Home » » Teks Prosedur Menjalankan Sebuah Pekerjaan

Teks Prosedur Menjalankan Sebuah Pekerjaan

Manusia bekerja karena macam-macam alasan atau tujuan. Alasan atau tujuan paling mendasar adalah untuk mencari nafkah, yaitu mendapatkan hal-hal mendasar yang kita butuhkan untuk bisa terus hidup, seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal. Tujuan bekerja yang lebih tinggi tingkatannya adalah untuk berkarier. Dengan bekerja, keahliannya digunakan setiap hari sehingga keahlian itu makin baik dan makin berkembang. Dia akan makin maju dan posisinya dalam pekerjaan pun makin meningkat. Itulah yang disebut dengan karier.

Jenis-Jenis Pekerjaan Jenis pekerjaan bermacam-macam. Semua pekerjaan harus dilakukan dengan sunguh-sungguh dan benar. Pekerjaan yang dilakukan dengan baik akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam melaksanakan pekerjaan tersebut biasanya dibutuhkan langkah-langkah atau urutan dalam melakukan pekerjaan. Agar pekerjaan yang dilakukan dapat berhasil diperlukan prosedur kerja. Prosedur berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk dapat melaksanakan pekerjaan tersebut dengan benar.

Salah satu jenis pekerjaan yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah pekerjaan merakit komputer. Merakit komputer merupakan kegiatan untuk menyatukan bagian-bagian komputer agar dapat digunakan secara utuh. Merakit komputer berarti menempatkan komponen-komponen komputer berada pada tempatnya sehingga dapat bekerja sebagaimana mestinya. Berikut ini beberapa contoh teks prosedur tentang cara merakit komputer..
StrukturKalimat
TujuanKomputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Komponen-komponen komputer dasatukan dengan cara dirakit, berikut ini langkah-langkah merakit sebuah komputer.
Langkah-langkahPertama, persiapan merakit komputer. Gunakan sarung tangan untuk menghindari kontak dengan barang elektronik, untuk menghindari konslet, Gunakan sandal untuk menghindari strum ringan.

Selanjutnya, siapkan wadah untuk menyimpan benda-benda kecil, kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan alat berupa obeng pipih.

Proses Perakitan Komputer. Langkah pertama dalam tahap perakitan yaitu pemasangan Mother board, pasangkan Motherboard pada casing. Setelah itu. memasang prosessor,  sebaiknya sebelumnya mempelajari kinerja slot prosesor, lihat tanda yang ada di atas prosessor dan yang ada pada prosesornya, jangan sampai prosessor terbalik dan pastikan prosessor yang anda gunakan sesuai dengan Motherboard).

Setelah itu, pemasangan heitsink  atau pendingin, biasanya ada salf yang di bubuhi di antara procesor dan Heitsink, di atasnya ada kopas yang di hubungkan dengan motherboard berfungsi mengalirkan udara panas dari motherboard.

Selanjutnya adalah pemasangan RAM, pastikan motherboard mendukung RAM, pasangkan dengan hati-hati dan jangan memasang ram ketika terhubung dengan listrik karena dapat merusak komponen yang lain.

Setelah komponen terpasang, pasangkan motherboard pada casing Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.

Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.

Pasangkan Power suply pada casing, dan colokan suply listrik, pada motherboard, CD, hard drive, Drive mempunyai kabel penghubung berupa SATA atau ATA (disertakan dalam pembelian hardrive) hubungkan kabel tersebut dari Driver (DVD,h ard disk, Flopy) ke motherboard dan jangan lupa slot yang dari power supply.

Card adavter atau biasanya disebut VGA, ada beberapa atau kebanyakan motherboard menggunakan option onboard (berarti VGA nya sudah ada di dalam motherboard) kalaupun tidak onboard, Pemasangan VGA sangat mudah, seperti kalanya memasang kabel yang lainya.

Pasang penutup casing dengan menggeser, sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding. Pasang konektor monitor ke port video card. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau port serial (tergantung jenis mouse). Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.

Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.

Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. Tekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:53 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....