Home » » Globalisasi, Menyatukan Negara-Negara di Asia Tenggara

Globalisasi, Menyatukan Negara-Negara di Asia Tenggara

Negara-negara Asia Tenggara bekerjasama melalui organisasi Asean yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai. Selain bekerjasama dalam organisasi Asean negara-negara tersebut juga bekerjasama dengan berbagai bidang.

Kerja sama suatu negara dengan negara lain sangat penting dilakukan. Suatu negara tidak mungkin mampu mencukupi kebutuhannya sendiri. Terlebih pada masa kini, globalisasi mengharuskan setiap negara berhubungan dan bekerja sama dengan negara lain. Bidang kerja sama yang telah dilakukan Indonesia dengan negara lain, misalnya bidang ekonomi, politik, keuangan, perdagangan, dan keamanan. Berikut ini beberapa contoh kerjasama Indonesia dengan negara tetangganya.
No.BidangNama negara tetanggaBentuk kerjasama
1.OlahragaMyanmar, Laos, Vietnam, Kamboja Thailand, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Timor Leste.SEA Games adalah sebuah ajang olahraga yang selalu digelar setiap 2 tahun sekali di negara-negara Asia Tenggara. Dan sesuai dengan namanya, peserta SEA Games adalah negara-negara yang berada di Asia Tenggara.   pada mulanya berawal dari sebuah ajang olah raga bernama “Southeast Asian Peninsular Games” atau Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara yang disingkat dengan SEAP Games.
2.PendidikanMalaysia, Brunei Darussalam, Singapura
  1. Dalam bidang pendidikan, antara Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan dengan mengadakan pertukaran pelajar setiap tahunnya.
  2. Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB) telah mengikuti pula pendidikan dan latihan militer di Indonesia, antara lain dengan berpartisipasi dalam pendidikan reguler Sesko TNI AD dan pendidikan militer reguler lainnya di Indonesia.
  3. Dalam bidang pendidikan, antara Indonesia dan Singapura menjalin hubungan dengan mengadakan pertukaran pelajar setiap tahunnya. Selain itu banyak siswa Indonesia yang menimba ilmu di Singapura.
3.EkonomiSingapura, Malaysia, Pilipina
  1. Indonesia mengekspor minyak mentah,timah,gas alan,sayur-sayuran,daging,dan kayu lapis ke singapura.
  2. Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengentaskan pengangguran. Investor dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit.
  3. Indonesia mengekspor minyak bumi, baja, besi, dan alumunium ke Filipina.Sementara Filipina mengekspor gla dan kopra ke Indonesia.
4.BudayaMalaysia, Singapura, Vietnam
  1. Pertukaran acara televisi pernah dilakukan antara kedua negara, misalnya Titian Muhibah dan Senada Seirama. 
  2. Dilakukan koordinasi sosial budaya dan kesenian untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia di Singapura dalam bentuk misi kesenian dan studi banding dari Indonesia. 
  3. Melakukan penelitian arkeologi bersama bertajuk ”Kebudayaan Dong Son dan Persebarannya” di masing-masing negara, penelitian reguler bertajuk Consultative Workshop Archeology and Environmental Study on Dong Son Culture” yang mempertemukan peneliti arkeologi dari Vietnam dan Indonesia
sea games
Globalisasi, Menyatukan Negara-Negara di Asia Tenggara
Kontingen Indonesia menduduki rangking pertama perolehan medali dari sepuluh negara yang mengikuti pesta olah raga terbesar di Asia Tenggara.

Ketika lagu kebangsaan berkumandang di saat pembagian medali, terasa getar haru di dalam hati. Rasa syukur dan bangga terlihat di wajah setiap peserta.

Stadion Mypydthaw menjadi saksi kemenangan kontingen Pencak Silat Indonesia. Lima emas, empat perak dan tiga perunggu, mengantar tim Indonesia menjadi juara umum pertandingan Pencak Silat di Sea Games ke 27 di Myanmar pada tahun 2013.

Pesta olahraga asia Tenggara (Southeast Asian Games) atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan negara-negara Asia Tenggara.

1. Apa yang kamu ketahui tentang Sea Games?
Pesta olahraga asia Tenggara (Southeast Asian Games) atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan negara-negara Asia Tenggara.

2. Adakah manfaat globalisasi dalam bidang olahraga? Jelaskan dengan singkat!
Globalisasi dalam bidang olahraga mampu menyatukan negara-negara di suatu kawasan menjadi satu kesatuan wilayah. 

3. Apa pengaruh kemenangan kontingen Pencak Silat Indonesia terhadap keutuhan wilayah nusantara? Ketika lagu kebangsaan berkumandang di saat pembagian medali, terasa getar haru di dalam hati. Dengan dikumandangkannya lagu Indonesia raya dapat membangkitkan nasionalisme rakyat Indonesia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....