Home » » Mempraktikkan Prosedur Menerapkan Resep Makanan

Mempraktikkan Prosedur Menerapkan Resep Makanan

Teks Prosedur Kompleks adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah atau tahap-tahap atau yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Teks prosedur ini memiliki fungsi sosial menjelaskan bagaimana sesuatu tersebut bisa dibuat atau dilakukan dengan langkah-langkah yang urut. Struktur teks prosedur kompleks terdiri dari tujuan dan langkah-langkah. Tujuan merupakan penjelasan yang berisi mengenai tujuan atau hasil akhir yang nantinya akan dicapai jika seseorang tersebut mengikuti langkah-langkah yang ada pada teks. Sedangkan langkah-langkah berisi prosedur yang harus/wajib diikuti agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan tepat.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali ditemukan teks prosedur. Peranan teks prosedur dalam kehidupan sehari hari adalah untuk membantu atau memudahkan orang orang dalam melakukan sesuatu yang bertahap dan sesuai dengan prosedurnya. Beberapa contoh teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah cara membuat masakan dan makanan. Teks prosedur kompleks ini harus melewati langkah-langkah atau suatu peryaratan agar tujuan dapat tercapai. Apabila syarat-syarat tidak dipenuhi dan langkah-langkah yang diminta tidak ditempuhmaka tujuan tidak akan tercapai. Berikut ini beberapa teks prosedur membuat makanan.

Teks Prosedur Membuat Nasi Goreng
StrukturKalimat
TujuanNasi goreng juga dikenal sebagai masakan nasional Indonesia. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. Untuk membuat nasi goreng bahan yang diperlukan antara lain: nasi putih, telur, minyak goreng, cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, kecap manis, dan penyedap. Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan antara lain, wajan, sodet, piring, sendok, dan garpu. Untuk membuat nasi goreng, caranya gampang sekali. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
Langkah-langkahPertama, panaskan wajan diatas kompor, lalu masukan minyak goreng sekitar dua sendok makan, lalu panaskan wajan dengan api yang sedang.

Kedua, kocok telur lalu masukkan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Biarkan telur sampai matang.

Ketiga, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk hingga mengeluarkan aroma yang sedap.

Keempat, masukkan nasi putih, garam, penyedap, dan kecap manis ke dalam wajan dan aduk hingga merata. Apabila rasa belum sesuai dengan yang kita inginkan tambahkan kecap atau penyedap sesuai kebutuhan.

Kelima, angkat nasi goreng dari wajan taruh di atas piring yang sudah diberi garnish atau hiasan.

Nasi goreng sudah siap dihidangkan dan dapat dinikmati.

Teks Prosedur Membuat Teh Manis
StrukturKalimat
TujuanTeh manis adalah minuman yang terbuat dari larutan teh yang diberi pemanis, biasanya gula tebu. Variasi rasa manis pada minuman yang khas ini sangat merakyat di Indonesia. Selain disajikan menurut cara tradisional, teh manis juga banyak dikemas di dalam botol atau kotak. Untuk membuat es teh manis bahan yang diperlukan antara lain: teh celup, air panas, potongan es, dan gula pasir. Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan adalah sendok dan gelas. Untuk membuat es teh manis, caranya gampang sekali. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
Langkah-langkahPertama, siapkan gelas di atas meja. masukan air ke dalam gelas yang sudah di sediakan.

Kedua, masukan teh celup ke dalam air, angkat dan turunkan teh celup tersebut agar cepat larut ke dalam air. Setelah teh larut angkat kantong teh dari dalam air.

Ketiga, masukan gula pasir sesuai dengan kebutuhan lalu aduk menggunakan sendok agar gula cepat larut ke dalam air teh.

Keempat, masukkan potongan batu es ke dalam gelas.

Setelah gula larut ke dalam air, es teh manis siap dihidangkan dan dinikmati.

Teks Prosedur Membuat Rujak
StrukturKalimat
TujuanRujak buah merupakan salah satu makanan populer khas nusantara yang cukup digemari. Salah satu kreasi membuat resep sambal rujak buah yang enak, sedangkan buah-buah segar yang dipilih dapat disesuaikan dengan selera tentunya. Untuk membuat rujak buah bahan yang diperlukan antara lain: buah pepaya, buah apel, buah mangga, cabai, asam jawa, garam, air, gula jawa, dan kacang tanah. Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan adalah cobek, sendok, dan piring. Untuk membuat rujak buah, caranya gampang sekali. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
Langkah-langkahPertama, cucilah buah-buahan, kemudian kupas dan potong kecil-kecil buah-buahan yang akan dibuat rujak. Besar potongan kira-kira 1 cm.

Kedua, masukan biji kacang yang sudah digoreng, cabai secukunya, garam, asam jawa dan gula secukupnya ke dalam cobek.

Ketiga, haluskan bahan-bahan tersebut sampai halus, kemudaian tambahkan air putih secukupnya.

Keempat, masukkan potongan buaha-buahan ke dalam bumbu yang ada dalam cobek lalu aduk-aduk menggunakan sendok sampai bumbu merata.

Setelah buaha-buahan dan bumbu tercampur rata, angkat rujak dan masukan ke dalam piring. Rujak buah siap dihidangkan dan dinikmati.

Amatilah teks resep makanan tersebut. Selain tergolong ke dalam prosedur, teks tersebut memuat keterangan lain yang biasanya diletakkan pada bagian awal. Keterangan tersebut adalah bahan-bahan makanan yang harus disiapkan sebelum langkah-langkah memasak dilakukan. Lakukanlah praktik memasak untuk resep makanan yang disukai. Apabila menghasilkan masakan yang sesuai dengan yang diharapkan, berarti telah menguasai informasi tentang resep makanan tersebut dan telah memiliki keterampilan memasak jenis makanan yang dimaksud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:40 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....