Home » » Teks Eksplanasi Penemuan Resleting

Teks Eksplanasi Penemuan Resleting

Bagian kecil yang terdapat pada beberapa pakaian, tas, sepatu yang berfungsi untuk menyambung dua sisi biasanya dinamakan ritsleting atau kancing seleret. Dengan danya ritsleting benda ataupun barang yang kita miliki menjadi aman dan mudah digunakan. Bayangkan ketika kita menggunakan celana tanpa menggunakan ritsleting. Misalnya celana menggunakan kancing, selain kurang rapat juga membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan menggunakan ritsleting. Dengan sekali tarik menggunakan ritsleting celana ataupun barang yang lain dapat tertutup dengan sempurna.

Ritsleting yang ada dan kita gunakan ternyata membutuhkan waktu yang panjang dalam proses penemuannya. Berkat ketekunan dan kesungguhan seorang penemu bernama Gideon Sunback ritsleting dapat digunakan di seluruh dunia. Walaupun beliau bukan penemu pertama dari ritsleting, namun berkat keuletanya ritleting yang ada menjadi lebih mudah untuk digunakan.

Sundback membuat beberapa perluasan dalam mengembangkan ritsleting hasil karya dari insinyur sebelumnya, seperti Elias Howe, Max Wolff dan Whitcomb Judson. Ristleting tersebut akan melekat secara kuat sehingga tidak mudah terlepas. Berkat penemuanya tersebut pada tahun 2006, Gideon Sundback dianugerahi "Hall of Fame" oleh National Inventors atas jasanya dalam mengembangkan fungsi dari ristleting. Untuk mengetahui tentang penemuan ritsleting, berikut ini contoh teks eksplanasi tentang penemuan ristleting..

Contoh Teks Eksplanasi Penemuan Resleting
Struktur teksKalimat
Pernyataan
Umum
Ritsleting adalah alat yang digunakan untuk menyambung dua sisi kain. Ritsleting digunakan dalam pakaian, koper dan berbagai tas, alat-alat olahraga, perlengkapan bertenda, dan benda-benda dari tekstil, kulit, dan lain-lain. Ritsleting disukai orang karena menolong mempercepat orang mengancingkan atau membuka pakaian, tas, sepatu, dibandingkan apabila orang harus menggunakan tali atau kancing.
Deretan PenjelasRitsleting yang kita gunakan saat ini merupakan penemuan Gideon Sundb├Ąck yang berkebangsaan Swedia-Amerika Serikat. Pada Tahun 1906 dan 1917 Sundback membuat beberapa perluasan dalam mengembangkan ritsleting dari insinyur sebelumnya, seperti Elias Howe, Max Wolff dan Whitcomb Judson.

Pada saat itu, produk yang dihasilkan oleh perusahaan Talon Inc. tempat Sundback bekerja sebatas pada mata kancing. Sunback mengembangkan versi baru dari "C-curity" yang disebut "Plako", tetapi produk tersebut mudah terlepas. Sunback berhasil mengatasi permasalahan tersebut pada tahun 1913, dengan penemuannya "Hookless Fastener No. 1". Penemuannya memiliki dua gerigi yang berhadapan yang ditarik menjadi satu kesatuan.

Pada tahun 1914, Sundback mengembangkan produknya, "Hookless No. 2", yang merupakan ristleting moderen yang terbuat dari metal. Pada produknya tiap gigi memiliki lubang dan ujung yang meruncing. Lubang dan ujung yang runcing bekerja dengan cara saling menutupi melalui lajur yang berbentuk Y. Ristleting tersebut akan melekat kuat sehingga tidak mudah terlepas. Amerika pada tahun 1917 mengeluarkan hak paten untuk "Separable Fastener" karya Sundback.

Pada umumnya ritsleting terdiri dari dua potong kain, yang masing-masing ditempatkan pada salah satu sisinya untuk kemudian disambungkan dengan puluhan atau ratusan gigi dari metal atau plastik. Penariknya, yang dioperasikan dengan tangan, bergerak sepanjang deretan gigi-giginya. Di dalam penariknya terdapat sebuah saluran berbentuk Y, yang menyambungkan atau memisahkan barisan gigi yang berhadap-hadapan, tergantung arah gerakannya.

Ritsleting tersusun atas beberapa bagian yang membentuk sebuah ritsleting yang utuh. Bagian-bagian dari ritsleting antara lain sebagai berikut.
  1. Slider berfungsi untuk menyatukan elemen ketika ritsleting dibuka atau ditutup. Biasanya bagian ini juga disebut dengan kepala ritsleting.
  2. Serangkaian komponen yang tampak seperti deretan gigi . Ketika Slider digerakkan diantaranya maka rangkaian gigi-gigi ini akan menyatu dengan posisi saling mengunci atau interlock. Ketika dua sisi kiri dan kanan digabungkan, bagian ini membentuk apa yang dinamakan Chain .
  3. Tape dibuat khusus untuk menjadi bagian dari ritsleting. Sebagian besar terbuat dari polyester, tapi bisa disesuaikan dengan penggunaan, diantaranya syntetic, fiber tape, vinyl tape dan cotton tape juga tersedia.
  4. Pada bagian kedua ujung ritsleting terdapat tonjolan yang digunakan sebagai tempat berhentinya slider baik ketika ritsleting dibuka maupun ditutup.

ritsleting
Saat ini ritsleting memiliki berbagai model dan ukuran yang disesuaikan dengan kegunaannya. Jenisnya yaitu risleting model biasa, risleting jepang, risleting celana jeans, dan risleting untuk mantel atau jaket.
  1. Risleting model biasa, biasanya dipasangkan dengan jahitan yang terlihat pada bagian luar. Sering digunakan untuk bukaan pada rok wanita, blus pada bagian tengah belakang, celana pria dan pakaian anak-anak. 
  2. Risleting Invicible atau Jepang, dijahitkan dari bagian dalam pakaian dan risleting ini tidak terlihat dari bagian luar. 
  3. Risleting celana jeans, ukurannya lebih besar dari risleting biasa dan lebih kuat karena gigi-giginya terbuat dari logam.
  4. Risleting untuk mantel atau jaket ukurannya lebih besar dari ritsleting biasa dan lebih kuat sesuai dengan fungsinya.

Hadirnya ritsleting berfungsi sebagai perekat baju, celana, tas, hingga sepatu. Benda kecil sangat multifungsi, terkesan sepele namun memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat ritsleting antara lain sebagai berikut.
  1. Risleting digunakan untuk membuat bukaan pada pakaian agar pakaian tersebut mudah dipasang atau dibuka. 
  2. Ritsleting digunakan dalam koper yang biasanya berisi pakaian. Setelah mengambil isi tas, tinggal menggeser kepala resleting hingga menutup kembali.
  3. Ritsleting digunakan dalam kantong tidur. Setelah digunakan biasanya kantung tidur dilipat dan dimasukan ke bagian dalam kemudian ditutup dengan menarik kepala ritlesting.
  4. Ritsleting digunakan dalam alat-alat olahraga. Alat-alat seperti raket tenis dan bulutangkis biasanya dimasukan ke dalam kantung yang dilengkapi dengan ritsleting sehingga bagian senar raket terlindung di dalam kantung. dan berbagai tas, alat-alat olahraga, perlengkapan bertenda (mis. tenda, kantong tidur), dan benda-benda dari tekstil, kulit, dll.
  5. Ritsleting digunakan dalam sepatu kantor. Dengan menggunakan ritsleting kita tidak perlu susah-susah mengikat tali, sekali tarik ritsleting sepatu sudah bisa digunakan.
InterpretasiRitsleting walaupun bentuknya kecil namun memiliki kegunaan yang sangat beragam. Ritsleting disukai orang karena menolong mempercepat orang mengancingkan atau membuka pakaian, tas, sepatu, dibandingkan apabila orang harus menggunakan tali atau kancing. Sekecil apapun bentuk suatu penemuan apabila bermanfaat bagi banyak orang maka akan sangat berharga penemuan tersebut.

Para penemu telah berusaha dengan sekuat tenaga, mencurahkan segala pemikiran untuk menghasilkan karya yang dapat berguna bagi orang banyak. Karya tersebut tidak perlu suatu karya yang besar, namun sebuah karya yang dapat berguna bagi orang lain. Setiap manusia dibekali akal sehingga setiap manusia berpelung untuk menciptakan penemuan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....