Home » » Menganalisis Teks Berita

Menganalisis Teks Berita

Menganalisis teks berita adalah kegiatan penyelidikan (meneliti/memeriksa) terhadap suatu teks berita, dan menganalisis merupakan kegiatan melakukan analisis. Di dalam menganalisis teks berita ada beberapa lagkah yang perlu diperhatikan yaitu struktur, isi, dan bahasa. Struktur teks berita terdiri dari orientasi, peristiwa, dan sumber berita. Orientasi berita, merupakan pembuka tentang hal yang akan diberitakan. Peristiwa, merupakan tahap inti dari berita. Pada tahap ini berita dinarasikan sedemikian rupa hingga tersaji beberapa fakta yang dimunculkan kemudian. Sumber Berita, sumber berita tidak selalu berada di akhir berita, ia bisa berada di dalam berita itu sendiri.

Unsur kebahasaan teks berita antara lain adalah adanya  konjungsi, keterangan, verba transitif, dan verba pewarta. Teks berita merupakan teks yang berisi tentang segala yang terjadi di dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Berita berisi fakta, tetapi tidak semua fakta diangkat menjadi berita. Dengan teks berita kita dapat memperoleh berbagai informasi dari berbagai media. Bacalah secara teliti teks yang berjudul “Junta Izinkan Yingluck Tinggalkan Thailand” berikut ini, kemudian jawablah pertanyaannya dengan cermat.

Junta Izinkan Yingluck Tinggalkan Thailand
No.StrukturKalimat
1.OrientasiYingluck mematuhi aturan junta untuk tidak berkecimpung dalam dunia politik.
2.PeristiwaJunta militer Thailand mengizinkan mantan perdana menteri Yingluck Shinawatra bepergian ke luar negeri. Menurut militer Thailand, izin ini dikeluarkan setelah Yingluck dinilai mematuhi perintah untuk tidak berkecimpung di dunia politik Thailand.

“Karena tidak pernah masuk daftar buron, Yingluck dipersilakan kembali ke dalam negeri seusai bepergian,” kata juru bicara militer Thailand, Kolonel Winthai Suvaree, dalam konferensi pers kemarin.

Jenderal Teerachai Nakwanit, pemimpin militer wilayah Bangkok, menyebutkan Yingluck akan bepergian ke ibu kota Prancis, Paris, pada 20 Juli—10 Agustus. Di Paris, Yingluck dijadwalkan menghadiri perayaan ulang tahun kakaknya, Thaksin Shinawatra, pada 26 Juli mendatang.

Thaksin, yang akan berusia 65 tahun, terpaksa menyingkir dari negaranya dan tinggal di luar negeri setelah pemerintahannya dilengserkan lewat kudeta pada 2006. Saat itu Thaksin menjabat perdana menteri.

Dengan keluarnya izin dari junta, untuk pertama kalinya perempuan berusia 47 tahun itu bepergian ke luar negeri sejak pemerintahannya dijatuhkan lewat putusan Mahkamah Konstitusi pada 22 Mei lalu. Junta militer mengambil alih pemerintahan setelah aksi protes dua kubu, pro-Yingluck dan anti-Yingluck, berlarut-larut tanpa ada jalan keluar.

Yingluck dan sejumlah anggota kabinet sempat ditahan meski kemudian dibebaskan dengan sejumlah persyaratan. Salah satunya adalah tidak boleh meninggalkan negara tanpa izin junta. Kini Yinluck menghadapi tuduhan kelalaian atas tugasnya dalam menangani program subsidi beras yang kerap menjadi perdebatan di Negeri Gajah Putih.

Hingga saat ini, junta belum memastikan jadwal pemilihan pemerintahan baru setelah Yingluck dilengserkan. Sedikitnya 28 orang meninggal dalam aksi protes anti-pemerintahan Yingluck. Sebagai pemimpin perempuan pertama Thailand, Yingluck menuai protes kelompok Kaus Kuning karena dinilai berusaha mengembalikan kedudukan abangnya melalui beleid amnesti.
(Sumber: Koran Tempo, Jumat, 18 Juli 2014, halaman 31)
3.Sumber beritaJuru bicara militer Thailand, Kolonel Winthai Suvaree.
Pemimpin militer wilayah Bangkok Jenderal Teerachai Nakwanit
Junta Militer Thailand

1. Urutan Peristiwa
Teks yang berjudul “Junta Izinkan Yingluck Tinggalkan Thailand” berisi berita tentang Junta militer Thailand yang mengizinkan mantan perdana menteri Yingluck Shinawatra bepergian ke luar negeri. Urutan peristiwa yang ada di dalam teks tersebut seperti pada tabel di bawah ini.

No.PeristiwaJunta Izinkan Yingluck Tinggalkan Thailand
1.Urutan peristiwa 1Junta militer Thailand mengizinkan mantan perdana menteri Yingluck Shinawatra bepergian ke luar negeri.
2.Urutan peristiwa 2Menurut militer Thailand, izin ini dikeluarkan setelah Yingluck dinilai mematuhi perintah untuk tidak berkecimpung di dunia politik Thailand.
3.Urutan peristiwa 3“Karena tidak pernah masuk daftar buron, Yingluck dipersilakan kembali ke dalam negeri seusai bepergian,” kata juru bicara militer Thailand, Kolonel Winthai Suvaree, dalam konferensi pers kemarin.
4.Urutan peristiwa 4Jenderal Teerachai Nakwanit, pemimpin militer wilayah Bangkok, menyebutkan Yingluck akan bepergian ke ibu kota Prancis, Paris, pada 20 Juli—10 Agustus.
5.Urutan peristiwa 5Di Paris, Yingluck dijadwalkan menghadiri perayaan ulang tahun kakaknya, Thaksin Shinawatra, pada 26 Juli mendatang.
6.Urutan peristiwa 6Thaksin, yang akan berusia 65 tahun, terpaksa menyingkir dari negaranya dan tinggal di luar negeri setelah pemerintahannya dilengserkan lewat kudeta pada 2006.
7.Urutan peristiwa 7Saat itu Thaksin menjabat perdana menteri.
8.Urutan peristiwa 8Dengan keluarnya izin dari junta, untuk pertama kalinya perempuan berusia 47 tahun itu bepergian ke luar negeri sejak pemerintahannya dijatuhkan lewat putusan Mahkamah Konstitusi pada 22 Mei lalu.
9.Urutan peristiwa 9Junta militer mengambil alih pemerintahan setelah aksi protes dua kubu, pro-Yingluck dan anti-Yingluck, berlarut-larut tanpa ada jalan keluar.
10.Urutan peristiwa 10Yingluck dan sejumlah anggota kabinet sempat ditahan meski kemudian dibebaskan dengan sejumlah persyaratan.
11.Urutan peristiwa 11Salah satunya adalah tidak boleh meninggalkan negara tanpa izin junta.
12.Urutan peristiwa 12Kini Yinluck menghadapi tuduhan kelalaian atas tugasnya dalam menangani program subsidi beras yang kerap menjadi perdebatan di Negeri Gajah Putih.
13.Urutan peristiwa 13Hingga saat ini, junta belum memastikan jadwal pemilihan pemerintahan baru setelah Yingluck dilengserkan.
14.Urutan peristiwa 14Sedikitnya 28 orang meninggal dalam aksi protes anti-pemerintahan Yingluck.
15.Urutan peristiwa 15Sebagai pemimpin perempuan pertama Thailand, Yingluck menuai protes kelompok Kaus Kuning karena dinilai berusaha mengembalikan kedudukan abangnya melalui beleid amnesti.

2. Keterangan dan Konjungsi
Teks berita banyak menggunakan keterangan dan konjungsi. Baca dan amatilah bagian-bagian berikut. Pada paragraf di bawah ini, konjungsi dicetak tebal dan adverbia dicetak miring.
  1. Junta militer Thailand mengizinkan mantan perdana menteri Yingluck Shinawatra bepergian ke luar negeri. Menurut militer Thailand, izin ini dikeluarkan setelah Yingluck dinilai mematuhi perintah untuk tidak berkecimpung di dunia politik Thailand.
  2. Karena tidak pernah masuk daftar buron, Yingluck dipersilakan kembali ke dalam negeri seusai bepergian,” kata juru bicara militer Thailand, Kolonel Winthai Suvaree, dalam konferensi pers kemarin.
  3. Jenderal Teerachai Nakwanit, pemimpin militer wilayah Bangkok, menyebutkan Yingluck akan bepergian ke ibu kota Prancis, Paris, pada 20 Juli—10 Agustus. Di Paris, Yingluck dijadwalkan menghadiri perayaan ulang tahun kakaknya, Thaksin Shinawatra,pada 26 Juli mendatang.
Setelah membaca dan mencermati bagian yang dicetak tebal dan digarisbawahi pada soal nomor (2), kerjakanlah tugas ini. Baca, cermati, dan beri tanda (cetak tebal untuk konjungsi dan cetak miring untuk adverbia) pada kalimat berikut.
  1. Thaksin, yang akan berusia 65 tahun, terpaksa menyingkir dari negaranya dan tinggal di luar negeri setelah pemerintahannya dilengserkan lewat kudeta pada 2006. Saat itu Thaksin menjabat perdana menteri.
  2. Dengan keluarnya izin dari junta, untuk pertama kalinya perempuan berusia 47 tahun itu bepergian ke luar negeri sejak pemerintahannya dijatuhkan lewat putusan Mahkamah Konstitusi pada 22 Mei lalu. Junta militer mengambil alih pemerintahan setelah aksi protes dua kubu, pro-Yingluck dan anti-Yingluck, berlarut-larut tanpa ada jalan keluar.
  3. Yingluck dan sejumlah anggota kabinet sempat ditahan meski kemudian dibebaskan dengan sejumlah persyaratan. Salah satunya adalah tidak boleh meninggalkan negara tanpa izin junta. Kini Yinluck menghadapi tuduhan kelalaian atas tugasnya dalam menangani program subsidi beras yang kerap menjadi perdebatan di Negeri Gajah Putih.
  4. Hingga saat ini, junta belum memastikan jadwal pemilihan pemerintahan baru setelah Yingluck dilengserkan. Sedikitnya 28 orang meninggal dalam aksi protes anti-pemerintahan Yingluck. Sebagai pemimpin perempuan pertama Thailand, Yingluck menuai protes kelompok Kaus Kuning karena dinilai berusaha mengembalikan kedudukan abangnya melalui beleid amnesti.

3. Verba
Bacalah kembali teks “Junta Izinkan Yingluck Tinggalkan Thailand” di atas. Temukan verba transitif dan verba pewarta yang ada dalam teks tersebut. Verba transitif adalah verba yang memerlukan dua nomina, satu sebagai subjek dan satu lagi sebagai objek dalam kalimat aktif. Objek itu dapat berfungsi sebagai subjek dalam kalimat pasif. Isikan ke kolom berikut ini.

ParagrafVerba TransitifVerba Pewarta
1mematuhi-
2mengizinkan, mematuhi-
3-Kata
4menyebutkan, menghadiri-
5menyingkir, menjabat-
6mengambil alih-
7meninggalkan, menghadapi, menangani,-
8memastikan, menuai, mengembalikan-
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....