Home » » Komponen dan Material Produk Elektronika Kendali Otomatis

Komponen dan Material Produk Elektronika Kendali Otomatis

Robot didesain agar memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Semakin kompleksnya pekerjaan manusia dan terkadang memiliki resiko yang membahayakan, maka dibuat mesin yang dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Teknologi robot mengikuti parameter yang terkait dengan proses kerja robot meliputi beban kerja, siku, waktu siklus, ketelitian, dan aktuasi pergerakan siku. Robot yang dibuat apakah termasuk membutuhkan parameter tingkat ringan, sedang, atau tingkat tinggi sesuai dengan kebutuhan.

Pada tahap perencanaan ini skema disiapkan setelah menemukan ide atau gagasan dan sesuaikan dengan minat untuk membuat robot sesuai dengan potensi yang ada di sekitar. Tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan produk elektronika kendali otomatis yang lainnya. Dalam proses perencanaan juga ditentukan ukuran robot, struktur material, cara kerja robot, sistem mekanik, dan metode pengontrolan.

Robot Line Follower
Line Follower Robot adalah jenis robot didesain untuk bekerja secara autonomous dan memiliki kemampuan dapat mendeteksi dan bergerak mengikuti (follows) garis yang ada di permukaan. Line follower robot dapat didesain berbagai bentuk diantaranya bentuk android robot (menyerupai manusia), arm robot (berupa lengan untuk mengambil dan memindahkan barang), walker robot (dilengkapi dengan kaki), rover robot (dibuat untuk keperluan penjelajahan), turtle robot (bentuk menyerupai kura-kura), vehicle robot (dilengkapi dengan roda). Robot ini bekerja berdasarkan pada pendeteksian warna permukaan yang memiliki kemampuan memantulkan cahaya. Warna putih cenderung merefleksikan cahaya lebih banyak dibanding dengan warna gelap/ hitam. 

Bergeraknya robot ini mengikuti panduan garis atau lintasan jalur yang dibuat dengan warna yang berbeda, misalnya warna hitam pada permukaan putih atau sebaliknya. Robot yang bergerak secara otomatis mengikuti garis, dan untuk mengenali pola garis, digunakan sensor cahaya yang dapat mendeteksi cahaya terang dan gelap yang berada di bawahnya. Sensor yang digunakan adalah sensor inframerah yang disebut fototransistor.

Fototransistor bekerja ketika sinar inframerah dipancarkan pada objek dan cahaya tersebut dipantulkan (warna terang), berakibat pada mengalirnya arus dari kolektor ke emitor. Kolektor terhubung dengan ground sehingga tegangan mendekati 0 V dengan demikian transistor dalam kondisi o!.

Kolektor posisi terbuka, dan arus dari VCC mngalir melalui resistor ke rangkaian robot dan input memperoleh tegangan. Dalam pengembangannya, robot line follower menggunakan mikrokontroler. Berbeda dengan robot yang menggunakan fototransistor dimana bekerjanya berdasar pada gerbang logika, mikrokontroler memiliki fungsi-fungsi antara lain PID (Proportional Integral Derivative) digunakan untuk mengatur gerakan robot supaya lebih halus.

Ada dua macam robot line follower yaitu line follower biasa tanpa menggunakan program dan line follower dengan program microkontroler. Pada dasarnya cara kerjanya sama yaitu membedakan antara permukaan hitam dan putih. hanya saja yang menggunakan program microkontroler lebih komplek dan lebih sempurna jika di banding line follower yang tanpa menggunakan program.

Bahan Pembuatan Produk Elektronika Kendali Otomatis
Komponen dibedakan menjadi dua yaitu komponen untuk sistem mekanik dan sistem elektronik robot. Komponen dasar yang biasa digunakan dalam pembuatan robot antara lain dapat diperhatikan pada gambar berikut :

a. Material Bagian Elektronika
Elektronik bagi sebuah robot adalah sebagai organ-organ pendukung kerja bagi sistem yang lain. Komponen elektronik tambahan berupa :
No.KomponenNo.KomponenNo.Komponen
1.R1 100Ω6.R6 100Ω11.LED red 1-4, 4 buah
2.R2 1K7.R7-9 1 K12.Photographic Tube 2 buah
3.R3 1K8.Variabel Reisitor 500KΩ13.Kapasitor keramik C2 0,1 µF
4.R4 100Ω9.IC dan Socket 1 buah14.Electrolytic Capasitor C1 100µF
5.R5 1K10.Switch 1 buah15.transistor Tr1 dan Tr2

b. Material Bagian Mekanik
Mekanik robot adalah yang membangun tubuh robot. Beberapa komponen yang dibutuhkan untuk membuat tubuh robot antara lain sebagai berikut.
No.KomponenJumlahNoKomponenanJumlahNo.KomponenJumlah
1.M2 x 8
Screw
12 buah8.Universal
Wheels
1 buah15.Batteray box1 buah
2.M2 Nut12 bua.9.Black rubber
wheel
2 buah16.Fixed motor
plastic
2 buah
3.M3 x 8
screw
6 buah10.Main gear
50, cleputy
gear 12
2 buah17.Motor DC2 buah
4.M3 Nut6 buah11.Main gear
50, cleputy
gear 10
2 buah18.Fixed axis
plastic
1 buah
5.M3 x 5 Screw2 buah12.Gear (3)2 buah19.PCB1 buah
6.Tubular
Nut
4 buah13.Schacling
plastic
parts
2 buah20.Metal axis Ø
3 x 124 mm
1 buah
7.Kimi
screw
2 buah14.Black belt1 buah21.Metal axis Ø 3 x 78 mm 1 buah

3. Peralatan Pendukung
peralatan
  • Tang pemotong, digunakan untuk memotong kawat, kabel, kaki komponen
  • Tang lancip, digunakan untuk menjepit benda kerja, meluruskan kawat yang bengkok, menjepit logam panas karena penyolderan, benda kerja berukuran kecil
  • Bor tangan, digunakan untuk membuat lubang pada pekerjaan mekanik dalam pembuatan robot dengan diameter menyesuaikan dengan kebutuhan.
  • Bor tangan ukuran kecil, digunakan untuk membuat lubang PCB yaitu lubang-lubang yang digunakan untuk memasangkan kaki-kaki komponen elektronika
  • Mata bor, variasi mata bor beragam dan penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Gergaji, digunakan untuk memotong bahan dalam pekerjaan mekanik pembuatan robot
  • Obeng, digunakan untuk menguatkan dan mengendurkan screw pada posisi yang ditentukan
  • Solder, memanaskan kawat tenol/timah untuk memasang komponen elektronika
  • Setrika, digunakan sebagai alat sablon desain layout papan PCB
  • Palu, digunakan pada pekerjaan mekanik
  • Multitester, digunakan untuk mengukur parameter besaran listrik pada rangkaian elektronika. Terdapat dua jenis multitester yaitu jenis analog dan digital.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....