Home » » Mengolah Data Teks Laporan

Mengolah Data Teks Laporan

Komodo merupakan salah satu hewan langka yang terdapat di Indonesia. Komodo dinyatakan sebagai satwa langka karena jumlah populasinya yang sedikit. Bagi penduduk asli pulau Komodo, hewan ini disebut juga ora. Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Komodo hidup di padang rumput kering yang terbuka, sabana dan hutan tropis. Mereka aktif pada siang hari walaupun kadang-kadang aktif pada malam hari.

Komodo adalah hewan karnivora, yang berarti mereka hewan lainnya. Mereka adalah pemburu yang handal dan bisa makan mangsa yang sangat besar. Sebagai hewan karnivora, makanan utama komodo tentunya adalah daging atau bangkai daging hewan lainnya seperti mamalia kecil, burung dan telurnya, monyet, babi hutan, rusa, kambing, bahkaan kuda dan kerbau. Komodo juga kanibal dan gemar memangsa daging bayi komodo atau komodo yang bertubuh lebih kecil. Berikut ini teks laporan tentang Komodo.

Komodo
  1. Tahukah kalian hewan melata apakah yang paling besar? Hewan itu adalah komodo. Hewan itu hidup di semak-semak belukar dan di daerah hutan di sejumlah pulau di Indonesia.
  2. Komodo adalah hewan melata terberat di dunia yang mempunyai berat 100 kg atau lebih. Komodo terbesar yang pernah diukur mempunyai panjang lebih dari 3 meter dan berat 166 kg, tetapi ukuran komodo rata-rata yang hidup secara liar adalah sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.
  3. Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna abu-abu, moncong yang lancip, tungkai lengan yang kuat, dan ekor yang berotot. Komodo menggunakan indra penciuman yang tajam untuk mendeteksi keberadaan bangkai hewan yang terletak beberapa kilometer di kejauhan. Komodo memburu hewan melata lainnya, seperti hewan mamalia yang besar, bahkan kadang-kadang bertindak sebagai hewan kanibal.
  4. Hampir semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi. Ketika komodo sedang makan, gusinya berdarah dan menjadi media ideal bagi berkembangnya bakteri yang berbahaya. Bakteri yang hidup dalam air liur komodo menyebabkan darah korban yang digigit keracunan. Komodo akan menggigit hewan mangsanya, lalu membuntutinya sampai hewan itu lemas tidak berdaya untuk dibawa pergi.
  5. Spesies hewan melata ini terancam punah. Kenyataan itu, antara lain, disebabkan oleh kegiatan perburuan yang tidak bertanggung jawab, terbatasnya hewan yang menjadi mangsanya, dan habitatnya yang rusak.

Kalimat yang sesuai dan tidak sesuai dengan teks diatas adalah sebagai berikut.
No.Ciri KomodoSesuaiTidak Sesuai
1.Komodo adalah hewan melata terbesar dan terberat di dunia.-
2.Panjang komodo secara rata-rata adalah sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.-
3.Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna gelap.-
4.Komodo mempunyai kepala yang lancip dan ekor yang panjang.-
5.Komodo mempunyai indra penciuman yang tajam.-
6.Komodo dapat bertindak sebagai pemakan sesama.-
7.Gusi komodo menutup hampir semua bagian giginya-
8.Komodo mempunyai air liur yang tidak berbahaya.-
9.Komodo hampir punah yang, antara lain, disebabkan oleh kematian sebagai akibat dari perkelahian.-
10.Perburuan terhadap komodo dapat mempercepat kepunahan komodo.-

Teks laporan tentang Komodo di atas termasuk teks laporan karena jika dilihat dari ciri-ciri teks laporan maka ditemukan hal-hal sebagai berikut.
  1. Teks laporan sering dimulai dengan kalimat definisi tentang penggolongan atau klasifikasi. Pada teks tersebut terdapat definisi tentang Komodo yaitu Komodo adalah hewan melata terberat di dunia yang mempunyai berat 100 kg atau lebih.
  2. Dalam laporan observasi sering digunakan kelompok nomina (kata benda) dengan penjenis dan kelompok nomina dengan pendeskripsi. Contoh nomina dan penjenis dintaranya : hewan kanibal, hewan melata. 
  3. Sesuai fakta. Dalam teks laporan tersebut informasi harus disajikan sesuai dengan data atau fakta yang didapatkan dari observasi atau pengamatan.
  4. Bersifat global. Dalam laporan tersebut, informasi disampaikan secara global atau menyeluruh.

Struktur teks Komodo
  1. Pernyataan umum atau klasifikasi berisikan pernyataan umum atau gambaran global mengenai apa yang akan dibahas dalam teks tersebut yaitu hewan Komodo
  2. Anggota/aspek yang dilaporkan berisi rincian atau gambaran khusus mengenai Komodo. Rincian tentang komodo antara lain ciri, kebiasaan Komodo.

Dapatkah urutan paragraf 3 dan 4 dipertukarkan? Jawabannya adalah tidak karena teks laporan merupakan yang memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Paragraf ketiga merupakan ciri bagian luar sedngkan paragraf 4 ciri bagian dalam. sehingga kita harus mengetahui sisi luar, baru  dilanjutkan ke sisi dalam. Teks laporan berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan sub-subkelas yang ada di dalamnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:19 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....