Home » » Penemuan Listrik dan Manfaatnya

Penemuan Listrik dan Manfaatnya

Listrik adalah salah satu penemuan yang sangat penting. Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan potensi yang berbedabeda. Salah satu cara mensyukuri potensi yang kita miliki adalah dengan cara mengembangkan secara maksimal agar bisa memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Kita diberi anugerah oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk berpikir. Dari pemikiran tersebut muncul gagasan-gagasan kreatif untuk menemukan hal baru. Kita sepatutnya bersyukur atas anugerah tersebut.

Diagram "T"
Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut. Menurutmu, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik? Untuk membuat laporan silahkan gunakan Bagat T. Bagan T atau T-Chart digunakan untuk membandingkan hal-hal seperti pro dan kontra. Ini disebut T-Chart karena untuk membuatnya, Anda hanya menggambar garis di bagian atas laman dan lain ke bawah tengah. Kemudian Anda daftar Pro di satu sisi dan kontra lain, atau apa pun lain informasi Anda ingin menggunakan bagan untuk.
Sebelum Ada ListrikSetelah Ada Listrik
  1. Waktu yang tersedia bagi manusia untuk menjalankan kegiatannya terbatas, karena bergantung pada penerangan matahari. 
  2. Kebutuhan tenaga manusia untuk menjalankan kegiatan juga lebih besar, karena belum terbantu oleh peralatan elektronik.
  3. Pertukaran informasi pun lebih lambat tanpa kehadiran media komunikasi yang mengandalkan listrik seperti televisi, radio, maupun komputer.
  1. Waktu yang tersedia bagi manusia tidak terbatas karena pada malam hari kita dapat menggunakan lampu sebagai penerangan. Jadi kegiatan dapat dilakukan kapan saja
  2. Kebutuhan tenaga manusia untuk menjalankan aktivitasnya lebih sedikit karena terbantu peralatan elektronik.
  3. Pertukaran informasi lebih cepat dengan bantuan alat komunikasi seperti handphone, televisi, radio maupun komputer dan internet.

Sebelum melakukan wawancara, jagalah sopan santun dan tata cara dalam melakukan wawancara (misalnya: mengucapkan salam, memperkenalkan diri, menggunakan kata-kata yang sopan, dan mengucapkan terima kasih).Lakukanlah wawancara dengan warga sekolah tentang berbagai benda yang menggunakan energi listrik dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. 
No.Benda yang Menggunakan Tenaga ListrikManfaat
1.Lampu listrikSumber penerangan
2.KomputerMempercepat pekerjan menghitung dan menulis
3.Pompa airMenyedot air dari sumur dan memasukan ke bak penampungan
4.Tape recorderMemutar musik yang ada dalam kaset.
5.TelevisiSarana hiburan dan sumber informasi

Baca teks berikut!
Saat ini, listrik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Coba bayangkan ketika belum ada listrik. Waktu yang tersedia bagi manusia untuk menjalankan kegiatannya terbatas, karena bergantung pada penerangan matahari. Kebutuhan tenaga manusia untuk menjalankan kegiatan juga lebih besar, karena belum terbantu oleh peralatan elektronik. Pertukaran informasi pun lebih lambat tanpa kehadiran media komunikasi yang mengandalkan listrik seperti televisi, radio, maupun komputer. Kini, setelah adanya listrik, manusia menjalani kehidupannya dengan lebih mudah.
listrik
Listrik dihasilkan oleh pembangkit dari berbagai sumber energi, seperti air, gas, angin, solar, dan panas bumi. Dari stasiun pembangkit, listrik akan melewati transformator penaik tegangan untuk kemudian dialirkan ke jalur transmisi melintas ke berbagai propinsi. Sampai di gardu induk, tegangan diturunkan dan diteruskan ke area perumahan melalui jalur-jalur distribusi. Transformator yang ada di tiang-tiang listrik akan menurunkan tegangan sebelum listrik dialirkan ke rumahmu. Kini, kamu dapat memanfaatkan listrik untuk memudahkan kegiatanmu sehari-hari. Namun, jangan lupa untuk menghemat penggunaan listrik, karena perjalanannya yang panjang hingga sampai di rumahmu tentu membutuhkan biaya yang besar.
Kesimpulan :Listrik merupakan bagian tak terpisahkan dari manusia. Dengan adanya listrik manusia dapat menjalani kehidupanya dengan mudah. Listrik dihasilkan oleh sumber listrik yang kemudian didistribusikan sampai ke rumah-rumah. Perjalanan yang jauh tersebut membutuhkan biaya yang besar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:14 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....