Home » » Pengubahan Berbagai Jenis Teks

Pengubahan Berbagai Jenis Teks

Untuk mengubah teks “Sisi Negatif dan Positif Ponsel” menjadi teks eksplanasi, laporan hasil observasi, dan eksposisi harus mengetahui ciri-ciri dari ketiga jenis teks tersebut. Teks eksplanasi antara lain strukturnya terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Teks laporan hasil observasi terdiri atas tiga bagian, yaitu definisi umum yang menjadi pembukaan, deskripsi bagian yang menjadi isi, dan deskripsi kegunaan yang menjadi bagian penutup. Teks eksposisi terdiri atas tiga bagian, yaitu pernyataan (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang.

Eksplanasi
Teks eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup/interpretasi (tidak harus ada). Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Sementara itu, bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak ada.

Laporan Hasil Observasi
Teks laporan hasil observasi terdiri atas definisi umum (pembukaan), deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Bagian definisi umum (pembukaan) berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas. Deskripsi bagian berisi gambaran tentang sesuatu secara terinci. Sementara itu, deskripsi manfaat merupakan bagian yang berisi manfaat atau kegunaan.

Eksposisi
Teks eksposisi disusun dengan struktur yang terdiri atas pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang pendapat. Bagian pernyataan pendapat (tesis) berisi tentang pendapat yang dikemukakan oleh penulis teks. Bagian argumentasi berisi tentang argumen-argumen yang mendukung pernyataan penulis, sedangkan penegasan ulang berisi tentang pengulangan pernyataan yang digunakan untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran pernyataan (tesis).

Struktur Teks Eksplanasi
Struktur teksKalimat
Pernyataan umum
(Eksplanasi)
Ponsel adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi di bidang komunikasi. Ponsel sangat berguna dan diperlukan oleh sebagian masyarakat di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Teknologi ini mendorong manusia untuk selalu berinteraksi serta berkomunikasi antara satu dengan yang lain tanpa harus mempedulikan jarak dan waktu. Dengan demikian, manusia akan lebih mudah dalam berkomunikasi. Namun, kita juga harus mengetahui bahwa dibalik segudang manfaat ponsel tetap saja ada dampak negatif ponsel. Sisi negatif adalah sisi yang merugikan pengguna.
Deretan penjelas/ eksplanasiDengan majunya teknologi saat ini, kegunaan ponsel tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi biasa, tetapi para penggunanya dapat mengakses internet, SMS, mendengarkan musik, berfoto, melihat televisi, mengirim data, dan lain-lain. Tentu akan lebih banyak lagi pengaruh positif keberadaan alat tersebut yang tanpa kita sadari telah mempermudah segala aktivitas serta kegiatan kita sehari hari, namun sadarkah pula bahwa dari sisi positif yang kita rasakan, sisi negatif juga telah mengintai kita. Dampak negatif dari pemakaian ponsel yang berlebihan salah satunya sinar radiasi dari ponsel. Sinar ini dipercaya dapat menimbulkan penyakit kanker apabila terlalu banyak terkena tubuh kita. Apakah selama ini kita menyadarinya? Misal, kita sedang melakukan percakapan melalui ponsel. Sinar tersebut masuk melalui telinga dan sekaligus secara berkala akan mengganggu cara kerj otak kita.
InterpretasiSemua itu tetap saja bergantung pada pengguna. Jika kita cermat dan tidak berlebihan dalam penggunaannya, kita akan terhindar dari dampak negatif ponsel. Tentu saja kita tidak ingin terkena sisi negatif ponsel, bukan? Karena itu, sebaiknya kita memang harus cermat dalam menggunakannya.

Struktur Teks Observasi
Struktur teksKalimat
Definisi UmumPonsel merupakan salah satu alat komunikasi yang bisa memancarkan suatu sinar radiasi. Ponsel murah merupakan salah satu dari hasil perkembangan teknologi saat ini. Manusia bisa lebih mudah melakukan segala upaya untuk memperlancar segala urusan dan aktivitasnya
Deskripsi BagianPada awal berkembangnya, teknologi ponsel hanya berfungsi sebagai faktor pendukung pemenuhan kebutuhan serta keinginan manusia. Kemajuan di bidang komunikasi serta ponsel mendorong manusia untuk selalu berinteraksi serta berkomunikasi antara satu dengan sesama tanpa harus dibatasi oleh jarak dan waktu. Namun, kita juga harus mengetahui bahwa dari berbagai macam aspek positif yang dihasilkan dari perkembangan teknologi ponsel murah terdapat pula aspek negatif yang muncul akibat dari hal tersebut.

Sebagai manusia, tentunya kita perlu tahu apa saja yang akan berimbas pada kita. Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi yang bisa memancarkan suatu sinar radiasi. Sinar ini dipercaya dapat menimbulkan penyakit kanker apa bila terlalu banyak terkena tubuh kita. Apakah selama ini kita menyadari bahwa sinar tersebut terus menerus mengenai tubuh kita ketika kita menelpon serta melakukan suatu percakapan melalui ponsel? Sinar tersebut masuk melalui telinga dan sekaligus secara berkala akan mengganggu cara kerja otak kita.
Deskripsi ManfaatDengan berbagai macam kecanggihan serta fasilitas yang terdapat di ponsel, memudahkankita untuk berinteraksi dengan sesama. Mulai dari jenjang pendidikan, hiingga dunia bisnis. Dengan majunya teknologi saat ini, kegunaan ponsel tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa, tetapi para penggunanya dapta mengakses iinternet, mengirim pesan singkat (SMS), mendengarkan musik, berfoto, melihat televisi, mengirim data, dan lainnya.

Struktur Teks Eksposisi
Struktur teksKalimat
Pernyataan (Tesis)Ponsel adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi di bidang komunikasi. Ponsel sangat berguna dan diperlukan oleh sebagian masyarakat di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Teknologi ini mendorong manusia untuk selalu berinteraksi serta berkomunikasi antara satu dengan yang lain tanpa harus mempedulikan jarak dan waktu. Dengan demikian, manusia akan lebih mudah dalam berkomunikasi. 
ArgumentasiPonsel murah merupakan salah satu dari hasil perkembangan tekhnologi saat ini. Dengan berbagai macam kecanggihan serta fasilitas yang ada di dalamnya, membuat ponsel dijadikan sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi guna memperlancar komunikasi.

Pada awal berkembangnya, teknologi ponsel hanya berfungsi sebagai faktor pendukung pemenuhan kebutuhan serta keinginan manusia. Dengan berbagai macam kecanggihan serta fasilitas yang terdapat di ponsel, memudahkan kita untuk berinteraksi dengan sesama. Mulai dari jenjang pendidikan, hiingga dunia bisnis.

Dengan majunya teknologi saat ini, kegunaan ponsel tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa, tetapi para penggunanya dapta mengakses iinternet, mengirim pesan singkat (SMS), mendengarkan musik, berfoto, melihat televisi, mengirim data, dan lainnya.

Namun, kita juga harus mengetahui bahwa dari berbagai macam aspek positif yang dihasilkan dari perkembangan teknologi ponsel murah terdapat pula aspek negatif yang muncul akibat dari hal tersebut. Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi yang bisa memancarkan suatu sinar radiasi. Sinar ini dipercaya dapat menimbulkan penyakit kanker apa bila terlalu banyak terkena tubuh kita. 
Penegasan Ulang PendapatApakah selama ini kita menyadari bahwa sinar tersebut terus menerus mengenai tubuh kita ketika kita menelpon serta melakukan suatu percakapan melalui ponsel? Sinar tersebut masuk melalui telinga dan sekaligus secara berkala akan mengganggu cara kerja otak kita.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....