Home » » Membuat Dompet Dari Anyaman Kertas

Membuat Dompet Dari Anyaman Kertas

Seni anyaman adalah cabang dari seni rupa kriya. Anyaman seringkali dibuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan, namun serat plastik atau kertaspun juga dapat digunakan. Mengayam merupakan proses menyilangkan potongan-potongan kertas menjadi lembaran kuat dan bisa digunakan untuk membuat benda-benda fungsi pakai misalnya saja tas. Dalam proses pembuatan tas dari anyaman kertas ini teknik yang digunakan adalah teknik anyaman datar.

A. Alat dan Bahan
Proses pembuatan tas dari anyaman kertas dimulai dengan proses menganyam potongan kertas menjadi lembaran. Untuk membuat sebuah kerajinan tangan dengan teknik menganyam tentu memerlukan bahan dan juga beberapa peralatan yang akan mempermudah kita dalam membuat karya tersebut. Alat dan bahan tersebut harus dipersiapkan sebelum pembuatan anyaman dilakukan. Beberapa alat dan bahan yang digunakan merupakan bahan yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat anyaman kertas.
  1. Beberapa lembar kertas koran yang banyak ditemukan di sekitar kita. Bahan kertas koran ini merupakan bentuk pemanfaatan barang bekas..
  2. Gunting, fungsi dari alat ini adalah untuk merapikan sisa-sisa kertas pada anyaman,
  3. Cutter atau silet, Alat ini akan kita gunakan untuk memotong kecil-kecil lembaran kertas agar bisa dibuat anyaman.
  4. Pensil, digunakan untuk membuat pola kertas sesuai dengan bentuk anyaman yang akan dibuat.
  5. Penggaris, alat ini digunakan untuk membantu membuat pola garis agar lurus, selain itu pada proses pemotongan juga menggunakan penggaris agar kertas anyaman yang dipotong benar-benar lurus.
  6. Lem Kertas, lem digunakan untuk menempelkan bagian-bagian anyaman pada saat membentuk tas nantinya.

B. Langkah-langkah Membuat Tas dari Anyaman Kertas
Setelah alat dan bahan yang diperlukan sudah disiapkan semuanya, selanjutnya adalah proses membuat anyaman kertas. Berikut langkah-langkah untuk membuat anyaman sederhana dari kertas.
  1. Langkah pertama membuat anyaman adalah dengan membuat pola pada kertas koran yang akan digunakan. Buatlah garis-garis pada kertas koran dengan menggunakan pensil dan penggaris. Buat jarak antar garis dengan ukuran 1-1,5 cm. Untuk bagian tepi kertas sisakan jarak 2 cm agar potongan kertas tidak berantakan.
  2. Selanjutnya setelah selesai membuat garis pada kertas, potonglah kertas mengikuti garis yang telah dibuat dengan menggunakan cutter atau silet. Potonglah garis-garis tersebut dengan cara mengikuti tepi penggaris sehingga potongan rapi.
  3. Ambil kertas yang yang lainnya, lalu buat garis seperti pada kertas sebelumnya. Yang membedakan pada ptotngan kertas ini .dipotong tanpa meninggalkan sisa di bagian tepinya. Pemotongan dilakukan menggunakan gunting secara memanjang dengan lebar sekitar 1-1,5 cm.
  4. Langkah selanjutnya mulailah menganyam dengan motif anyaman kertas yang dikehendaki. Untuk awal-awal menggunakan motif anyaman kertas yang sederhana, setelah terbiasa baru membuat motif anyaman yang lebih sulit.
  5. Setelah selesai menganyam rapikan ujung-ujung kertas anyaman menggunakan gunting.
  6. Berikan lem lalu rekatkan pada bagaian tepi kertas. Hal ini dilakukan untuk mencegah anyaman agar tidak terlepas.
  7. Selanjutnya adalah proses melipat lembaran anyaman membentuk dompet. Proses melipat lembaran anyaman dilakukan dengan menggunakan pola jaring-jaring balok. Untuk memudahkan proses melipat dapat dilakukan dengan membuat garis-garis pada anyaman membentuk jaring-jaring balok. Sisakan sekitar 2 cm pada tepi jaring-jaring untuk menyatukan bagian-bagian nantinya. Pada sisi yang akan dijadikan tutup ukuran ditabah agar ketika disatukan nantinya terdapat sisa yang berfungsi sebagai tutup dan nantinya akan berfungsi sebagai pengunci dompet.
  8. Setelah garis selesai dibuat potonglah jaring-jaring balok, tidak semua sisi balok dipotong untuk memudahkan dalam membentuk dompet.
  9. Satukan kembali jaring-jaring balok menggunakan lem, lakukan dengan rapi agar dompet yang terbentuk terlihat rapi.
  10. Nah selesai sudah dompet yang dibuat.
tas dari anyaman kertas

Dari kegiatan membuat dompet dari anyaman kertas berarti telah melakukan dua kegiatan yaitu daur ulang dan membuat jaring-jaring balok. Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna,
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:51 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....