Home » » Menghargai Keberagaman Budaya

Menghargai Keberagaman Budaya

Keberagaman adalah suatu keadaan dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa. Untuk menghargai keberagaman perlu dikembangkan sikap saling menghargai terhadap nilai-nilai dan norma sosial yang berbeda-beda dari anggota masyarakat, tidak mementingkan kelompok, ras, etnik atau kelompok agamanya.

Keberagaman bangsa Indonesia terutama terbentuk oleh jumlah suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar di mana-mana. Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Antar suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia. Keberagaman lainnya dari bangsa Indonesia adalah agama dan kepercayaan. Sejarah bangsa Indonesia menunjukkan bahwa berbagai agama di Indonesia sejak dahulu kala berkembang dan berdampingan secara damai.

Gambaran keberagaman bangsa Indonesia dapat kita lihat dari ras, dan suku dengan memperhatikan warna kulit, bentuk rambut dan lain lain. Gambaran keberagaman bangsa Indonesia dapat kita lihat dari sosial budaya, sedangkan dari seni sebagai hasil dari kebudayaan dapat kita lihat dari tarian dan nyanyian, yang semuanya terbingkai dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika. Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut.
keberagaman budaya
Untuk mengetahui keberagaman suku yang ada di kelas dapat dilakukan dengan menanyakan ciri khas yang dimiliki oleh beberapa temanmu yang berasal dari suku lain. Perhatikan tabel di bawah ini.
No.Nama SiswaDaerah AsalCiri Khas DaerahAgama
1.SitiPadang (Sumatera Barat)RendangIslam
2.Endi RuskendiBandung (Jawa Barat)Tari JaipongIslam
3.Novalia MetiamanJayapura (Papua)Tari YospanKristen
4.Butet ManurungMedan (Sumatera Utara)Bika AmbonKristen
5.Ni Putu Erni AndianiDenpasar (Bali)Tari KecakHindu
6.Joko SusiloSemarang (Jawa Tengah)LumpiaIslam
1. Apakah kalian semua berasal dari daerah yang sama? Jelaskan!
Ternyata teman-teman berasal dari beberapa daerah ada yang dari Jawa, Sumatera, dan Papua.

2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama?
Setiap daerahmemiliki ciri khas yang berbeda,

3. Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
Kita harus menghargai keberagaman yang ada, dengan menghargai keberagaman persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

Sikap Menghargai Keberagaman
Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri. Bhinneka Tunggal Ika oleh para pendiri Negara dijadikan sebagai semboyan Negara sebagaimana ditulis pada lambang Negara Burung Garuda. Beberapa sikap yang dapat diterapkan untuk menghargai keberagaman antara lain sebagai berikut.

1. Toleransi
Sikap toleransi berarti menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda. Toleransi sejati didasarkan sikap hormat terhadap martabat manusia, hati nurani, dan keyakinan, serta keikhlasan sesama apapun agama, suku, golongan, ideologi atau pandangannya.

Contoh berinteraksi dengan teman atau orang lain dalam bidang agama misalnya menghargai teman yang sedang berpuasa dengan tidak makan dan minum di depan teman, dalam bidang seni, misalnya menampilkan budaya dari daerah masing-masing.

Contoh kebersatuan dan keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika misalnya gotong royong, mengunjungi teman yang sedang sakit, menolong teman yang sedang mengalami musibah.

2. Mempelajari dan menikmati kebudayaan daerah lain
Masyarakat Indonesia terdiri dari ratusan suku bangsa yang tersebar di lebih dari 13 ribu pulau. Setiap suku bangsa memiliki budaya yang berbeda-beda, seperti bahasa yang berbeda, adat istiadat serta tradisi, sistem kepercayaan, dan sebagainya. Untuk menghargai keberagaman kita dapat mempelajari budaya daerah lain.

Dengan mempelajari budaya daerah lain kita dapat mengetahui kita bisa mengetahui cara hidup suku lain. Beraneka ragamnya kebudayaan ini disebabkan karena adanya faktor geografis yang berbeda di setiap pulaunya, sehingga menimbulkan pola pikir dan pola kehidupan yang berbeda pula.  Pola pikir mereka menimbulkan suatu kebiasaan yang khas untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di yang ada disekitarnya.

Pola kehidupan mereka pun di sesuaikan dengan keadaan lingkungannya sehingga mereka bisa bertahan hidup di lingkungan tersebut. Mempelajari Budaya daerah lain memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang yang berasal dari tempat lain di Indonesia dengan kebudayaan yang berbeda.

3. Menjadikan keberagaman sebagai kekayaan bukan kekurangan
Keberagaman kebudayaan adalah suatu kekayaan Negara yang sangat berharga. Kekayaan yang perlu dijaga dan dilestarikan keberadaanya. Dan sebagai warga Negara yang baik, kita wajib ikut serta dalam melestarikannya.

Budaya daerah tidak hanya mengajarkan kepada kita tentang kesenian-kesenian tradisional maupun upacara-upacara adat dari berbagai daerah, tetapi juga memberikan informasi tentang bagaimana keadaan sosial masyarakat di daerah tersebut. Mengetahui bagaimana sifat seseorang akan memudahkan kita untuk dapat bergaul dan berinteraksi secara akrab dengannya.

Perbedaan bukanlah sesuatu yang harus kita tonjolkan karena kita semua sebenarnya adalah sama, yaitu sama-sama makhluk Tuhan Perbedaan hanyalah suatuanasa untuk menunjukkan keberadaan kita di dunia ini. Janganlah suatu perbedaan membuat kita semakin jauh, dan bahkan terpecah belah. Bhineka Tunggal Ika, walaupun kita berbeda, tetapi kita tetap satu jua.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:59 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....