Home » » Pengaruh Roda terhadap Kehidupan Masyarakat

Pengaruh Roda terhadap Kehidupan Masyarakat

Awalnya roda dibuat oleh ahli dengan menggunakan mesin pemintal. Artefak roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan sekitar tahun 3000 SM. Kemudian muncul juga di Cina, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.

Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan roda terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Kita mengenalnya dengan istilah ban. Pada tahun 1845, Thomson dan Dunlop menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.

Bagaimana pengaruh roda terhadap kehidupan manusia di dunia?
Pengaruh roda terhadap kehidupan manusia di dunia yaitu sebagai alat transportasi, roda menyebabkan manusia semakin cepat dan mudah dalam melakukan perjalanan ke berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Hal tersebut kemudian mempengaruhi perdagangan.

Apa jasa Goodyear dan Dunlop terhadap kehidupan di dunia? Bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia?
Jasa Goodyear dan Dunlop terhadap kehidupan bangsa di dunia pada umumnya dan kehidupan rakyat Indonesia pada khususnya adalah mempermudah transportasi dari satu kota ke kota lain atau bahkan dari satu pulau ke pulau lain, dengan adanya pesawat terbang.

Sejarah penemuan roda dapat digambarkan dengan garis waktu seperti pada gambar di bawah ini.
roda
Berdasarkan garis waktu di atas, pengaruh roda terhadap perkembangan kehidupan masyarakat di Indonesia dalam aspek: sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya. Berikut ini pengaruh ditemukannya roda.
No.AspekSebelum ditemukan Roda (dulu)Setelah ditemukan Roda
(sekarang)
1.SosialMasyarakat mengalami kesulitan ketika akan bepergianMasyarakat dapat pergi ke berbagai tempat.
2.EkonomiHasil produksi tidak dapat dipasarkan ke luar daerahTransportasi hasil produksi menjadi lebih mudah bahkan bisa melakukan impor dan ekspor
3.BudayaBudaya yang ada masih belum bercampur dengan budaya asing.Budaya dari luar mulai masuk dan memperkaya budaya nasional.
4.PendidikanAnak-anak  mengalami kesulitan ketika harus bersekolah yang lokasinya jauh dari rumah.Pendidikan dapat dinikmati oleh seluruh siswa karena adanya alat transportasi yang baik.

Kesimpulan :
Dengan ditemukannya roda kegiatan transportasi menjadi lebih mudah. Kemudahan transportasi mempengaruhi perkembangan aspek sosial, budaya, pendidikan dan ekonomi masyarakat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:03 PM

4 komentar:

  1. trims, niai sy jadi bagus, dn sy menyekesaikan PR lbh cpt selesai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tks ya kak mudah mudahan nilai saya jadi bagus karena terbantu sama kakak

      Delete
  2. Tks kak semoga nilai saya bagus tks kak

    ReplyDelete
  3. trims,sy menyekesaikan PR lbh cpt selesai :)

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....