Home » » Mengamati Teks Laporan yang Ideal

Mengamati Teks Laporan yang Ideal

Teks laporan disebut juga teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Teks laporan sering dianggap sama dengan teks deskripsi. namun ada perbedaan diantara kedua teks tersebut. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya, yaitu bahwa teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual. Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan ciri-ciri setiap jenis pada umumnya. Teks laporan berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan sub-subkelas yang ada di dalamnya.

Ciri-ciri struktur teks laporan yang baik adalah disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan. Tahap pernyataan umum atau klasifikasi merupakan semacam pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasi berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan. Perhatikan bahwa kriteria itu ternyata digunakan untuk membedakan kelas dan subkelas.

Sebuah teks laporan dikatakan ideal apabila memiliki struktur teks yang lengkap, memanfaatkan konjungsi yang tepat, pengelompokkan kata yang tepat, memfungsikan kelompok kata dan kata sesuai keperluan Bacalah teks pendek yang berjudul “Sistem Peredaran Darah Manusia” berikut ini. Teks ini dipilih untuk melaporkan ciri makhluk hidup yang terdapat pada manusia.

SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA
  1. Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah, dan jantung. Semua itu dapat diperinci sebagai berikut.
  2. Darah adalah cairan merah yang kental. Terdapat sekitar 3,5 liter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi golongan A, B, O, dan AB.
  3. Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Darah pada pembuluh arteri mengandung oksigen. Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit. Pembuluh darah jenis ini memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Adapun pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil.
  4. Jantung adalah organ yang berbentuk seperti kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam. Jantung merupakan organ yang tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik. Rara-rata jantung mempunyai ukuran panjang kirakira 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. Berat jantung sekitar 300 gram.

Struktur Teks
StrukturKalimat
Pernyataan umum
atau klasifikasi
Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah, dan jantung. Semua itu dapat diperinci sebagai berikut.
Anggota/aspek yang
dilaporkan
Darah adalah cairan merah yang kental. Terdapat sekitar 3,5 liter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi golongan A, B, O, dan AB.
Anggota/aspek yang
dilaporkan
Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit. Pembuluh darah jenis ini memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Adapun pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil.
Anggota/aspek yang
dilaporkan
Jantung adalah organ yang berbentuk seperti kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam. Jantung merupakan organ yang tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik. Rara-rata jantung mempunyai ukuran panjang kirakira 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. Berat jantung sekitar 300 gram.

Dapat dijelaskan bahwa ketiga hal yang merupakan unsur-unsur klasifikasi pada setiap tahap anggota/aspek yang dilaporkan diperinci secara urut.
  1. Anggota aspek yang dilaporkan pertama Sistem peredaran darah pada manusia terdiri atas darah,pembuluh darah, dan jantung. Darah adalah cairan merah yang kental tedapat sekitar 3,5 liter ,darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi golongan A,B,O dan AB. Golongan darah pada tubuh manusia berbedah-beda.
  2. Anggota aspek yang dilaporkan kedua Tedapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu artery, vena, dan kapiler. Pengelompokan dilakukan karena ketiganya memiliki perbedaan beberapa hal pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar.darah sejenis ini memiliki fungsi untuk menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh, darah pada pembuluh arteri berwarnah merah cerah dan mengandung oksigen. Penbuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit,pembuluh jenis ini mempunyai dinding yang sempit dan tidak elastis, pembulu darah jenis ini berbedah degan pembuluh darah arteri begitupun dengan pembuluh darah kapiler adalah pembulu darah yang sangat kecil.
  3. Anggota aspek yang dilaporkan ke tiga. Jantung merupakan salah satu organ yang ada dalam tubuh manusia berbentuk seperti kerucut ,jantung terletak dada bagian dalam. Jantung adalah organ yang tebal, berotot dan mempunyai empat bilik, jantung mempunyai ukuran panjang sekitar 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm, adapun berat jantung sekitar 300 gram. Adapun fungsi jantung sebagai organ yang mengompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Jumlah tahap anggota/aspek yang dilaporkan tergantung pada jumlah aspek yang akan diperinci, pada akhirnya juga menentukkan jumlah paragraf yang digunakan untuk mewadahi aspek-aspek tersebut. Jumlah tahap anggota/aspek memang bergantung pada aspek yang diperinci, apabila tidak bergantung pada aspek yang diperinci maka tidak dapat mengetahui tahap anggota/aspek yang dilaporkan. 

Pada teks laporan tidak terdapat semacam penutup yang simpulan atau pandangan penulis teks terhadap pokok yang dikemukakan. Penulis teks hanya melaporkan apa yang dilihat dan yang diketahui tentang sistem peredaran darah itu. Itulah sebabnya teks seperti ini disebut laporan hasil observasi atau laporan saja,  Penulis teks hanya melaporkan tentang sistem peredaran darh manusia, yaitu terbagi atas tiga macam,yakni akteri, vena dan kapiler dan hanya membahas mengenai panjang lebar dan beratnya jantung.

Cermati bahwa partisipasi pada teks laporan adalah partisipasi manusia atau benda umum, misalnya darah dan jantung. Pada teks laporan diatas benar bahwa partisipan manusia atau benda umum yaitu darah dan jantung. Darah dan jantung adalah organ tubuh manusia yang sangat berperang penting dalam tubuh manusia, serta darah sangat berkaitan erat dengan jantung yang tidak bisa terpisahkan. Apabilan kedua organ itu terpisah maka tubuh manusia tidak bisa bertahan hidup .

Kelompok kata peredaran darah berhubungan secara berjenjeng dengan darah, pembuluh darah, dan jantung. Hubungan tersebut adalah hubungan antara kelas dan subkelas. Contoh lain yang menunjukkan hubungan seperti itu diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Darah mempunyai subkelas sebagai berikut : Golongan A, Golongan B, Golongan O, dan Golongan AB.
  2. Pembuluh darah yang mempunyai subkelas sebagai : arteri, vena, dan kapiler.
  3. Jantung merupakan organ tubuh yang tebal , berotot , dan mempunyai empat bilik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:13 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....