mengapa mereka disebut pemimpin? Karena memimpin orang lain, memiliki tujuan bersama dan berusaha untuk mencapainya)
  3. Bagaimana mereka memimpin? Atau nilai-nilai kepemimpinan yang sudah mereka miliki? Disiplin, jujur, memikirkan kepentingan orang lain, dst.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....