Home » » Daur Hidup Pohon Mangga

Daur Hidup Pohon Mangga

Tanaman mangga dapat kita temukan di sekitar rumah. Tanaman mangga dapat tumbuh dengan baik di pekarangan sekitar rumah. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m. Nama buah ini berasal dari Malayalam manga, kata ini diserap menjadi mangga. Perawatan tanaman mangga mudah sehingga tanaman ini banyak ditanam oleh masyarakat, ,Selain diambil buahnya, pohon mangga juga baik dijadikan pokon peneduh.

Mangga merupakan satu dari empat jenis buah-buahan yang telah ditetapkan sebagai “buah-buahan unggulan nasional”. Tiga buah lainnya adalah manggis, rambutan, dan durian. Tanaman mangga biasanya berbunga pada saat menjelang musim penghujan, dan buahnya masak pada waktu musim penghujan. Jika tanaman mangga berbunga pada musim hujan biasanya bunganya banyak yang rontok sehingga buah yang tertinggal hanya sedikit saja, Pohon mangga merupakan pohon buah yang termasuk susah-susah gampang dalam penanganannya.Terkadang berbuah banyak, namun tidak jarang buahnya hanya sedikit sebagai akibat rontoknya bunga sebelum bunga tersebut terjadi proses pembuahan.

Jenis-jenis Mangga
Ada banyak jenis mangga yang sering kita lihat. Jika dilihat dari unsur ekonomi, ada beberapa jenis buah mangga yang paling populer dibudidayakan oleh sebab nilai ekonominya jauh lebih tinggi. Berikut jenis-jenis buah mangga lokal yang paling banyak dibudidayakan, antara lain:
  • Mangga Golek. Jenis mangga yang satu ini mudah dikenali karena bentuknya yang khas. Ia tidak bulat buah seperti mangga lainnya, mangga golek bentuknya memanjang. Buah mangga golek tidak terlalu besar. Mangga jenis ini memiliki rasa yang sangat manis dan lebih dominan ketimbang rasa asamnya.
  • Mangga Arumanis. Jenis buah mangga yang satu ini dinamai arum dan manis sebab rasanya manis dan baunya juga harum. Buah ini memang memiliki bau yang khas dan juga manis tentunya. Rasanya merupakan percampuran manis dan asam.
  • Mangga Manalagi. Mangga yang satu ini memiliki rasa yang manis. Buah ini saat muda memiliki kulit hijau muda sedangkan pada saat matang, kulit tersebit hijau tua dan dilapisi lilin sehingga terlihat kelabu.
  • Mangga Endog. Mangga yang satu ini dikenal oleh karena bentuk dan ukuran buahnya yang kecil layakya telur. Jika diamati dengan teliti maka akan menemukan bintik-bintik putih dan hijau pada kulitnya. Daging buahnya padat dan berserat dengan kandungan air yang sedikit.
  • Mangga Lalijiwa. Jenis mangga lokal yang satu ini cukup terkenal. Rasa dagingnya lezat dan bisa bikin lupa diri kata sebagian orang. Buahnya bulat dengan warna daging kuning tua saat matang sempurna. 
  • Mangga Madu. Buah yang satu ini memang memiliki rasa seperti madu. Manis dan tidak tertinggal di lidah. Kulit buahnya hijau muda dan semakin tua akan dilapisi lilin yang juga semakin tebal.
  • Mangga Kemang. Jenis buah mangga yang satu ini dikenal juga dengan nama Binjai dan juga Binlo putih. Buahnya yang telah matang sempurna akan berwarna kecoklatan dan sedikit kuning. Rasanya perpaduan manis dan asam yang seimbang. Karena hal tersebut sehingga ia populer dijadikan rujak.

Daur Hidup Tanaman Mangga
Daur hidup mangga dimulai dari biji yang ada dalam buah mangga. Buah mangga yang sering kita makan pasti memiliki biji. Biji tersebut jika ditanam, suatu saat akan tumbuh akar dan tunas. Tunas tersebut terus berkembang menjadi pohon mangga yang masih kecil. Tanaman mangga kecil tersebut akan terus tumbuh menjadi pohon mangga dewasa. Pohon manga dewasa tersebut bisanya akan menghasilkan bunga. Bunga akan melakukan penyerbukan, setelah penyerbukan akan terbentuk buah mangga kecil yang berbentuk bulat.

Buah mangga kecil ini merupakan cikal bakal buah mangga yang sering kita makan. Buah mangga terus bertambah besar dan berubah warna dari hijau menjadi keputih-putihan. Setelah buah mangga masak, dalam buah mangga tersebut terdapat biji mangga yang merupakan calon tanaman mangga. Jika biji tersebut ditanam dalam tanah akan tumbuh tunas yang merupakan calon tanaman mangga yang baru.
daur hidup mangga

Perkembangbiakan Tanaman Mangga
Pertumbuhan pohon mangga dapat dipercepat dengan cara mencangkok, yaitu membuat cabang (dahan) menjadi berakar. Kulitnya dikupas sedikit dan dibalut dengan sabut yang dibubuhi tanah. Bagian tersebut nantinya akan tumbuh akar, kemudian dipotong untuk ditanam di pot. Hasil cangkokan akan menghasilkan buah yang sama dengan waktu tanam yang singkat. Dengan cara ini, kita tidak perlu menanam mangga dengan biji. Artinya, mencangkok akan memperpendek daur hidup mangga.

Selain dengan cara mencangkok perkembangbiakan mangga juga dapat dilakukan dengan cara okulasi. Okulasi adalah penempelan tunas dari batang atas yang buahnya berkualitas ke batang bawah yang struktur akar & tanamannya kuat. Batang bawah untuk okulasi adalam bibit di persemaian yang sudah berumur 9-12 bulan. Setelah penempelan, tanaman hasil okulasi dipindahkan ke kebun pada umur 1,5 tahun. Okulasi dilakukan di musim kemarau agar bagian yang ditempel tidak busuk.

Apa manfaat yang kita dapatkan dari keberagaman buah mangga yang dimiliki negeri kita?
Kebaragaman buah mangga yang dimiliki negara kita menjadikan Indonesia kaya akan sumber daya alam. Buah mangga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat petani.

Berdasarkan informasi tadi, apa yang dilakukan manusia terhadap daur hidup mangga?
Manusia dapat memperpendek daur hidup mangga dengan cara mencangkok. Mencangkok adalah cara memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong kulit cabang tumbuhan supaya tumbuh akan. Kemudian cabang dipotong dan ditanam.

Bagaimana akibat yang ditimbulkannya?
Akibat yang ditimbulkan dari mencangkok menjadikan daur hidup mangga lebih pendek jika dibandingkan dengan perkembangbiakan menggunakan biji. Dengan cara mencangkok tanaman mangga akan lebih cepat berbuah.

Apakah menurutmu cara itu baik? Mengapa?
Dengan cara mencangkok akan mempercepat daur hidup tanaman mangga. Selain itu dengan mencangkok juga kita dapat memperoleh tanaman baru yang sama dengan tanaman induknya, Dengan mencangkok tanaman mangga lebih cepat mendatangkan keuntungan jika dibandingkan dengan cara menanam biji mangga.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:35 AM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....