Home » » Pengaruh Olahraga Terhadap Kehidupan Masyarakat

Pengaruh Olahraga Terhadap Kehidupan Masyarakat

Istilah olahraga mengandung arti akan adanya sesuatu yang berhubungan dengan peristiwa mengolah yaitu mengolah raga atau mengolah jasmani. Dari berbagai pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa olahraga adalah kegiatan-kegiatan yang bersifat fisik mengandung sifat permainan serta berisi perjuangan dengan diri sendiri dengan orang lain atau konfrontasi dengan unsur alam yang terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan kemampuan dan kesenangan. Dalam kehidupan manusia tidak terlepas dari aktivitas sehari-hari, salah satunya adalah aktivitas fisik yang disebut dengan olahraga. Olahraga merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh setiap orang dengan kemampuan, kesenangan, dan kesempatan.

Salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat adalah sepakbola. Tidak hanya di Indonesia saja, namun hampir di seluruh belahan dunia menggemari olahraga yang satu ini. Ada beberapa alasan mereka menggemari permainan sepakbola. Pertama, peraturan sepakbola yang sederhana. Tak sulit memahami peraturan-pertauran yang ada di pertandingan sepakbola. Kedua, tidak hanya mengandalkan otot. Sepakbola bukan tentang siapa yang memiliki kekuatan otot dan stamina yang paling kuat. Strategi, skill, mental dan kerjasama tim menjadi hal yang lebih penting dalam sepakbola. Ketiga, sepakbola bisa dimainkan dimana saja. Selama ada bola dan lahan lapangan kita bisa bermain sepakbola dimana saja.
sepak bola
Ternyata olahraga sepakbola memiliki berbagai pengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Pengaruh sepakbola dapat kita kelompokkan dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya. Berikut ini penjelasan mengenai pengaruh sepakbola terhadap kehidupan masyarakat.
No.Bidang KehidupanPengaruh
1.Sosial
  1. Membina kerja sama. Olahraga sepakbola bukan semata-mata kegiatan individu, tetapi juga kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama-sama.
  2. Belajar bergaul. Tidak setiap orang dapat bergaul dengan orang lain. Melalui kegiatan olahraga secara bersama-sama atau melibatkan orang banyak tidak menutup kemungkinan seseorang akan bergaul dengan orang lain
  3. Menumbuhkan semangat kebangsaan bagi rakyat Indonesia, meningkatkan rasa persatuan dan cinta tanah air, misalnya saat timnas bermain di kancah dunia.
  4. Munculnya komunitas supporter kesebelasan sepakbola yang mempunyai solidaritas dan kepedulian dalam komunitas tersebut.
2.Ekonomi
  1. Sebagai negara penyelenggara misalnya piala dunia dapat memperoleh keuntungan dari tingginya kunjungan para turis dan meningkatnya konsumsi masyarakat.
  2. Seorang pemain sepakbola kadang-kadang justru lebih populer atlet yang lain. Kepopuleran seorang pemain akhirnya berdampak ekonomi, karena popularitasnya bisa ikut mendorong penjualan merchandise dan penjualan pertandingan suatu klub di televisi.
  3. Sepakbola sebagai olahraga dengan peminat terbesar di seluruh dunia, tidak dapat dipungkiri bahwa sepakbola saat ini sudah menjadi ladang bisnis. Olahraga sepakbola mempunyai potensi untuk sebagai industri yang potensial untuk mendapatkan sponsor iklan pada pakaian, alat olahraga, siaran olahraga, suplemen olahraga dan lapangan.
  4. Selain pemain sepakbola, berbagai profesi lain juga turut terlibat dan menikmati uang dari sebuah industri sepakbola. Profesi tersebut di antaranya adalah pelatih, wasit, ofisial pertandingan, komentator, agen pemain, pemandu bakat, wartawan olahraga, akuntan, dokter dan masih banyak lagi..
3.Budaya
  1. Olahraga sepakbola menumbuhkan budaya sportif, kerjasama, dan saling menghargai.
  2. Bermain sepakbola merupakan bagian dari budaya yang positif di masyarakat Indonesia.
  3. Tumbuh budaya "nonton bareng" saat pertandingan sepakbola dapat mempererat tali persaudaraan.
  4. Sepakbola merupakan olahraga prestasi (olahraga kompetitif) yang menekankan pada pencapaian prestasi, kemenangan, atau keunggulan dalam perlombaan atau pertandingan.
4.Pendidikan
  1. Sepakbola membutuhkan lembaga pendidikan sehingga didirikan sekolah-sekolah sepakbola.,
  2. Sepakbola banyak diminati sehingga sepakbola menjadi sebuah kegiatan ekstrakurikuler yang diajarkan di sekolah.
  3. Dengan rajin bermain sepakbola menjadi sehat sehingga dapat bersemangat dalam menuntut ilmu.
  4. Sepakbola menjadi objek penelitian untuk sumber pembelajaran dan pendidikan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....