Home » » Not Angka Lagu Rambadia Sumatera Utara

Not Angka Lagu Rambadia Sumatera Utara

Pemimpin yang baik selalu memikirkan persatuan dan kesatuan penduduknya. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memelihara persatuan dan kesatuan adalah dengan melakukan komunikasi. kunci sukses sebuah organisasi itu ada pada diri seorang pemimpin. Pemimpin yang sukses itu adalah pemimpin yang mampu menjalankan komunikasi secara baik. Jenis komunikasi yang dituntut dari seorang pemimpin adalah komunikiasi yang produktif. Yaitu, komunikasi yang melahirkan etos, semangat, imajinasi, cita-cita, gerakan bersama, tanggung jawab, dan kemauan bekerjasama, dan seterusnya.

Komunikasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan seorang pemimpin. Efektif tidaknya seorang pemimpin akan dipengaruhi oleh kemampuannya dalam melakukan komunikasi antara lain berupa komunikasi interpersonal.

Komunikasi interpersonal adalah proses yang kita gunakan untuk mengkomunikasikan ide, fikiran, dan perasaan kita kepada orang lain.  Tujuan dari komunikasi interpersonal  ini adalah untuk mencapai suatu pemahaman yang sama, membangun suatu hubungan yang lebih baik, dan/atau persetujuan tentang apa yang akan dilakukan kemudian jika dibutuhkan.

Komunikasi interpersonal bersifat timbal balik. Artinya, dalam melakukan komunikasi interpersonal, seseorang selain dituntut untuk mampu mengartikulasikan gagasan, ide, dan fikirannya, maka orang tersebut harus juga memiliki kemampuan untuk mendengarkan secara efektif. Oleh karenanya, tanpa kemampuan mendengar yang efektif maka komunikasi interpersonal yang efektif tidak akan terjadi.

Sebagai seorang pemimpin, membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik agar tim dapat bekerja dengan baik dan efektif. Agar dapat menjadi pemimpin dengan kemampuan berkomunikasi yang baik diperlukan beberapa sikap dalam berkomunikasi. Beberapa sikap dalam berkomunikasi yang abaik antara lain sebagai berikut.
  1. Bersikap Konsisten. Pemimpin yang baik bersikap konsisten sehingga membuat anggota tim merasa dapat diandalkan dan dipercaya.
  2. Bersikap Jelas. Sebuah tim tidak dapat bekerja dengan baik jika anggotanya tidak tahu apa yang diinginkan pemimpinnya. Lebih baik dikenal sebagai pemimpin yang mampu bersikap terus terang daripada pemimpinyang sekedar pandai.
  3. Bersikap Ramah. Seorang pemimpin yang baik menghargai setiap orang. Dengan sikap ramah dapat meningkatkan kerjasama dalam tim. Komunikasi yang baik berjalan tidak hanya satu arah.

Budaya Tegur Sapa
Sejak kita kecil tentunya sudah diajarkan ataupun dididik orang tua kita tentang pentingnya bersosialisasi. Dalam mengawali sosialisasi kita melakukan tegur sapa terlebih dahulu. Selain memudahkankan kita dalam bersosialisasi tegur sapa juga membantu keberhasilan kita. Jadi jangan pernah menganggap enteng sebuah sapaan karena sebuah sapaan dapat mengubah segalanya.

Tegur sapa dalam masyarakat dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan. Kedekatan antarwarga dimulai dengan kebiasaan saling tegur sapa. Ketika berpapasan di lorong antarrumah, di jalan, atau di pasar tak pernah terlewat untuk saling menegur. Sekedar mengucap “Selamat pagi, selamat siang, selamat sore” sampai bertukar kabar atau berbincang sejenak.

Cara Bertegur Sapa yang Baik :
  1. Berhadapan langsung. Posisi kita dengan orang yang diajak bicara harus berhadapan langsung agar suara kita bisa terdengar jelas oleh lawan bicara
  2. Ucapkan kata-kata pembuka seperti salam , bertanya kabar, dan lain sebagainya jangan langsung pada inti, dikarenakan takut menyinggung perasaan orang tersebut
  3. Sikap yang sopan
  4. Bersalaman. Apabila bertemu dengan orang yang sudah lama tidak berjumpa, alangkah baiknya kita berikan sebuah pujian agar hubungan kita tetap harmonis.
  5. Tetap tebarkan senyum. Apabila ingin meninggalkan lawan bicara , kita pastikan bahwa "pertemuan ini sungguh sangat menyenagkan bagiku"
  6. Tinggalkan lawan bicara dengan perkataan dan tindakan yang baik.

Untuk membudayakan tegur sapa dapat ditunjukkan dengan cara menyanyikan lagu. Rambadia adalah lagu daerah yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara. Lirik lagu rambadia ini merupakan tegur sapa orang batak dengan orang baru dikenal atau sebagai ucapan salam kenal orang-orang batak. Seperti menanyakan asal dari mana, marga apa, dan lain-lain. Intinya jika orang batak berkenalan tidak terlalu peduli dengan nama, asalkan marga sama dan satu rumpun semua akan terjalin dengan baik.

Nilai-nilai persatuan dapat ditularkan sebagai seorang pelajar. Salah satu lagu daerah Indonesia yaitu Rambadia, dari Sumatera Utara. Lagu tersebut bercerita tentang sapaan terhadap pendatang atau tamu. Nyanyikanlah lagu dengan sikap tubuh, pernapasan, artikulasi, dan penjiwaan yang baik.

Lagu Rambadia


Berikut ini Lirik lagu Rambadia
Ramba dia Ramba muna da ito
Rio rio ramba naposo
Marga dia marga muna da ito
Huso Huso naso umboto

Ala tipang-tipang
Tipang polo la baya
Ala rudeng-rudeng
Rudeng pong ... 2x

...

Ianggo ramba nami da ito
Parasaran ni ambaroba
Ianggo marga nami da ito
Indada tarpaboa-boa

Ala tipang-tipang
Tipang polo la baya
Ala rudeng-rudeng
Rudeng pong ... 2x

...

Sada dua tolu dainang
Songon ni dok ni pamilangi
Jongjong hami dison ale inang
jumolo hami marsattabi

Ala tipang-tipang
Tipang polo la baya
Ala rudeng-rudeng
Rudeng pong ... 2x

...

Sahat sahat ni sulo dainang
Sai sahat ma tubontean
Leleng hita mangolu dainang
Sai sahat tu panggabean

Ala tipang-tipang
Tipang polo la baya
Ala rudeng-rudeng
Rudeng pong ......
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:26 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....