Home » » Memahami Struktur Teks Rekaman Percobaan

Memahami Struktur Teks Rekaman Percobaan

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin pernah menghadapi berbagai kendala dan masalah. Kendala dan masalah itu muncul ketika apa yang diinginkan tidak dapat berjalan dengan lancar. Dalam menghadapi kendala dan masalah itu diperlukan solusi untuk menyelesaikannya. Kendala dan masalah bukan hanya untuk dipikirkan, melainkan untuk dicari penyelesaiannya. Solusi dapat diperoleh melalui berbagai percobaan atau eksperimen. Pecobaan untuk mengatasi masalah yang dihadapi dapat dilakukan secara kreatif dan ilmiah. Cara untuk melakukan percobaan yang kreatif dan ilmiah harus dilalui dengan langkah-langkah yang runut dan benar. Melalui percobaan, akan menemukan hal-hal yang dapat dihargai orang. Bahkan, dapat dikenal banyak orang.

Pada bagian ini akan dibahas mengenai memahami dan mencermati teks rekaman percobaan dengan tema “Menemukan Solusi melalui Percobaan”. Melalui sebuah percobaan, akan dapat menemukan solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi. Jika teks rekaman percobaan yang berjudul “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana” tersebut dibaca dengan teliti, maka akan ditemukan beberapa bagian yang merupakan struktur teks rekaman percobaan.

Struktur Teks Percobaan
Teks rekaman percobaan adalah teks yang berisi rekaman sebuah percobaan yang telah dilakukan. Struktur teks merupakan bagian-bagian yang menjadi bangunan teks rekaman percobaan. Struktur dalam teks tersebut terdiri atas empat bagian, yaitu 1) tujuan serta alat dan bahan, 2) langkah-langkah, 3) hasil, dan 4) simpulan.
  1. Tujuan serta alat dan bahan di dalam teks tersebut merupakan latar belakang dari percobaan yang akan dilakukan. 
  2. Langkah-langkah merupakan cara atau metode yang digunakan untuk melakukan percobaan tersebut. 
  3. Hasil merupakan sesuatu yang didapat dari percobaan tersebut. 
  4. Simpulan merupakan pendapat akhir dari percobaan.

Perhatikan contoh teks rekaman percobaan di bawah ini.

StrukturKalimat
Tujuan serta
alat dan bahan
Guna mengamati benda-benda di langit tentu dibutuhkan alat yang canggih dan mahal yang disebut dengan teleskop. Teleskop merupakan sebuah teropong besar. Ilmu astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit merupakan ilmu yang tidak dapat dilepaskan dari teleskop. Hal ini pula yang membuat astronomi mengalami perkembangan yang tidak cukup baik bagi negara berkembang, karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahal dan berteknologi tinggi, padahal teleskop sederhana dapat dibuat dan pengamatan sederhana dapat dilakukan.

Berikut ini alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah teleskop sederhana:
  1. Lensa objektif LUP (kaca pembesar)/lensa cembung praktikum (biasa dijual di toko alat laboratorium) dengan diameter 5 cm.
  2. Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa) dengan panjang kira-kira 30 cm.
  3. Perkakas seperti gergaji kecil dan lem perekat.
  4. Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop) / bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.
Langkah-langkahAdapun cara pembuatan teleskop sederhana adalah seperti berikut.

Pertama, tentukan panjang badan teleskop.

Kedua, potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui.

Ketiga, letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi di ujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak di depan lensa okuler.

Keempat, pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa

Kelima, letakkan lensa okuler di perlupnya
HasilSetelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana sudah dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat bumi. Teleskop sederhana dan murah ini dapat kamu gunakan untuk mengamati benda-benda yang jaraknya cukup jauh.
SimpulanUntuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang super canggih dan mahal, kamu cukup menggunakan benda-benda yang mudah didapatkan. Sebelum melakukan pengamatan ada baiknya melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati.

Teks rekaman percobaan berbeda dengan teks prosedur. Dilihat dari strukturnya teks prosedur hanya terdiri atas tujuan dan langkah-langkah. Berbeda dengan teks prosedur, teks rekaman percobaan terdiri atas tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil, dan simpulan. Hal itu tergambar pada gambar berikut.
rekaman percobaan
Setelah membaca teks rekaman percobaan yang berjudul “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”, tentu timbul pemikiran untuk mencoba melakukan hal yang sama sehingga dapat menghasilkan teleskop yang selama ini dianggap sebagai benda yang mahal. Pembuatan teleskop sederhana tersebut tentu tidak begitu saja terjadi. Teleskop itu dapat dibuat melalui percobaan yang berulang-ulang. Percobaan yang gagal bukanlah akhir dari segalanya. Kegagalan harus dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan yang lebih baik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....